0
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo

Penulis buku dan lagu. Gemar mengutip percakapan. Dipuji atau dicaci, akan berkarya sampai mati.

vabyo.com
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Merasa perlu cerita kisah menjengkelkan, yang bisa saja terjadi padamu kelak. Ini tentang orang-orang yang menggunakan duka dan kematian sebagai peluang bisnis, salah satunya adalah calo makam. pic.twitter.com/T8aebA8wxB
Expand pic
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Calo makam itu bisa berwajah ramah, berbaju gamis, tampak tulus membantu keluarga yang baru saja kehilangan anggota tersayang—seperti yang kami alami seminggu lalu.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Selang beberapa jam setelah napas ayah berakhir, rumah kami didatangi banyak kawan, saudara, dan tetangga. Mereka semua baik hati membantu kami. Sampai kemudian, seorang tetangga menawarkan kaveling makam. Kami menolak tawaran, karena sudah dibantu oleh teman baik kakak.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Jadi masalah tempat mengubur sesungguhnya sudah teratasi. Malah kami survey lokasi sendiri, semalam sebelum pemakaman. Si tetangga itu malah memaksa, berdalih kavelingnya adalah yang terbaik: dekat dari tempat parkir, tak perlu survey—bla bla bla.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Karena kami bersikeras menolak, ia pun menyerah. Namun keesokan paginya, kami didatangi Pak RT dan seorang akang bertubuh besar penuh tato beraroma unik, mengaku dari TPU Cikutra—lokasi makam yang kami pilih. Ia minta surat kematian dan KTP almarhum ayah dengan gaya intimidatif.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Ia mengaku suruhan orang kepercayaan kami, malah sampai mengada-ngada kalau telepon orang kami itu rusak, jadi tak perlu dihubungi. Ih, pret crot banget.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Ia tidak mengetahui, orang makam kepercayaan kami itu rajin menginformasi perkembangan lokasi yang telah kami pilih lewat whatsapp kakak. Akhirnya, tentu saja, kakakku menelepon orang kami itu, hingga mendapat keterangan menakjubkan.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Ternyata si akang bertubuh besar itu kongkalikong dengan si tetangga itu yang hobi mark-up harga kuburan sampai >200 %, malah tak segan gali kuburan yang telat bayar.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Tak sedikit keluarga yang sudah bersedih hati penuh lelah membawa jenazah, harus berputar-putar di tempat pemakaman, karena tak ada kepastian untuk lokasi penguburan. Astaghfirullah al-‘Adzim! Setelah kedok terbongkar, mereka undur diri, pura-pura salah rumah. Blah!
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Oh, bapak-bapak tetanggaku, kami doakan semoga mendapat pekerjaan yang tidak perlu memanipulasi orang berduka, semoga mendapat penghasilan yang tidak memanfaatkan kematian. Aamiin!
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Sedikit kiat biar lolos dari rayuan calo makam: cek-cek biaya pemakaman resmi, hubungi kantor pemakaman, survey lokasi, atau bisa colak-colek kami untuk berbagi nomor pengurus resmi. (Info foto di atas: saya lagi numpang cuci kaki setelah ikut turun memakamkan ayah)
E.R. @Bang_Eri
@vabyo Tapi, apakah ada cukup waktu, sedangkan pemakaman harus segera dilaksanakan, erutama bagi yg muslim?
purbosari @ubo_sari
@Bang_Eri @vabyo Sy.. sblm yokap meninggl.. kartu kuning aja sdh sy simpan rapi.. kartu kuning d sini d gunakan utk pemakaman. 1 kk wajib punya 1 kartu kuning.. nah pas ykp meninggal kartu kuning tinggl d ksh k pengurus rt trs rt yg ngurus semua y
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Bisa jadi perlu cek-cek info secara berkala + nyimpan kontak pengurus resmi dari sekarang, tanpa harus menunggu ada yang meninggal terlebih dahulu? twitter.com/Bang_Eri/statu…
IG: @Ari_Aditya @ari_aditya
@vabyo Semoga ada yg melaporkan & memidanakan org yg bertindak seenaknya hingga melakukan penipuan seperti itu. Penegah hukum harus hadir dalam hal ini.
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Kami pelan-pelan sedang mengumpulkan bukti dan energi buat melapor 👌 twitter.com/ari_aditya/sta…
alpha romeo @aldirifkyanda
@vabyo Bener ya ternyata semakin kesini cara cari uang semakin variatif. Sampe pemakamanpun dijadiin objek pendapatan. Kebayang ga ya gimana kalo keluarga mereka yang dipaksa2 kyk gitu? Padahal masih tetangga hadeh
Valiant Budi #TukarTakdir @vabyo
Hasil investigasi kecil-kecilan, menurut kesaksian para tetangga, si calo makam ini tiap ada warga meninggal bergegas dandan menuju rumah duka, berseri-seri berseloroh, "Ada proyek, nih!" Gusti nu Agung, meuni hoyong nampiling abdi teh. twitter.com/aldirifkyanda/…
Rakhmania @rakhmania
@vabyo Banyak juga orang jahat yang memanfaatkan kelengahan keluarga yang sedang berduka.. ada yang tega ngambil Rokok berslop-slop di warung dan berkardus-kardus aqua dan bilangnya keluarga yg sedang berduka yg ambil
rosa irawati @IrawatiRosa
@vabyo Bisnis urusan kematian menggiurkan. Apalagi utk yg non Muslim. Peti jenazah harga fantastis, sewa ruang rmh duka per hari, dll... Sdh berduka dikemplang pebisnis kematian. Semoga bertobat yg usaha bisnis ini.
MasDick @Dickquake
@IrawatiRosa @vabyo Sebenernya ga semua, contoh PUKJ di Jogja, bahkan ketika mau bayar justru mereka marahi, belum 40 hari, ga perlu khawatir. Paket yg mereka buat pun transparan. Bisa menabung seperti asuransi, sehingga keluarga yg ditinggalkan ga perlu keluar dana saat pemakaman.
Aang @ungskii
@vabyo Ibu saya sering jadi sukarelawan untuk memandikan jenazah. Ternyata soal mandiin jenazah pun, keluarga suka dimintain sejumlah uang, padahal kasian buat orang2 yg nggak mampu
Bissial @bnsrsgn
@ungskii @vabyo mandiin jenazah itu emang butuh penanganan khusus ga sih ang? soalnya ada bbrp bagian tubuh yg harus dipatahkan ya?
Aang @ungskii
@binsaregi @vabyo Iyes perlu penanganan khusus, nggak semua orang bisa. Kalau muslim nggak pernah sampe dipatahkan setau gue bin, kalau ada bagian tubuh yg kaku biasanya dikasih treatment biar bisa ditekuk dan dibungkus kain kafan.
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.