0
ig: ultrafragile @novalauliady

an innovative youth activist who dedicates himself to gender and sexuality issue. co-director @hollaback_jkt 💙 part of @unfpayouthid 💙 Founder @studyandpeace

https://t.co/yIRMz38M1t
ig: ultrafragile @novalauliady
🌧️A THREAD 🌧️ Cerita gue diusir dari rumah sejak umur 18 tahun, belum pulang sampai sekarang umur hampir 22. 😔
ig: ultrafragile @novalauliady
Oke, gue bakal cerita dari awal banget. Gue anak pertama, nyokap bokap gue masih muda banget pas hamil gue. Gue unexpected, dan mereka terpaksa harus nikah karena gue. Obviously, mereka gak siap untuk pernikahan apalagi untuk punya anak.
ig: ultrafragile @novalauliady
Mereka akhirnya punya 2 anak lagi. Dan kita tinggal di rumah orang tua bokap gue sejak gue lahir. Kita tinggal sekeluarga, ditambah paman, istrinya dan tentunya Kakek dan nenek. Banyak banget memang orangnya, tapi rumahnya cukup sih buat kita semua.
ig: ultrafragile @novalauliady
Paman gue gak suka banget sama gue. Dia kayak nganggep gue pembawa sial di keluarganya. Karena orang tua gue hamil muda dan terpaksa nikah. Ketidaksiapan itu akhirnya ngehancurin keluarga bokap gue, terutama secara finansial karena orang tua bokap gue yang ngebiayain hidup kita.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gue diabuse secara fisik, mental, dan verbal oleh orang orang disana. Semuanya makin parah setelah orang tua gue cerai, dan gue harus ngejagain 2 adik gue di rumah.
ig: ultrafragile @novalauliady
Yang paling parah ngeabuse gue itu adalah paman gue. Pernah waktu SD gue lupa kelas berapa, saat gak ada orang di rumah dia tiba tiba dateng ke kamar gue dan nyekap gue pakai bantal sambil teriak teriak "MATI LO ANJING"
ig: ultrafragile @novalauliady
Untung waktu itu ada ART di rumah, dia langsung pukul paman gue, ngusir dia dari kamar dan ngunciin diri kami di kamar. Gue berterimakasih banget sama dia, kalo gak ada dia gue mungkin udah mati saat itu karena gue gak bisa ngelawan. Gak mungkin gue yg anak SD lawan polisi.
ig: ultrafragile @novalauliady
Banyak bgt kejadian² lain, kayak gue lagi jalan di depan dia terus tiba-tiba ditendang, dipukul, dll. Salah gue cuman karena gue exist, gue hidup.
ig: ultrafragile @novalauliady
Another time pas gue SMP, gue pernah digebukin habis habisan cuman karena gue taro kaki diatas kursi buat lepas tali sepatu. Kepala gue sampe diinjek waktu itu, ditendang sampe susah nafas. Gue sampai harus teriak teriak minta tolong, untungnya tetangga pada ngumpul di depan.
ig: ultrafragile @novalauliady
Mereka ngegedor gerbang dan teriak teriak. Paman gue nyeret gue yang udah mau mati itu dengan rambut gue. Abis itu dilempar ke tetangga tetangga itu. Jahatnya lagi, dia fitnah gue dengan bilang kalo dia mukulin gue karena gue pakai narkoba.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gue diungsikan ke rumah tetangga. Gue telfon nyokap, mereka dateng malam malam untuk ngambil gue. Tapi gue diumpetin karena keluarga bokap gue ketakutan kalau keluarga nyokap gue ngeliat gue yang badannya udah ancur itu.
ig: ultrafragile @novalauliady
Beberapa hari kemudian gue balik lagi ke rumah walaupun masih trauma parah, secara fisik dan psikis. Gue ngadu sama guru di sekolah, tapi mereka cuman bilang "coba kamu introspeksi diri, siapa tau kamu salah" + gue diketawain sama temen temen di kelas karena gue digebukin.
ig: ultrafragile @novalauliady
Anggota keluarga gue yang lain di disisi bokap juga gak ada yang ngebelain gue. Nenek gue bilang "syukurin tuh, nyusahin aja sih jadi orang" Bokap gue gak bilang apa-apa karena abis cerai gue gak pernah ngobrol lagi sama dia sama sekali sampai hampir 5 tahunan walau serumah.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gimana ya ngejelasin perasaan gue saat itu... Ngerasa gak aman di rumah sendiri. Tiap pulang tuh bawaannya down aja. :(
ig: ultrafragile @novalauliady
Semuanya tambah complicated saat puber (SMP akhir) gue sadar gue gk suka cewek, gue suka cowok. Benci banget waktu itu sama diri sendiri. Lama banget kayaknya waktu itu gue mendam perasaan gue. Gue bahkan sempet pacaran sama cewek buat ngebohongin diri sendiri dan orang lain.
ig: ultrafragile @novalauliady
Singkat cerita, gue ketahuan punya pacar cowok. Dan bokap gue waktu itu lagi difase hijrah, sampai ngedengerin musik atau majang foto keluarga pun kita gak dibolehin. Gue mau dipesantrenin waktu itu. Tapi gue ancem bakal bunuh diri kalo gue masuk pesantren 😭
ig: ultrafragile @novalauliady
Akhirnya we just don't talk about it anymore. Tapi kehidupan gue makin dilimit. Gue jerawatan aja gak boleh pakai obat jerawat, karena takut gue jadi homo maksimum kali wkwk. Gue tambah merasa terasingkan sih di rumah, dan gue mulai sering suicidal sejak itu.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gue inget pernah malem malem abis nangis seharian gak mau keluar kamar, gue ke toilet lewat dapur dan ambil pisau. Terus gue taro pisaunya dilengan, siap buat motong. Tapi terdiam aja disitu lama. Gak sadar ternyata gue udah berjam jam disana sampai adzan subuh.
ig: ultrafragile @novalauliady
Pas umur 18 paman gue mau ngegebukin gue lagi. Gue berasa kayak punch bag aja disana, kalo ada yang stress atau marah dikit, gue yang digebukin. Gue ngelawan dan akhirnya gue diusir.
ig: ultrafragile @novalauliady
Jujur waktu itu walaupun gue bingung mau kemana dan deg degan, tapi gue juga ngerasa lega akhirnya gue udah gak harus tinggal disana. Gue pikir kalau pun gue gagal dan mati dijalan, itu lebih baik daripada nungguin mati karena gue digebukin di rumah sendiri.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gue telfon temen pas gue beresin semua baju gue. Dia akhirnya dateng bawa mobil dan ngebantuin angkat sekitar 5 tas berisi baju gue. Gue gak bawa uang sama sekali atau dokumen apapun. Sama temen gue ini, gue dianter ke rumah pendeta. Gue tinggal sekitar 2 bulan disana.
ig: ultrafragile @novalauliady
Rasanya gak enak nyusahin orang lain lama-lama. Akhirnya gue pindah-pindah numpang rumah temen. Gue saat itu gak bisa kerja karena gue gak ada dokumen apapun. Bener bener saat itu gue ngerasain gimana rasanya jadi gelandangan.
ig: ultrafragile @novalauliady
Gue udah lelah banget di titik itu. Makan cuman bisa seadanya aja yg disajiin di rumah temen. Gue mikir terus terusan tiap hari gimana caranya biar gue bisa survive hari ini, tanpa ngerepotin orang lain.
Load Remaining (14)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.