0
Foramen Rotundum @fmr_98
-A THREAD- Ketika menstruasi, kita gak boleh minum es karena bisa membekukan darah haid? Kita gak boleh minum soda dan air kelapa karena bisa memicu kanker rahim dan kanker serviks? Mitos atau fakta, yuk kita bahas bareng-bareng.. pic.twitter.com/wyYFhhOrv8
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Gak usah jauh2 deh, keluargaku aja juga sering bilang "jangan minum es kalo lagi haid, nanti darahnya membeku di rahim" atau ibu2 tetangga yg suka ngomong "kalo lagi haid trus minum soda nanti bisa kena kanker". Nah, karna banyak menimbulkan keresahan, aku bakal bahas di sini.
Foramen Rotundum @fmr_98
Kita mulai dari yg paling dasar, yaitu minum dan menstruasi. Minum dan makan itu melalui saluran pencernaan. Sedangkan menstruasi itu terjadi di saluran reproduksi. Dari gambar ini udah terlihat kan perbedaannya? Jadi, jalur makanan dan menstruasi itu jelas berbeda kan ya. pic.twitter.com/oJd7xKCed2
Expand pic
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
"Tapi kalo minum es kan dingin, ntar darahnya beku." Baik. Jadi di otak ada yg namanya hipotalamus. Apa sih hipotalamus itu? Jadi, itu sebuah kelenjar yg ada di otak yg salah satu fungsinya adalah pengaturan suhu tubuh. Yap, jadi suhu tubuh kita ini diatur oleh hipotalamus ini. pic.twitter.com/Gc2kqIcd1j
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Ketika kita makan atau minum yg dingin, maka hipotalamus akan mendeteksi perubahan suhu yg terlalu dingin itu. Dan dia akan menghangatkan makanan/minuman yg dingin tersebut dengan cepat. Dan juga sebaliknya, makanan/minuman panas akan didinginkan oleh dia agar suhunya normal.
Foramen Rotundum @fmr_98
Jadi, ketika minum es, baik ketika menstruasi atau tidak, maka darah tidak serta merta langsung membeku. Tapi akan tetap normal dan tidak ada perubahan bentuk darah, karena dibantu oleh salah satunya yaitu hipotalamus yg akan mengatur dan menormalkan perubahan suhu di tubuh kita. pic.twitter.com/PAt3imK1eE
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Lanjut bahas yg kedua soal kanker serviks dan kanker rahim yg dipicu oleh konsumsi minuman bersoda dan air kelapa. Sebelum lanjut nih, tadi udh aku jelaskan kalo saluran pencernaan dengan saluran reproduksi itu berbeda ya. Oke lanjuut...
Foramen Rotundum @fmr_98
Apa itu kanker? Jadi, kanker adalah penyakit yg disebabkan karena sel-sel tubuh kita tumbuh atau membelah secara abnormal dan tidak terkendali. Sebagai perumpamaan aja, kalo sel normal itu bakal melakukan regenerasi atau gampangnya sel yg lama mati dan akan tumbuh sel yg baru. pic.twitter.com/55OPKsdM4M
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Nah, pada kanker, sel yg harusnya mati itu malah tetap hidup dan tetap membelah diri, dan memperbanyak diri tanpa kendali. Lama kelamaan, akan terbentuklah tumor atau benjolan. Trus, faktor yg bisa menyebabkan kanker tuh apa aja sih? Banyak. Mulai dari konsumsi makanan yg -
Foramen Rotundum @fmr_98
mengandung karsinogen, jarang berolahraga, pola hidup tidak sehat seperti merokok, alkohol, dan berbagai macam faktor lainnya. Yg tak kalah penting adalah faktor genetik. Karna ada orang yg konsumsi A, B, C akhirnya terkena kanker, tapi ada orang yg konsumsi A, B, C tapi tetap -
Foramen Rotundum @fmr_98
sehat2 aja kan? Ya, karna adanya faktor genetik atau keturunan tadi. Balik lagi ke topik soal kanker serviks dan kanker rahim. Ketika jalur pencernaan dan reproduksi aja udh beda, pasti pernyataan "soda dan air kelapa memicu kanker serviks dan kanker rahim" itu terbantah kan ya pic.twitter.com/DJNy49gYor
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Selain karna perbedaan saluran, kanker tersebut juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti yg udh aku jelasin di atas. Oh ya, kanker serviks itu juga merupakan komplikasi dari adanya infeksi HPV loh. Jadi, ketika seseorang terkena infeksi HPV, maka salah satu komplikasi yg - pic.twitter.com/jGBkBAlGlS
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
berbahaya ya kanker serviks ini. Jadi, udh kita bahas dan terjawab kan soal isu yg beredar kalo minum soda dan air kelapa ketika haid memicu kanker serviks dan rahim? Nah, lalu buat pencegahannya gimana dong? Untuk mencegah terkena infeksi HPV, kita wajib dong buat vaksin -
Foramen Rotundum @fmr_98
HPV. Vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu bakteri atau virus. Dengan mencegah infeksi HPV, maka secara tidak langsung juga mencegah terkena kanker serviks. pic.twitter.com/XFKQVsZ5Cy
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Pencegahan biar terhindar dari kanker apa sih? Salah satunya yaitu menjaga pola hidup sehat, dengan konsumsi makanan yg sehat, rajin berolahraga, menjauhi rokok dan alkohol, serta menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih. pic.twitter.com/HJMhs4NE3G
Expand pic
Foramen Rotundum @fmr_98
Jadi, kesimpulannya adalah semua pernyataan di awal thread ini adalah mitos ya teman-teman. Minum es, soda, atau air kelapa itu boleh meskipun ketika wanita sedang menstruasi. Asal jangan berlebihan, karen yg berlebihan itu pasti tidak baik 😊 Semoga thread ini bermanfaat yaa
Nurul Lathifah @nurulthfh
@fmr_98 Thank you! Kadang orang suka lupa kalau ada faktor genetik juga berperan, makanya penting mencerna berita2 kesehatan dgn evidence based science biar ga kemakan hoax dan fear mongering:(
Blenga Oxza Mawarda @BlengaMawarda
@fmr_98 ini harus di share ke grup yg isinya kasih info kalo minum es atau apalah saat menstruasi. Berarti gambar ini betul kan ya dok? Atau ada yg mau ditambahin? pic.twitter.com/UKQl6wyD4I
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.