"Bukannya Berhenti Makan, AKu Sih Berhenti Baca Aja" Kandungan Kalori dan Mitos2 dalam Mie Instan

hoax mie instan di Indonesia
2
stevia @baexyyy
A thread *Mitos2 tentang Indomie* Ini pasti anak kosan pada seneng wkwkkw By : S. Tr. Gz 😁
stevia @baexyyy
Berita 1. Indomie dilapisi oleh lilin? Ini adalah Hoax! Saat kita merebus mi instan, pasti air berwarna putih, bnyk artikel abal2 blg itu adalah lapisan lilin. Yg benar adalah, larutan putih pd rebusan mi adalah zat pati, karena mi berasal dr tepung terigu.
stevia @baexyyy
Berita 2. Mie tidak boleh dimakan brsamaan dgn nasi. Ini adalah Hoax. Bukan tidak boleh, hanya saja mie dan nasi adalah sama2 sumber karbohidrat, jika dimakan bersamaan, tidak ada sumber zat gizi lain didalamnya. Krn prinsip kita adalah Gizi Seimbang.
stevia @baexyyy
Berita 3. Mi tidak boleh dimasak bersamaan dgn bumbunya karena akan brbahaya. Ini adalah Hoax. Pd kemasan dianjurkan diakhir memasak, bgt juga saat memasak masakan lainnya, itu utk menjaga cita rasa gurih dr bumbu. Hoax apabila mie dimasak brsama bumbu akan menyebabkan kanker.
stevia @baexyyy
Kalo udah gini, boleh dong makan indomie 3 kali sehari? Tidak dianjurkan. Karena di sisi lain, asupan garam harian juga patut diperhatikan. Umumnya, dalam satu bungkus mi instan mengadung natrium lebih kurang 470 mg,
stevia @baexyyy
Bayangkan jika seseorang mengonsumsi tiga bungkus mi instan dalam sehari, dari mengonsumsi mi instan itu saja ia sudah memperoleh asupan natrium sebanyak 1410 mg. Padahal nilai rata-rata asupan natrium harian seseorang sebaiknya tidak melebihi 1500 – 2300 mg per hari dan
stevia @baexyyy
perhitungan sebelumnya belum menyertakan asupan natrium dari makanan atau minuman lain yg dikonsumsi pd hari yg sama dan kita semua tau bahwa kadar natrium yang berlebihan dalam tubuh secara berkelanjutan dapat menimbulkan efek kesehatan yang serius, misalnya hipertensi.
stevia @baexyyy
Berita 4. Pengawet mie adalah lilin!! Hoax sekali lagi hoax Proses pengawetan pd mie itu melalui proses pengeringan guys. Mi yg dicetak dr bahan tp terigu, langsung dimasukkan ke alat pengering lagi guys. Krn salah satu metode pengawetan adl dgn cara dikeringkan.
stevia @baexyyy
Mie merupakan sumber karbohidrat, saat mengonsumsi mie, tambahkan sumber zat gizi lain yaitu sayuran dan sumber protein (telur dll).
stevia @baexyyy
Ingat bahwa, makan yg baik adalah makan utama 3x/hari (pagi siang sore) serta 2x selingan di jamjam makan (jam 9-10 siang dan jam 3-4 sore). Ingat Prinsip Gizi Seimbang yg dulunya sering kita dengar dgn 4 sehat 5 sempurna.
stevia @baexyyy
Prinsip Gizi Seimbang yaitu dalam satu hari makan, kita dianjurkan mengonsumsi 3-4 porsi sumber karbo, 3-4 porsi sayur, 2-3 porsi buah, 2-4 porsi Protein, batasi penggunaan gula, garam dan minyak (gula 4 sendok mkn/hari, 1 sendok teh garam/hari, 5 sendok makan minyak/hari. pic.twitter.com/nGYuNQmcSQ
Expand pic
stevia @baexyyy
Berita 5. Mie instan susah dicerna tubuh. Please ini Hoax!! Mie berasal dr TEPUNG TERIGU !! Bagaimana bisa mie tidak bisa dicerna tubuh 😭😭 Emg qlean pernah pas BAB yg keluar mie utuh, masih dlm bentuk mie. Tidak kan? Jadi mie bisa dicerna sempurna oleh tubuh ya!!!
stevia @baexyyy
Berita 6. Buang air pertama rebusan mie? Pada proses pembuatan mie, ditambahkan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) yang larut dalam air. Sedangkan kita kalo masak mie pake air, kalo air rebusan pertama kita buang, makan vitamin dan mineral tersebut akan ikut terbuang.
stevia @baexyyy
Berita 7. Makan mie susah BAB. Mie sumber karbohidrat, sedangkan saat kamu susah BAB, yg diperlukan itu adalah serat larut air. Jadi saat memasak mie, tambahkan sumber zat gizi serat ya yaitu SAYURAN !!!
stevia @baexyyy
Setelah dibuat ini, jangan juga tiap hari makan mi :( Saya juga kurang menyarankan. Karena pesan gizi seimbang salah satunya "MAKAN-MAKANAN YG BERANEKA RAGAM 👌"
stevia @baexyyy
Mencerna mie tergantung metabolisme tubuh lagi. Tapi tidak sampai berhari2 hanya beberapa jam saja, itulah sebabnya sehabis makan mie cepat lapar. Yg paling lama dicerna tubuh adalah daging.
stevia @baexyyy
Susah BAB diakibatkan kurang serat dalam tubuh.. sehari dianjurkan mengonsumsi serat 25 gr.. Sedangkan di Indonesia, konsumsi serat masih dibawah rata2. Dianjurkan makan sayur 300-400 gram dan buah 200-300 gram/hari. Apakah serat kalian sudah terpenuhi?
Desh @dshntsl
@ddaaaalgi @xybaexyyy Kbnykn mie pk tambahan pewarna kuning (tartazine) mb, jd warna airny agak kuning itu krn pewarnany larut, aman kok mb, tp kl menurut mbany kurang selera krn warnany blh kok air rebusanny diganti, tp minusny vitamin larut air sm mineralny ikut kebuang sm air rebusannya😁
Desh @dshntsl
@nggatausiapasih @xybaexyyy Usus buntu itu bukan penyakit, usus buntu itu bagian dr tubuh kita😂 kl apendisitis atau radang usus buntu br penyakit yg disebabkan peradangan oleh bakteri yg menumpuk di bagian usus buntu
stevia @baexyyy
@TamaraAfninda Setiap makanan yg beredar selalu dicek berkala oleh BPOM. Jika makanan yg awalnya tidak mengandung babi, dan tiba2 mengandung babi, akan ketahuan dan akan ditarik oleh pasaran :)
Load Remaining (24)

Comment

No comments yet. Write yours!