"ASI keluar saat hamil, kok bisa?"

Informasi tentang ASI yang suka merembes saat sedang hamil dan biasanya bikin ibu hamil bingung :)
disease CURE hamil hypnobirthing melahirkan asi menyusui
0
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Banyak banget yang suka nanya, kok ASI udah keluar pas hamil… apakah normal, apa bahaya.. Yuk dibahas
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Saat hamil, sebenarnya kelenjar ASI sudah mulai bekerja bahkan sejak memasuki umur kandungan antara 14-26 minggu
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kerja kelenjar ASI ini pun bahkan bisa berlanjut sampai 2 tahun setelah ibu berhenti menyusui lho…
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Dan juga tidak ada hubungannya antara kelancaran produksi ASI setelah melahirkan dengan keluarnya ASI saat hamil
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kita sebut ASI saat hamil ini sebagai ASI yang "bocor" aja ... minjem bahasanya @ID_AyahASI
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Bocornya ASI saat hamil adalah cairan kolostrum, warnanya bisa kekuningan atau bening, cenderung lengket
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Semakin mendekati hari perkiraan lahir, kemungkinan besar warna ASI yang bocor akan lebih bening, tapi tetap terasa lengket
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kadang malah ada lho, ibu yang belum sadar kalau hamil tapi sudah mengalami kebocoran ASI … ngga apa2 kok
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kebanyakan bocornya ASI ini dialami saat ibu memasuki umur kehamilan di trimester akhir
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Tapi keluarnya ASI dari putting payudara saat hamil ini bukan berarti harus dialami semua ibu hamil kok
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Yang jelas, begitu ibu sudah melahirkan dan plasenta ikut lahir, hormon oxytocin makin banyak dan ASI pasti langsung ngalir
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kolostrum yang keluar saat hamil pun bukan menandakan kondisi abnormal apapun, dan ngga akan habis kok
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Pasti si baby nanti juga tetap mendapatkan kolostrum setelah ia lahir kok.. ga usah parno trus disimpen2 ya itu kolostrum bocor :)
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Nggak usah semangat banget buat memerah ASI yang bocor itu ya.. Bisa memicu kontraksi lhooooo kalo daerah puting terstimulasi saat hamil
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Salah satu tanda persiapan menyusui yang terjadi saat hamil adalah berubahnya struktur payudara ibu
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Saat hamil, produksi hormon ibu itu buanyakkk benerrrr deh, termasuk hormon yang siap2 untuk produksi ASI nantinya
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Akhirnya payudara akan terasa mulai membesar, cenderung lebih lembek dan daerah areola melebar (kehitaman sekitar putting)
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Perubahan ini tandanya bumil normal bangettttt… jadi ngga usah serem sama payudara sendiri yah
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Yang bisa dilakukan adalah cari ukuran bra yang sesuai, tapi nggak usah beli bra menyusui dulu karena ukurannya bisa beda
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Saat menyusui pun, payudara akan bertambah besar karena kelenjar ASI lebih produktif… enjoyyyy
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Nih gambarnya, perbedaann payudara saat sebelum hamil (kiri), saat hamil (tengah) dan menyusui (kanan) http://t.co/VMUNSur7
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Mimin ga akan bahas detil mengenai hormon dsb-nya ntar makin panjang aja.. Baca disini aja http://t.co/4TAZ1207
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kalo nggak pede sama ASI-nya nanti (biarpun ya pede aja pasti kluar kokkk) boleh deh melakukan perawatan PD pas hamil
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Tapi perawatan payudara saat hamil ini sebaiknya nanti aja tunggu 38 minggu hamil ya.. Karena bisa memicu kontraksi kalo putingnya diapa2in
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kapan2 deh mimin kultwit sendiri mengenai perawatan dan pijat payudara saat hamil
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.