3
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
⠀ ⠀ ⠀ ⠀ "⠀S E B A B - S E B A B " DOA TERTOLAK ⠀⠀ ⠀ - A THREAD - ⠀ ⠀ ⠀
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Baiklah, Sebelumnya saya akan disclaimer dulu: Bahwa dikabulkan atau tertunda nya pengabulan suatu doa adalah mutlak kuasa Allah. Dia bisa menerima yang dikehendaki-Nya dan menahan yang di kehendaki-Nya.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Adapun yang akan saya sampaikan ini adalah sebab-sebab tertolaknya doa karena beberapa hal yaitu :
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
"Makan minum / berpakaian dari yang haram." Disebut kan bahwa pakaian atau makanan, yang di pakai atau yang menjadi daging di badan kita membawa pengaruh pada tingkah laku dan berdampak pada doa kita seperti di sebutkan dalam Q.s Al mu'min ayat 51 dan sabda nabi dalam hadits+
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Rasulullah mnceritakan s'orang laki2 yg mlakukn prjalann jauh, rmbutnya kusut n brdebu lalu mnengadahkn dua tngan ke langit n brkata”Ya Rabb..ya Rabb”, sdgkn mkannya haram, minumnya haram, pkaiannya dr yg haram, dcukupi dr yg hrm, mka bgaimana mgkn dikabulkn doanya?(HR Muslim)
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
"mndesak n buru2 ingin cepat dikabulkan, n akhirnya putus asa brhenti brdoa saat mnunggu lama" Rasulullah bersabda yg artinya : “Dikabulkan doa sseorang dari kalian slma ia tidak buru2,(dimana)ia berkata : ”Aku sudah berdoa namun belum dkabulkn doaku” (HR. Bukhari & Muslim)
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Jadi maksudnya adalah seseorang ini tidak mau menunggu dan bisa ngambek sama Tuhan saat permintaannya belum di kabulkan. Sudah lama sekali meminta, tetapi belum di jawab, lantas dia merasa doa nya sia2 lalu berhenti berdoa padahal bisa jadi pengabulan doa nya sudah sangat dekat
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
"berdoa yang tidak baik, mendoakan kejelekan, atau memutuskan silaturahmi" Doa yang kita panjatkan bagi orang lain, akan kembali pda diri kita sendiri. Jadi hendaklah mendoakan yg baik2. Adapun balasan atas hal jahat yg orang lakukan pada kita, serahkan pada Tuhan yang membalas.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Masih banyak lagi poin yang bisa di bahas, seperti tidak bersungguh-sungguh, lalai, dan sebagainya namun poin akhir yang saya mau sampaikan disini adalah "maksiat kita sendiri"
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
"maksiat kita sendiri" Tentu saja kita punya kemaksiatan dan dosa, tidak ada manusia yang tidak berdosa. Maka dikatakan bahwa sebelum anda berdoa dan meminta hajat anda, hendaklah anda memohon ampun dulu kepada Tuhan atas segala maksiat yang pernah kita lakukan
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Mengutip syair lawas : “Bagaimana mungkin kita mengharap terkabulnya doa, sedangkan kita sudah menutup jalannya dengan dosa dan maksiat” Ini bukan berarti, hanya manusia suci yang di kabulkan doa nya, semua orang mempunyai dosa. Bedanya adalah yang -
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Yang bertaubat dan yang tidak. Jadi teman, jangan pernah merasa bahwa kita banyak dosa lalu kita malas berdoa sebab menganggap doa sia2. Sesungguhnya tetaplah berdoa, jangan putus harapan karena Rahmat Allah sangat luas. Awali lah doa anda dengan meminta ampun.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Segitu aja yang bisa saya sampaikan, tentu saja saya mengambil dari berbagai sumber, yang saya dengar, baca dan pelajari bersama guru. Adapun tujuan ini di sampaikan adalah untuk mengatakan bahwa kita semua BUTUH berdoa. Tanpa niat menggurui sedikitpun.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Tentu saja segalanya kita kembalikan lagi pada Allah, karena hak Nya lah mau mengabulkan doa atau menahannya. Bahkan tanpa sebab pun Allah tetap berhak karena Dia yang paling mengetahui apa-apa yang terbaik.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penyampaian saya, saya hanya menyampaikan dan juga ikut mengingatkan diri saya sendiri dengan menulis ini. Sesungguhnya segala yang baik datangnya dari Allah dan segala kekeliruan datangnya dari diri saya sendiri.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Mungkin antara pembaca ada yang lebih tau, sangat dipersilakan untuk bertanya, menjawab pertanyaan atau menambahkan karena tulisan saya masih sangat banyak kekurangan. Dan semoga semua doa kita di kabulkan oleh Tuhan dengan penantian yang singkat. Aamiin
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Sekali lagi mohon maaf telah membuat lama menunggu, dan terimakasih telah menunggu. Penenkanan disini adalah, jangan malas berdoa karena kita merasa jauh dari Tuhan, Jangan melihat banyaknya dosa kita tapi lihatlah luasnya Rahmat Allah yang maha pengampun
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Maksud saya adalah : Jika orang yang dekat dengan Tuhan dan minim dosa saja masih butuh pertolongan Tuhan, apalagi kita yang jauh. Tentu lebih butuh lagi.
PD nim lovers @shyuk_kiyowo
Saya ingin meminjam sebuah perkataan : "Jangan melihat kepada betapa hina kita yang meminta, tapi lihatlah kepada betapa pemurah nya Dia tempat kita meminta." Sekali lagi, silahkn mnambahkn karena pembaca mungkin lebih mngetahui. Bhasan kelanjutannya mgkn adalah tentang taubat?
˚✧ *。 ˚ ✩ ✫ ♥𝘚𝘤𝘦𝘯𝘦𝘳𝘺♥ ˚✧ *。 ˚ ✩ ✫ @cookiesandtea_
@shyuk_kiyowo Doa itu fitrah bagi kehidupan manusia, kaidah hidup pertama itu doa. Doa bukan hanya penting permohonannya, tapi menunjukan status kita sebagai hamba dihadapan Allah. Jika kita ingat kepada yang memiliki maka apa yang kita minta pasti akan diberikan, gak ada doa yang sia-sia.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.