0
#TakeOver# @GheMaX
Siapa Layak Dapat Kursi Ketua MPR 2019-2024
#TakeOver# @GheMaX
Pasca beredarnya wacana akan dilakukannya amandemen terhadap UU 1945, kursi pimpinan MPR yang kini diperebutkan antar partai politik menjadi kian seksi.
#TakeOver# @GheMaX
Jika mengacu kepada hasil pemilu 2019 sejatinya pimpinan MPR merupakan hak dari PDIP sebagai pemenang pemilu, namun seiring semakin cairnya perpolitikan nasional PDIP secara sukarela merelakan kursi pimpina MPR kepada partai lain.
#TakeOver# @GheMaX
Selanjutnya siapa yang layak menduduki kursi pimpan MPR periode 2019-2024 ?
#TakeOver# @GheMaX
Mengacu kepada hasil perolehan suara pemilu 2019 yang lalu, selain menjadi rival Jokowi dan koalisinya, partai Gerindra berhasi menempati posisi raihan suara kedua dibawah PDIP. pic.twitter.com/E8QSnlzQis
Expand pic
#TakeOver# @GheMaX
Sementara jika mengacu kepada raihan kursi DPR RI justru Golkar yang mendapatkan posisi kedua dibawah PDIP. pic.twitter.com/or6Yrx2Ugr
Expand pic
#TakeOver# @GheMaX
Pertarungan sengit perebutan ketua MPR kini hanya menyisakan dua kubu partai politik yaitu Gerindra dan Golkar. news.detik.com/berita/d-47307…
URL detiknews 35 Golkar vs Gerindra Berebut Kursi Ketua MPR, PDIP Dukung Siapa? PDIP masih menunggu perintah Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum terkait arah dukungan untuk jabatan Ketua MPR.
#TakeOver# @GheMaX
Golkar telah mengusung nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan telah mendapatkan dukungan dari Nasdem dan PPP. news.detik.com/berita/d-47294…
URL detiknews 282 Resmi! Golkar Usung Bamsoet Jadi Calon Ketua MPR Golkar telah menggelar rapat harian membahas pencalonan pimpinan MPR dan DPR.
#TakeOver# @GheMaX
Sementara itu Gerindra sendiri mengusung nama Sekjend Partai Gerindra yaitu Ahmad Muzani, jika melihat kemesraan akhir-akhir ini antara Gerindra dan PDIP kemungkinan besar PDIP akan memberikan dukungan kepada Ahmad Muzani. jpnn.com/news/gerindra-…
URL www.jpnn.com 20 Gerindra Usung Ahmad Muzani jadi Ketua MPR Riza berharap para pimpinan parpol dengan DPD RI bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR.
#TakeOver# @GheMaX
Tapi sekali lagi perebutan kursi Ketua MPR ini akan sangat ditentukan oleh hasil lobi antar partai politik tidak lagi berdasarkan jumlah anggota voting, untuk itu segala kemungkinan masih bisa terjadi.
#TakeOver# @GheMaX
Jika menilik kepada kemungkinan koalisi perebutan kursi MPR seharunya bisa dimenangkan Gerindra mengingat hubungan Gerindra dan PKS yang cukup solid.
#TakeOver# @GheMaX
Dan jika PAN masih konsisten bisa saja PAN memberikan dukungan kepada Gerindra karena periode selanjutnya PAN mendapatkan kursi pimpinan MPR dan ada kemungkinan besar ditambah dengan PDIP.
#TakeOver# @GheMaX
Sementara untuk Golkar sendiri besar kemungkinan akan mendapat dukungan dari Nasdem , PPP dan kemungkinan dari PKB.
#TakeOver# @GheMaX
Lalu bagaimana dengan Demokrat yang juga menginginkan kursi pimpinan MPR, bisa jadi pertarungan perebutan kursi ketua MPR akan melalui drama panjang karena keinginan Demokrat tersebut.
#TakeOver# @GheMaX
Selain itu ada DPD yang turut mengisi kursi pimpinan MPR tapi jika melihat track record LaNyala yang kini menjadi ketua DPD RI, besar kemungkinan akan mengalihkan dukunganya kepada Golkar.
#TakeOver# @GheMaX
Terlepas dari bagaimana nanti hasil lobi partai politik dalam penentuan kursi ketua MPR, kita bisa lihat kepentingan besar diatas segalanya.
#TakeOver# @GheMaX
Pertama, jika ketua MPR diisi oleh Bamsoet yang juga menurut kabar merupakan usulan dari Istana, bisa jadi kedepan Demokrasi seperti akan mati suri, karena hampir dipastikan sudah satu paket dengan pemerintah sehingga ruh demokrasi jelas akan hilang.
#TakeOver# @GheMaX
Kedua, keluarnya nama Bamsoet sebagai calon Ketua MPR tak lebih hanya ingin menghilangkan dahaga agar perebutan kursi ketum Golkar bisa tetap langgeng ditangan Airlangga, (hebat ya kepentingan partai diatas kepentingan negara.
#TakeOver# @GheMaX
Ketiga jika nama Bamsoet yang menang maka perselisian antara PDIP dan Nasdem akan semakin menguat dan mengancam koalisi pemerintah.
#TakeOver# @GheMaX
Terakhir, Ahmad Muzani sudah dikenal merupakan orang dekat Prabowo, jika Gerindra mendapatkan kursi Pimpinan MPR terlepas dari kepentingan politik apapun namun justru akan baik bagi demokrasi.
#TakeOver# @GheMaX
Karena sejatinya demokrasi itu selalu memberikan warna berbeda, jika sudah sudah seragam dengan pemerintah maka buat apalagi kita berdemokrasi?
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.