3
Rizal Do @afrkml
PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK KORBAN DEMO --- THREAD DARURAT Hai! buat kalian yang berada di lokasi dan butuh banyak tenaga kesehatan namun belum ada satupun tenaga di sana, kalian perlu sedikit ilmu ini untuk menolong teman2 kalian yang terluka! tolong disebar
Rizal Do @afrkml
saya bikin thread ini karena saya tidak bisa ke lokasi, namun sangat ingin membantu. semoga thread ini cukup untuk bisa menolong banyak korban di lokasi Ingat!!! Prinsip pertolongan pertama adalah CEPAT dan TEPAT! cepat doang tapi salah, bahaya bener doang tapi lelet, mati
Rizal Do @afrkml
Sebelum mulai, minta tolong rep tweet ini dengan masalah-masalah atau kasus yang ditemukan di lokasi kejadian agar segera saya buatkan penjelasannya, misalnya luka di kepala, sesak, mimisan, pingsan, atau apapun itu. Terima kasih
Rizal Do @afrkml
1. PINGSAN pingsan adalah kejadian non-medis, namun jangan gegabah untuk menangani korban pingsan. dekati dan pastikan keadaan sekitar korban aman selanjutnya cek respons korban urutannya: 1) panggil nama+tepuk bahunya, apabila tdk respons, lgsg langkah kedua. 2) cubit
Rizal Do @afrkml
2) cubit, respons nyeri bisa dilakukan dgn mencubit lengan/siku korban. 1. Jika respons, segera amankan. jangan beri minum terlebih dahulu, pastikan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. posisikan korban berbaring, longgarkan pakaian dan JANGAN DIKERUMUNI
Rizal Do @afrkml
usahakan pertahankan korban agar tetap sadar. beri wewangian untuk efek aromaterapi. ingat! efek wewangian untuk aromaterapi bukan untuk dioleskan ke sana ke mari 2. jika tidak respons, cek nadi dan nafas korban, jika tidak ada nadi, segera teriak panggil ambulan/minta bantuan
Rizal Do @afrkml
segera lakukan kompresi dada. thread kompresi dada akan saya sertakan di bagian akhir
Rizal Do @afrkml
2. LUKA TUMPUL luka tumpul diakibatkan oleh hantaman/pukulan benda tumpul. perhatikan tanda-gejala yang di alami sasaran empuk luka tumpul biasanya di kepala dan bagian alat gerak (tangan dan kaki) mari kesampingkan luka bagian kepala, kita ke bagian tangan kaki dulu
Rizal Do @afrkml
Apabila luka tumpul sifatnya akut (baru saja terjadi), segera kompres dingin lokasi membirunya luka/memar/lebam. posisikan luka lebih tinggi dari jantung. tujuannya agar darah tidak terkumpul di daerah luka akibat gravitasi
Rizal Do @afrkml
Pinta korban menarik napas dalam lewat hidung dan menghembuskannya dengan mulut Apabila luka memar/lebam telah melebihi 30/60 jam pasca hantaman, maka jangan diberikan kompres dingin, JANGAN MEMBEBAT LUKA MEMAR!
Rizal Do @afrkml
pembebatan/pembalutan digunakan HANYA untuk luka terbuka saja, ketika darah mengalir ke luar tubuh maaf ralat yang sebelumnya, 30/60 menit. ganti dengan kompres hangat, karena kompres dingin sudah tidak efektif lagi
Rizal Do @afrkml
3. LUKA TERBUKA DENGAN DARAH Karena mayoritas aktivitas dilakukan pada medan terbuka, maka kemungkinan besar bersentuhan langsung/tidak langsung dengan tanah. peluang terkena tetanus bisa saja terjadi maka langsung saja pertolongan pertamanya utk mencegah tetanus
Rizal Do @afrkml
TETANUS - Penyebab Kematian paling Menyakitkan --- A THREAD tertusuk paku, bukan lg hal biasa. Tanpa pertolongan yg tepat, akan berakhir menyakitkan, sngt mnyakitkan hgg ajal dtng menyapa Kok bisa? Separah apa sih? Apa yg kudu dilakuin saat trtusuk paku agar tdk tetanus? RT! pic.twitter.com/KL93Tbm6aX
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rizal Do @afrkml
1. bersihkan luka dengan air mengalir yang bersih 2. siram dengan alkohol (jika ada), kalau g ada maka siram lebih lama dengan air 3. posisikan luka lebih tinggi dari jantung 4. jika perdarahan sangat banyak, tekan luka dengan kain bersih utk hentikan perdarahan
Rizal Do @afrkml
5. keringkan luka 6. balut luka, usahakan tidak terlalu ketat ataupun longgar! 7. prioritaskan untuk bertemu tenaga kesehatan segera
Rizal Do @afrkml
4. SESAK NAPAS /ASMA sesak napas adalah respons tubuh yang terjadi karena penyempitan saluran napas bagian atas seseorang tabung oksigen sebenarnya bukan opsi yang tepat untuk pertolongan pertama, karena gaboleh sembarang kasih (ada ukurannya)
Rizal Do @afrkml
1. longgarkan pakaian korban 2. posisikan setengah duduk (JANGAN DITIDURKAN) 3. posisi setengah duduk akan membuat paru2 korban tidak bersaing dengan gravitasi (gerakannya dibuat tegak lurus dg gravitasi 4. JANGAN DIKERUMUNI 5. jangan kasih minum 6. beri aroma terapi
Rizal Do @afrkml
7. pandu napas bertempo pelan dan rileks 8. jauhkan dari kerumunan, tidak sedikit sesak napas dipicu karena gangguan cemas atau ketakutan 9. berikan kompres air hangat di sekitar dadanya, atau oleskan minyak kayu putih
Rizal Do @afrkml
yang terpenting dari semua ini adalah, JANGAN LATAH APA2 DIKASIH MINUM. jangan! kenali kondisi kenali situasi
Rizal Do @afrkml
5. PERIH AKIBAT GAS AIR MATA siapa yang masih pake odol? buang odolnya! ngapain!? 1. pake air mineral, guyur mata korban dari arah dalam keluar. melek ya jangan merem. gapapa 2. jangan berendam! 3. jangan oleskan apapun 4. cari tempat tinggi 5. jangan menggosok mata/wajah!
Rizal Do @afrkml
6. LUKA ROBEK/SOBEK/PERDARAHAN BESAR 1. prinsip TET (Tutup-Elevasi-Tekan) Tutup luka dan tekan Elevasi (angkat lebih tinggi dari jantung) Tekan titik tekan 2. tutup luka dengan kain bersih, tambahkan ketebalan kain penutup luka sampai darah berhenti merembes
Rizal Do @afrkml
3. Balut! usahakan kain penutup luka harus tertutup sempurna dengan balutan, jangan biarkan ada yang keluar2, harus rapi lah gak dibersihin dulu? nanti aja! risiko kekurangan volume cairan lebih penting daripada risiko infeksi di sini
Rizal Do @afrkml
7. LUKA FRAKTUR/PATAH TULANG Prinsipnya adalah imobilisasi patah tulang! jangan digerakin. jika korban harus dipindahkan, maka prinsip imobilisasi luka tetap diperhatikan. Pindahkan, tetapi posisi luka tidak bergerak!
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.