0
You @itsrohim
Reksadana : Investasi yang cocok untuk pemula, pelajar ataupun mahasiswa, bisa mulai dari 10.000 A thread / sebuah utas
You @itsrohim
Disclaimer : mohon maaf ini thread serius pertama saia plus ini posisinya sama-sama belajar, sharing-sharing semoga bermanfaat. Silakan DM atau komen saran dan kritik kalian. 💕
You @itsrohim
Sebelum bahas lebih lanjut mengenai reksadana, aku pengen bahas sedikit tentang pentingnya investasi. Kenapa sih investasi itu perlu? Kenapa pemasukan kita ngga buat foya-foya / hedon aja? 😅 Berikut beberapa alasan memulai investasi, bahkan bagi pemula :
You @itsrohim
1. Investasi bisa menjadi tambahan pemasukan. Investasi ditujukan buat pertambahan nilai dari uangmu, terlepas dari apapun jenis investasinya. Berbeda dengan menabung, uangmu "diam" bahkan berkurang karena biaya administrasi bulanan.
You @itsrohim
Dengan berinvestasi, tentu menjadi kesempatan untuk menambah nilai atas uang yang dimiliki. Apalagi jika dimulai sejak muda, tentu akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan ke depannya.
You @itsrohim
2. Investasi buat merealisasikan rencana keuanganmu. Karena potensi pertambahan nilai, investasi bisa banget mewujudkan impian dan rencana finansialmu.
You @itsrohim
3. Dana pensiun tambahan. Penghasilan atau pemasukan di masa kini tentu direncanain juga buat masa mendatang. Bukan hanya tabungan, investasi bisa menambah pundi-pundimu di usia tua.
You @itsrohim
4. Progres untung. Investasi di sela-sela pekerjaan atau kesibukanmu yang dilakukan secara konsisten pada jenis dan manajer investasi yang tepat makin menambah keuntunganmu seiring lamanya investasi.
You @itsrohim
5. Mapan finansial. Bukan hanya keuangan yang stabil, kemampuan investasi menjadi dasar untuk mencapai finansial yang mapan. Berawal dari kemampuan membagi pemasukan untuk kebutuhan harian, hiburan, dana darurat, investasi dan tabungan tentu sedikit banyak mengajarkan kita buat
You @itsrohim
Nah itu tadi kan alasan-alasan buat investasi. Lalu apa nih investasi yang cocok buat pemula, cocok buat mahasiswa atau bahkan pelajar yang melek investasi? Menurutku, logam mulia (emas) sama reksadana;
You @itsrohim
karena keduanya bisa dimulai dari biaya kecil apalagi terkhusus reksadana, pengelolaan uang dilakukan manajer investasi.
You @itsrohim
Untuk investasi emasnya aku biasa pake aplikasi Tamasia. Di sini bisa memulai tabungan emas mulai dari Rp 10.000, gratis biaya admin plus biaya simpan, diawasi Bappebti dan 100% emas LM Antam. Kalo mau daftar bisa pake kode referral ini : A13N9EA linktr.ee/tamasia
You @itsrohim
Nah sekarang masuk ke reksadana nya ya. Jadi reksadana dapat diartikan secara kasar sebagai wadah untuk ngumpulin dana investor -kita- yang nanti akan dikelola oleh manajer investasi ke berbagai instrumen investasi.
You @itsrohim
Manajer investasi lah yang akan mengatur komposisi reksadana yang telah dipilih investor. Produk reksadana terbagi jadi dua, konvensional dan syariah. Dalam reksadana syariah, manajer investasi mengelola uang kita ke dalam surat berharga sesuai dengan ketentuan syariah Islam.
You @itsrohim
Reksadana konvensional dan syariah terbagi lagi menjadi beberapa jenis : reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Reksadana pasar uang. Reksadana ini memiliki risiko paling rendah dan diperuntukkan buat jangka waktu kurang dari satu tahun.
You @itsrohim
Namun, hasilnya juga rendah (±5% pertahun). Dalam reksadana ini, manajer investasi menempatkan uang pada instrumen pasar uang dan atau efek utang yang jatuh tempo dalam jangka waktu kurang dari satu tahun.
You @itsrohim
Untuk investasi satu sampai tiga tahun, disarankan memilih reksadana pendapatan tetap. Risiko dan hasilnya sedikit lebih tinggi dari pasar uang ±8% pertahun. Reksadana pendapatan tetap meletakkan uang ke efek utang atau obligasi.
You @itsrohim
Reksadana campuran diperuntukkan bagi investasi jangka waktu lebih dari tiga tahun. Racikannya mencampur antara saham, pasar uang, dan surat utang. Porsi sahamnya sedikit lebih besar dibandingkan pendapatan tetap dan imbal hasilnya juga lebih tinggi, yaitu ±12%.
You @itsrohim
Untuk jangka waktu invest lebih dari lima tahun, disarankan memilih reksadana saham. Indikasi imbal hasil reksadana ini paling tinggi dibandingkan yang lain, ±15% per tahun, bahkan lebih. Meski risikonya juga tinggi karena harga saham naik turun, untuk jangka panjang,
You @itsrohim
reksa dana saham tentu menguntungkan. Tentukan pilihan jenis reksadana dengan menimbang-nimbang tujuan dan jangka waktu investasi. Ini akan membuat pilihanmu semakin mengerucut.
You @itsrohim
Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah manajer investasinya. Apakah ia sudah cukup teruji, bertahan di tengah krisis, atau terbukti berkinerja baik? Beberapa manajer investasi juga sudah berusia cukup tua.
You @itsrohim
Setelah itu cek kinerja tiap-tiap produk reksadana dan baca prospektus nya. Dari prospektus, dapat diketahui kinerja, total dana kelolaan, porsi penempatan investasi, dan produk reksadana apa saja yang bisa dibeli.
You @itsrohim
Jangan menumpuk uang hanya di satu produk reksadana yang sama. Lakukanlah diversifikasi supaya kalo yang satu sedang jatuh, yang lainnya diharapkan masih aman. Belilah berbagai reksadana dari manajer investasi yang berbeda.
You @itsrohim
Ada dua cara investasi : yang pertama, secara rutin dengan jumlah yang sama tiap bulan atau Dollar Cost Averaging. Kedua, yang membeli banyak ketika harga turun dan membeli sedikit ketika harga naik atau Value Cost Averaging.
You @itsrohim
Sekarang ke pembahasan : kenapa perlu investasi reksadana. 1. Akses yang mudah. Reksadana bisa dilakukan lewat bank penyedia reksadana, sekuritas, agen penyedia reksadana atau aplikasi fintech.
Load Remaining (27)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.