Inovasi yang dilakukan oleh Polrestabes Surabaya mampu dinginkan demo buruh di surabaya

Yang terbaru, saat ada aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Jatim di jalan Indrapura Surabaya, Rabu (2/10/2019) oleh ribuan elemen buruh dari berbagai daerah di Jatim yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Timur. Aparat kepolisian juga membuat inovasi baru berupa pasukan Polwan pembawa poster seruan damai. Read More
KBP Sandi Nugroho demoburuh demomahasiswa jogosuroboyo Polrestabes Surabaya Kapolrestabes Sby Inovasi Terbaru
0
YUDHA S 4 NY @yudha_shanny
Inovasi yang dilakukan oleh Polrestabes Surabaya mampu dinginkan demo buruh di surabaya jogosuroboyo.com/inovasi-yang-d… lewat @Jogo Suroboyo pic.twitter.com/ND3eCGrA8z
Expand pic

Inovasi yang dilakukan oleh Polrestabes Surabaya mampu dinginkan demo buruh di surabaya

Yang terbaru, saat ada aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Jatim di jalan Indrapura Surabaya, Rabu (2/10/2019) oleh ribuan elemen buruh dari berbagai daerah di Jatim yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Timur. Aparat kepolisian juga membuat inovasi baru berupa pasukan Polwan pembawa poster seruan damai.

Diantara poster yang dibawa para Polwan adalah “Kak Mukti Agabecete Ejuelleh Ka Pak Aziz Oreng Jatim Rende Ate Ayo Alakoh Makle Tak Anaskis”, “Luwih Enak Koncoan Timbang Musuhan Seduluran Selawase”, “Mangan Getuk Ngarai Lemu Jajan Ngantuk Tak Enteni Aksi Damaimu”, Sing Tenang Entuk Oleh Selfi Karo Aku”, “Sing Jomblo Tak Dungakno Oleh Jodo”, “Tresno Jalaran Soko Kulino Ayo Jogo Suroboyo”, “Mangan Sambel Kemangi Ngisor Wit Jambu Jowo Timurku Ayem Tak Bales Tresnomu”, dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada pasukan Asmaul Husna yang terdiri dari Polwan berjilbab putih yang senantiasa melantunkan Asmaul Husna di sepanjang aksi baik langsung di lapangan maupun lewat pengeras suara di Masjid Kemayoran Surabaya yang ada di depan Kantor DPRD Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Polrestabes Surabaya dalam meredam aksi kerusuhan dalam aksi demonstrasi yang terjadi di wilayah hukum Kota Surabaya.

“Ini hari yang kesekian kali aksi demo yang terjadi di Surabaya maupun daerah-daerah lain yang berjalan dengan tertib. Namun khusus di Surabaya ada yang berbeda selain ada pasukan Asmaul Husna juga ada pasukan Polwan yang cantik-cantik membawa poster himbauan damai dan tak kalah dengan para demonstran,” ujar Kapolda Jatim usai menjaga aksi demo buruh di DPRD Jatim.

Ia mengakui memberi keleluasaan atas inisiatif yang dibuat oleh Polwan Polrestabes Surabaya yang ingin membuat poster himbauan kepada para pendemo. “Saya hanya minta agar tulisan poster yang dibuat harus berupa himbauan damai dan tak ada kekerasan. Sekarang Anda bisa lihat sendiri hasilnya,” tegas Luki Hermawan.

Bahkan lanjut Kapolda para peserta aksi juga senang dengan keberadaan para Polwan sehingga tidak sedikit yang mengajak mereka untuk berfoto selfi. “Ini baik sekali dan akan saya jadikan pilot project bagi polres-polres yang lain di Jatim serta kami laporkan kepada Kapolri supaya bisa ditiru oleh Polda-Polda yang lain,” kata Luki Hermawan didampingi Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Sandi Nugroho. 

Ia optimis Jatim akan tetap guyup rukun, dan tidak akan tergoda ikut-ikutan rusuh seperti daerah-daerah lain. “Mudah-mudahan daerah lain yang masih rusuh bisa segera reda dan mencontoh Jawa Timur,” pungkas Irjen Pol Luki Hermawan. 

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.