0
hoeda manis @noffret
Meski video di bawah ini mungkin terkesan konyol, tapi kecurigaan mereka bisa jadi benar. Gas cair (dalam tabung gas yang biasa dipakai masyarakat) memang bisa dicampur dengan air, dan kasus semacam itu bahkan sudah terjadi beberapa kali, di antaranya di Depok hingga di Sumatra.

Di Jogja, beredar video dua pria dikabarkan terbakar saat membuktikan LPG berisi air yang diduga sengaja dioplos oleh oknum tak bertanggungjawab

Фарид Винартоно @faridwinart
@gojek24jam @GrahaRaya_ Regulator merah sama biru sama aja beda cuman di keamanannya aja toh sama² SNI. Kenapa air keluar ya karena mereka balik tabungnya jadi Liquid terdorong oleh Pressure yg ada di tabung. bukan karena regulatornya juga.
devilbiss @jawabinaja
@mynd1806 @gojek24jam 'Copas dr grup sebelah' 'Teruskan,jangan berhenti di anda' 'Baca 5 menit untuk keselamatan bangsa' .. Endesbre endesbre endesbre . Me : left
Story Video: Merasa ditipu karena isi tabung gas LPG berupa "air" dua pria ini terbakar saat m.. Contoh kegoblokan yang terstruktur, sistematis dan masif 1140 pv
hoeda manis @noffret
Modus yang digunakan adalah mengoplos air dengan gas cair. Itu bisa dilakukan; air akan menempati bagian bawah tabung, dan gas cair (yang lebih ringan) akan menempati bagian atas. Hasilnya, volume gas dalam tabung akan lebih sedikit dari ukuran tabung, dan akibatnya cepat habis.
hoeda manis @noffret
Pada video di bawah, bisa jadi isi tabung itu memang oplosan air dengan gas cair. Api baru muncul belakangan, ketika gas cair yang keluar dari selang. Cairan yang keluar dari selang itu tidak seluruhnya air, karena memang dioplos dengan gas cair. Ketika gas keluar, api muncul.
hoeda manis @noffret
Well, sebenarnya, aku bahkan sedang memikirkan masalah ini dalam seminggu terakhir. Sudah ada 4 orang, sejauh ini, yang kudengar mengeluhkan "sesuatu yang tidak beres dengan kompor yang mereka pakai". Mereka para pedagang/pemilik warung, yang biasa menggunakan gas 3 kilo.
hoeda manis @noffret
Mula-mula, ibu pemilik warung langganan mengeluh ke suaminya, "Kayaknya kompor bermasalah, karena masak air aja lama banget matangnya." Lalu penjual ayam ala KFC di pinggir jalan—yang kadang kudatangi—juga mengeluhkan hal serupa. "Kenapa sekarang matangnya lama banget, ya?"
hoeda manis @noffret
Di lain hari, penjual mi ayam langganan kudapati sedang ngutak-atik kompornya. Waktu kutanya, dia menjelaskan, "Kayaknya ada yang tersumbat. Dari tadi masak air buat bikin teh kok nggak matang-matang." Ketika akhirnya ada 4 orang mengeluhkan hal serupa, aku jadi mikir.
hoeda manis @noffret
Bagaimana bisa 4 orang di tempat berbeda mengeluhkan hal sama, di waktu yang berdekatan? Tentu mungkin saja kompor mereka bermasalah di waktu bersamaan. Tapi ada yang lebih mungkin... gas yang mereka gunakan! Kompor bisa berbeda, tapi jenis tabung gas yang mereka gunakan sama!
hoeda manis @noffret
Karenanya, waktu melihat video tadi, aku berpikir, bisa jadi kecurigaan orang dalam video itu benar. Karena, kenapa juga mereka sampai bikin video semacam itu kalau tidak ada sesuatu yang mereka curigai? Mereka mungkin mencurigai sesuatu, lalu bikin video itu. Kesalahan mereka...
hoeda manis @noffret
Kesalahan mereka mungkin mengira semua cairan dalam tabung hanya air, tanpa menyadari ada cairan gas di ujungnya yang bisa membakar. Ketika dikeluarkan lewat selang, air akan keluar lebih dulu, karena lebih berat. Sementara cairan gas, yang lebih ringan, akan keluar setelahnya.
hoeda manis @noffret
Jika cairan yang keluar dari selang dalam video itu benar-benar cairan gas, mereka pasti sudah berhenti sebelum terbakar, karena bau gas (merkaptan) sangat menyengat, dan mereka pasti akan sadar bahwa itu gas. Tapi mereka tetap cuek... mungkin karena memang tidak ada bau apa pun.
Shiervine Angelica @shiervine
@noffret Kalo diliat dr masnya yg selamat dr kejadian ini kayaknya emang isinya gas cair+air. Karna kalo itu beneran gas semua, pasti udah ga selamat sih
hoeda manis @noffret
@shiervine Betul. Setidaknya, sekujur tubuhnya kemungkinan akan terbakar.
yoga rama @yogarama_
@noffret Itu gas hidrofobik, tau sifat gas atau sifat air mas? Belajar dulu deh. Tau kalo bercampur gimana?
hoeda manis @noffret
@yogarama_ Bagaimana kalau Anda jelaskan, biar saya dan yang lain bisa lebih paham? Saya senang belajar, termasuk dari Anda.
hoeda manis @noffret
PS: Agar tidak lagi memicu kesalahpahaman, uraian ini mungkin perlu dilengkapi. Jika yang dialirkan lewat selang dalam video itu adalah gas, maka hasilnya tidak akan mengalir seperti air! Saat tabung dibuka, gas akan menguap! Dan itulah kenapa aku curiga itu memang air!
Hiburan Dini Hari @mosheynot
@noffret This is what I thought earlier. Btw, cara ngisiin air ke tabung elpiji apakah semudah itu ya?
yoga rama @yogarama_
@noffret Kecurangan mungkin, tapi kalo diisi dengan air secara teori nggak bisa, karena sifat gas itu menyerap air, sederhanannya kalo di campur dengan air, nggak mungkin bisa menyala ketika disambung dengan kompor/atau cepat habis.
Load Remaining (15)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.