0
mikail @sebatangduakara
Tolong bantu viralkan kawan2 netizen 2 orang dari FISIP UIN Jakarta masih belum ketemu ada dimana m.detik.com/news/berita/d-…
julie @thottiewitch
ALERTA! ALERTA! ALERTA!!! NYALAKAN TANDA BAHAYA!!! sebarkan! kawan-kawan kita banyak yang hilang karena berjuang! AWAS ORDE PALING BARU!! nasional.tempo.co/read/1252370/l…

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Bantuan Hukum Jakarta mendapat laporan ada sekitar 50 orang mahasiswa yang tidak diketahui keberadaannya setelah melakukan aksi demo menolak rancangan undang-undang bermasalah di DPR yang berujung ricuh. Data tersebut didasarkan pada laporan yang didapatkan LBH Jakarta sejak Rabu dini hari, 25 September 2019.

"Ada yang mengatakan temannya ditangkap, ada yang belum kembali, mereka khawatir karena polisi menyisir berbagai wilayah," kata Direktur LBH Jakarta, Arief Zulkifli di kantornya, Jakarta, Rabu, 25 September 2019.

Arief menyebutkan 50 mahasiswa itu berasal dari Universitas Singaperbangsa Karawang sebanyak 26 orang. Menurut laporan itu, mereka diduga ditangkap polisi di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Mahasiswa Universitas Jenderal Ahmad Yani berjumlah 6 orang diduga juga ditangkap di Palmerah.

Kemudian ada dari Universitas Padjajaran 2 orang, ditangkap di McDonald. Empat orang dari Universitas Islam Negeri Jakarta, Institut Kesenian Jakarta 2 orang, dan Universitas Yarsi 5 orang. Menurut Arief, pihaknya juga menerima laporan dari sejumlah universitas namun belum diketahui jumlahnya.

Arief menduga para mahasiswa itu ditangkap oleh kepolisian ketika kerusuhan pecah tadi malam. Ia mengatakan pihaknya telah mendatangi Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kepolisian Resor Jakarta Barat untuk mencocokkan data yang mereka dapat dengan data kepolisian.

Arief berharap kepolisian tidak melakukan pemeriksaan terhadap para mahasiswa tersebut sebelum didampingi penasihat hukum. Ia juga mendesak kepolisian memberikan akses bagi para mahasiswa untuk didampingi kuasa hukum. "Kami minta tidak ada penghalangan," kata dia.

Penangkapan juga dilakukan terhadap siswa STM yang demo pada Rabu, 25 September 2019. Sekitar 200 siswa dibawa ke Polda Metro Jaya. Tapi penanganan siswa STM lebih transparan dibanding 50 mahasiswa yang diduga ditangkap.

sumber: nasional.tempo.co

julie @thottiewitch
pengaduan kawan-kawan yang tertangkap: pic.twitter.com/eSgY7oeZne
Expand pic
julie @thottiewitch
kawan-kawan, sebelum bertanya tolong biasakan DIBACA artikelnya: jelas-jelas terpampang para mahasiswa diduga ditangkap polisi. jadi, ada kemungkinan sedang dimintai keterangan MESKI harus jaga2 jika mereka diinterogasi terlalu lama, mengalami kekerasan, atau tidak dilepas.
julie @thottiewitch
disebut hilang karena belum terdengar kabar hingga sekarang, kecuali mungkin teman-teman punya update terkini tentang mahasiswa tertangkap yang bisa dibagikan di bawah.
julie @thottiewitch
biasakan membaca, menyerap, dan memahami sebelum bereaksi.
julie @thottiewitch
sambil menunggu update terkini, jangan lupa NYALAKAN TANDA BAHAYA juga bagi kawan-kawan di Papua!!! regional.kompas.com/read/2019/09/2…
MathiasWahyuSantosa @mathiaswsantosa
@thottiewitch Wahh ngeri ya... Tp kayaknya harus coba di konfirmasi dulu skrg gimana, siapa tau sudah ada kabarnya... Soalnya liat beritanya itu tanggal 25 kemarin setelah demo.. siapa tau sudah ada perkembangan.. #hatihatiprovokasi
julie @thottiewitch
@mathiaswsantosa kalau ada update sila reply/quote tweet, agar tau perkembangan.
MathiasWahyuSantosa @mathiaswsantosa
@thottiewitch Sejauh ini msh dicari tau keberadaannya sama pengacara2 LBH, YLBHI, dll.. kemungkinan besar ditangkap dan diperiksa kepolisian.. kabarnya gt, tunggu aja perkembangan
Fadila @easlybored
@thottiewitch Update: 4 orang yang dari UIN Jakarta 2 orang sudah kembali/pulang. Sisa 2 orang yang masih belum kembali.
julie @thottiewitch
@easlybored makasih updatenya, kalau bisa sertakan link sumber
Zahara Lindra @zlindra
@thottiewitch Adik gue. Muhammad Yusuf Iqbal. Mahasiswa ilmu komunikasi Univ Singaperbangsa Karawang, ikut ketahan. Hari ini gue mau ngurus ke polda. Dia ketahan pas lagi nungguin bus buat balik ke karwang dan tidak berbuat rusuh.. wtf.
ana(rchist)⚡⎊ ia KKN @surabayuh
Temen-temen, kabar baik baru banget; anak unpad yang ditahan (2 orang) sudah pulang!! Kemarin sudah diurus dari pihak internal unpad, dari BEM hingga dosen. Semoga yang lainnya bisa segera pulang dengan selamat ya 💓💓💓 twitter.com/thottiewitch/s…
Olive oil @vouexdesweven
@zlindra @thottiewitch Semangat dan tetap berhati-hati mbak! Semoga urusannya segera terselesaikan. Aamiin
julie @thottiewitch
@zlindra ditunggu update selanjutnya, ya. semoga lancar urusan
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.