0
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Kumpulan thread super keren tentang kiat bisnis, financial freedom dan personal development ada pada tab LIKES akun ini. Silakan cek.

https://t.co/OP6KtbnGw5
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Kasus kebakaran hutan ini selalu berulang. Pelakunya sebagian adalh perusahaan kelapa sawit dan kayu. Sejak 3 thn ini, Kementerian LH dan Kehutanan berhasil hukum mrka dg denda triliunan. Cek data berikut. Eksekusi denda yg lamban bikin perusahaan tidak kapok bakar hutan. pic.twitter.com/zMeAYFR8uf
Expand pic
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Itu tadi daftar perusahaan yg ketahuan bakar hutan (persis spt yg terjadi kembali saat ini). Kementerian LHK cukup agresif ajukan mrka ke pengadilan. Dan rata2 menang. Perusahaan yg bakar hutan didenda ratusan M dan bahkan ada yg triliunan.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Aslinya banyak perusahaan yg sudah tertangkap dan terbukti bakar lahan. Namun KLH harus bawa mrka ke pengadilan. Ini yg lamaa banget prosesnya. Saat proses pengadilan berjalan, perusahaan tetap normal biasa seolah tanpa dosa.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Bahkan setelah keputusan hakim keluar, dan perusahaan kena dena ratusan M, mereka bisa ajukan PK atau Peninjauan Kembali. Prosesnya bisa tahunan. Akhirnya denda tidak bisa dijatuhkan krn belum ada keputusan PK. Perusahaan tetap berjalan normal.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Hukuman denda hingga triliunan itu sejatinya merupakan kemajuan signifikan. Baru dilakukan sejak 3 tahun belakangan. Dulu hukuman perusahaan pembakar hutan hanya Rp 1 milyar. Amat kecil dan gak sebanding dg dampak destruktifnya.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Sayangnya keputusan denda ratusan M hingga triliunan ini lamban eksekusinya. Padahal sdh ada keputusan MA yg final. Pengacara perusahaan pembakar hutan selalu ngeles dan ulur waktu. KLH sdh agresif. Aparat penegak hukum harusnya jg bisa cepat eksekusi hukumannya.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Perusahaan kelapa sawit rutin bakar lahannya buat "land clearing". Mrka punya Manajer Land Clearing yg job des-nya bersihkan lahan buat replanting (penanaman kembali pohon sawit baru). Cara bersih lahan paling murah ya dibakar. Bahkan mrka punya SOP Cara Bakar Lahan. 😰😰
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Proses land clearing lain adalah melalui cara dibersihkan secara manual dg alat2 berat. Biayanya milyaran. Maka bnyk perusahaan milih pakai cara dibakar sebab zero cost. Tapi cara ini dilarang keras oleh KLH. Dan bisa kena denda ratusan M kalau ketahuan.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Tapi sejumlah perusahaan tetap nekad lakukan land clearing dg cara bakar lahan. Seban mrka paham, proses penegakan hukum lemah dan lamban. Law enforcement yg tegas, keras dan cepat adalah kunci.
Naufal @naufalaby
@Strategi_Bisnis Denda segitu sepertinya gak bikin perusahaan2 itu kapok ya
Rejeki @Peachslv
@Strategi_Bisnis Ada juga min yang bakar lahan punya pribadi untuk hemat dari upah tebas lahan
come back stronger @jetstatic
@Strategi_Bisnis Pak @jokowi , palangkaraya udaranya berbahaya karena asap pak..
tri_ono @trxx_bpkspaa
@Strategi_Bisnis Cabut hukum nya.. Kalo bicara soal kabut...kami jengkel Krn abis hujan turun hujan....rame bgt tanaman ajaib muncul....sawit
HPPSD @Handie_Pranata
@Strategi_Bisnis Ntar uang dendanya masuk ke pusat atau daerah atau warga yg terkena imbasnya mas kira2?
Hexa @hexaaaaaaa
@naufalaby @Strategi_Bisnis Kayanya denda itu cuma sekian persen dari yg mereka hasilkan xixi
Baladakampung @smuhamad049
@Strategi_Bisnis Ini yg dikecam oleh Eropa tentang minyak sawit. Karena kebanyakan untuk buka lahan sawit ya dibakar . Cost nya lebih rendah
Naufal @naufalaby
@tasubu12 @Strategi_Bisnis Udah gitu lama pula prosesnya sampai akhirnya perusahaan2 itu harus bayar denda πŸ˜’
modern farmer @hafiadii
@amamoon_ @Strategi_Bisnis Kurang tau juga, emang negara berani sama pengusaha besar?
ACT NTB @ACT_NTB
Riau. Provinsi di Indonesia yang tengah menjadi sorotan saat ini. Kabut asap membumbung tinggi, jarak pandang terbatas, udara tercemar, kebakaran lahan hutan terus meluas. . Gambar ini menggambarkan bagaimana kondisi… instagram.com/p/B2dEPSmh5vQ/…
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.