tips menciptakan novel ala @NBC_UI

Chirpified
0
NBC_UI @NBC_UI

Demikianlah gosipan bikin novel malem ini. Kalo udah, jangan lupa bersih2, mimin terima salam tempel isi duit juga kok (--,)

09/01/2013 21:40:03 WIB
NBC_UI @NBC_UI

“After nourishment, shelter and companionship, stories are the thing we need most in the world.” ― Philip Pullman

09/01/2013 21:38:52 WIB
NBC_UI @NBC_UI

“We write to taste life twice, in the moment and in retrospect.” ―Anaïs Nin

09/01/2013 21:37:54 WIB
NBC_UI @NBC_UI

8a. Nggak usah takut atau ragu untuk menerbitkan novelmu. Kalau kata Mas Ega dari @nulisbuku, "Setiap buku punya pembacanya sendiri." :)

09/01/2013 21:32:42 WIB
NBC_UI @NBC_UI

8. Novel sudah jadi, pembaca sudah meridhoi.... Terakhir adalah menerbitkan karya! :D

09/01/2013 21:31:16 WIB
NBC_UI @NBC_UI

7d. Dari teman 'jahat', km akan tahu kekuranganmu di mana. Sedangkan dari teman 'baik', kamu akan mendapat kepercayaan diri.

09/01/2013 21:29:05 WIB
NBC_UI @NBC_UI

7c. "Pilih 5 teman: 3 teman 'jahat, 2 teman 'baik'. Yg jahat adalah yg kritis membaca, yg baik adalah yg memuji mutlak."

09/01/2013 21:27:06 WIB
NBC_UI @NBC_UI

7b. Nah, soal memilih teman yang pertama membaca ceritamu ini, ada tips unik dari Mbak @Salsabeela.

09/01/2013 21:25:44 WIB
NBC_UI @NBC_UI

7a. Untuk pengecekan, kamu bisa meminta bantuan temanmu yang lain untuk ikut membaca.

09/01/2013 21:24:50 WIB
NBC_UI @NBC_UI

7. Okeh, nulis udah kelar. Waktunya mengedit. Baca lagi keseluruhan ceritamu. Perbaiki yang kurang.

09/01/2013 21:24:05 WIB
NBC_UI @NBC_UI

6c. ..... Kan dia pendiam. Jadi nggak mungkin dong dialognya aja nyampe setengah halaman sendiri. -,-

09/01/2013 21:22:44 WIB
NBC_UI @NBC_UI

6c. Perhatikan detil dengan baik ya saat menulis, terutama dialog tokoh. Seperti "Anna" tadi.....

09/01/2013 21:19:33 WIB
NBC_UI @NBC_UI

6b. Waktu idemu terasa buntu, plot tadi akan membantumu tetap menulis. Meskipun lompat2, yang penting kamu sudah mencicil cerita.

09/01/2013 21:18:25 WIB
NBC_UI @NBC_UI

6a. Kalo nulis, harus konsisten. Sehari sejam nulis, itu udah lumayan banget. Lancar nggak lancar idenya, harus tetep nulis.

09/01/2013 21:17:11 WIB
NBC_UI @NBC_UI

6. Plot sudah jadi, sekarang: tulis ceritamu versi lengkap!

09/01/2013 21:15:22 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5e. Bisa dibilang, plot alur ini seperti mind map. Adegan A akan menggiring cerita ke masalah B, lalu terjadi konflik tokoh C, dst.

09/01/2013 21:12:36 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5d. Dengan plot alur yang baik, proyek kamu juga lebih rapi dan teratur, seperti membuat makalah tugas :)

09/01/2013 21:09:31 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5c. Dari rancangan bab itu, dia menentukan alur cerita. Di bab berapa dia akan memperkenalkan tokoh, munculnya konflik, klimaks, dst.

09/01/2013 21:06:14 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5b. Maksudnya, ketika dia ingin membuat novel dengan 20 bab, ya dia tidak akan membuat cerita yang lebih pendek/lebih panjang dari itu.

09/01/2013 21:04:54 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5a. Ada penulis yang pernah membagi tips, "Saya menentukan jumlah bab dalam novel saya dari awal pembuatan plot."

09/01/2013 21:03:50 WIB
NBC_UI @NBC_UI

5. Begitu penokohan rampung, kamu bisa melanjutkan ke rancangan alur cerita.

09/01/2013 21:01:46 WIB
NBC_UI @NBC_UI

4e. Rancangan penokohan yang baik akan mampu memberikan 'nyawa' pada ceritamu. Pembaca akan mampu menghayati peran tokoh tersebut.

09/01/2013 21:00:51 WIB
NBC_UI @NBC_UI

4d. ..... Tidak mungkin kemudian bermasalah karena terlalu sering berkomentar di depan publik, atau tidak tahu judul2 cerita terkenal.

09/01/2013 20:58:57 WIB
NBC_UI @NBC_UI

4d. Misalnya: Tokoh "Anna", yg hobi membaca buku, bersifat pendiam tapi pengamat yg baik, kuliah di manajemen, dll....

09/01/2013 20:57:22 WIB
NBC_UI @NBC_UI

4c. Kalau perlu, tambahkan detil tokoh yang bisa membantumu menentukan karakternya. Seperti hobi, zodiak, asal-usul, latar pendidikan, dll.

09/01/2013 20:53:22 WIB
Load Remaining (20)

Comment

No comments yet. Write yours!