1
Mahfud MD @mohmahfudmd
Sebenarnya Habibie berpeluang besar utk dipilih jadi Presiden lg oleh MPR pd th 1999 tp dgn kesatria dia tdk mau dicalonkan lg krn pertanggungjawabannya terkait Referendum di Timtim ditolak oleh MPR. Pak Habibie, beristirahatlah dgn tenang di sisi-Nya. Namamu selalu di hati kami.
Muhammad Ibrahim @Muhamma29017156
@mohmahfudmd kok aneh sih pud, pake kata2 terkait referendum Timtim..., referendum Timtim itu yg menetapkan PBB atas permintaan fretilin yg disetujui PBB... pertanggungjawaban Pak Habibie selama menjabat dihadapan MPR yg baru terpilih, agak aneh memang & ditolak.
Geeks Inside @GeeksInside_
@IDN_Username aku masih ingat jelas ketika Pak Habibie berjalan keluar dari ruang sidang paripurna dengan diiringi olok-olok anggota mpr, CMIIW sebagian mungkin masih ada karena partainya juga masih ada :)
Republika.co.id @republikaonline
Habibie dengan gagah masuk ke sidang parlemen meski banyak teriakan menghinanya. republika.co.id/berita/kolom/w…

Ketika Anggota Parlemen Berteriak 'Huu' Hina Habibie
Oleh: Magfiroh Yenny, jurnalis senior mantan wartawan Republika

Saya juga ingat bagaimana gagahnya Presiden Habibie memasuki Ruang Sidang Umum MPR 1999 dengan eksperesi penuh percaya diri, saat akan menyampaikan laporan pertanggung jawabannya sebagai Presiden. Meskipun kala itu diteriaki 'huuuuu' yg panjang oleh para anggota dewan beliau tetap melangkah tegap penuh keyakinan. Lalu, laporannya ditolak.

Hanya sebagian anggota parlemen yang menangisi perlakuan anggota parlemen kepada Habibie. Salah satunya adalah anggota DPR dari Aceh, Nurdiati Akma. Ketika dia berpidato mewakili pandangan fraksinya, ibu ini menangis sesenggukan betapa Habibie itu selama ini menjadi sosok impian para anak Indonesia, namun saat itu seolah tak ada harganya. Teriakan 'huu-huuu' di sebuah acara kenegaraan tertinggi yang dilakukan oleh anggota parlemen adalah catatan sejarah yang jelas mencoreng dan memilukan. Apalagi, saat itu Habibie masih menjabat sebagai Presiden yang resmi.

Melihat itu, maka langsung meneteslah air mata saya yang tengah duduk di tribun pada saat liputan Sidang Umum MPR itu. Namun, melihat tegarnya beliau, dalam hati saya hati sontak berkata: Aahhhh ... Kalian-kalian ini ternyata tidak cukup pintar untuk menghina Habibie.

Sebab, fakta berikutnya saya pun tidak lupa, bagaimana di bawah kepempinan Presiden Habibie, para Menteri dan jajarannya dipaksa bekerja keras. Dolar yg melambung di kisaran angka Rp 17 ribu bisa turun drastis menjadi Rp 6.000. Luar biasa....!

URL Republika Online 2343 Ketika Anggota Parlemen Berteriak 'Huu' Hina Habibie | Republika Online Habibie dengan gagah masuk ke sidang parlemen, meski banyak teriakan menghinanya.
meli goeslow @amelrisar
Jangan lupa, ketua MPR yang waktu itu nolak laporan/pidato pertanggungjawaban pak Habibie (who then decided to resign from presidency) adalah Amien Rais.
Mazzini @mazzini_giusepe
Tak lama berselang menjelang akhir kekuasaannya 14 September 1999, Habibie pidato pertanggungjawaban dihadapan MPR-RI. Sayangnya Pertanggungjawaban tersebut ditolak MPR-RI yang dipimpin Amien Rais pada tanggal 20 Oktober 1999. pic.twitter.com/YermcR614Q
Expand pic
Mazzini @mazzini_giusepe
Salah satu faktor penolakan adalah adalah masalah Timtim, rumor yg beredar di MPR, Habibie tidak menangani masalah Timtim dengan baik & setengah hati mempertahankan Timtim.
Mazzini @mazzini_giusepe
Saat pidato pertanggungjawaban ditolak, maka Habibe menyatakan tidak akan maju lagi sebagai presiden berikutnya. Selanjutnya lewat sidang MPR-RI pada 20 Oktober 1999, K.H Aburrahman Wahid terpilih menjadi Presiden, dengan Wakilnya Megawati Soekarnoputri.
Muchlis @Muchlis88426192
@Fahrihamzah Coba deh tanyakan ke anggota DPR MPR yg dulu tereak2 saat HABIBIE memasuki gedung DPR. Apa g ada yg nyesal atas prilaku buruk yg mereka pertontonkan saat seorg presiden memasuki gedung yg dianggap terhormat itu
👣Iskandar 🕑 Искандар 👍 @degreatiskandar
Masik ada yg ngumbar duka atas wafatnya Pak Habibie di medsos? Heh BGCD, lo jan purak2 berduka jika: 1. Lo adala sala satu yg bersorak ketika LPJnya ditolak MPR. 2. Lo adala sala satu yg anggep blio kepanjangan kekuasaan Pak Harto dan melanggengken rezim ORBA.
👣Iskandar 🕑 Искандар 👍 @degreatiskandar
Dalam SUMPR yang dipimpin Ketua MPR AR, Habibie menyampaikan pidato pertanggungjawabannya di depan sidang dan terjadi penolakan terhadap pertanggungjawaban presiden lewat FPDI-P, FPKB, FKKId an FDKB. Didukung mahasiswa dan rakyat yang anti Habibie.
👣Iskandar 🕑 Искандар 👍 @degreatiskandar
Mereka menolak pertanggungjawaban Habibie, karena Habibie dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Rezim Orba.
👣Iskandar 🕑 Искандар 👍 @degreatiskandar
Nah sekarang lo ngumbar duka sambal puja puji keberhasilan Habibie, hanya kerna blio kliatan dukung yg satu dan "mencampakkan" yang lain? Dan kerna blio bercerita dapet masukkan dari "seseorang" kerna "seseorang" yang lain mau lakukan kudeta pada dirinya?
👣Iskandar 🕑 Искандар 👍 @degreatiskandar
Di mana konsistensi klean dengan ini "Habibie dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Rezim Orba"? BGCD klean semua!!!
HendraD @ibhonez
#menolaklupa inilah para angota dpr yg dulu menolak pertanggung jawaban presiden sehingga bapak Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie tidak mencalonkan lagi sebagai presiden RI. pic.twitter.com/cqEAS1nmgw
Expand pic
#BeritaPolHukam @ReporterNitizen
@republikaonline memang anggota dewan 1999 saat itu kurang ajar, sok Reformis, lihatlah hasil buah mereka menolak LPJ Almarhum, kita sdh diambang berantakan, Negara Terbelakang,ulah Mr. AR the gank. #RIPBapakTeknologiIndonesia #RIPBapakTeknologiIndonesia
Molan @AchmadMolan
@republikaonline 20 tahun kemudian mereka sangat menyesal akan perbuatan ya @DPR_RI
milapeewie @milapeewie
@republikaonline Dulu gak tau ttg ini 😑 parah amat DPR jaman itu. Mereka yg hina!!! Hidupnya terhina. Koruptor. Pak Habibie, prestasinya mendunia. Dimuliakan Allah selama hayat. Smg beliau mendapat tempat terbaik disisi Allah, Aamiin.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.