1
KEB @Emak2Blogger
Hai, Emak dan tweeps semua! Pa kabar nih, siang hari ini, Rabu 4 September 2019?
KEB @Emak2Blogger
Sudah makan siang belum nih? Belum ya? Jam segini sih belum ya? Tapi, jangan sampai lupa makan siang ya! Supaya energi tubuh bisa terisi kembali setelah beraktivitas sejak pagi.
KEB @Emak2Blogger
Rencana, mau makan siang apa/di mana nih? Sama siapa?
KEB @Emak2Blogger
Well, buat yang masih sibuk, silakan melanjutkan aktivitas. Buat yang udah mulai mager-mager karena capek, pegel, dan pengin istirahat sebentar, sini deh merapat.
KEB @Emak2Blogger
Karena, Makmin mau sharing-sharing lagi nih siang hari ini! Biasalah, ini kan Rabu siang, jadi ini waktunya sesi sharing bareng Makmin (SpesialisMalam) yang sudah pindah jam tayang ke siang hari sekarang.
KEB @Emak2Blogger
Di bulan lalu--bulan Agustus--dalam sebulan penuh kita ngobrolin soal #2ndLevelofSEO ya, yaitu printilan2 untuk optimasi web yang mesti kita kerjakan, tapi bukan yang onpage.
KEB @Emak2Blogger
Semoga sih sudah pada nyimak semua. Kalau belum, yah ntar juga akan diangkut ke web KEB sih. Cuma ya, sabar yah. Heuheuheu. 😁😁
KEB @Emak2Blogger
Tapi masih bisa ditelusur sih di timeline Makmin yah, dengan tagar #2ndLevelofSEO.
KEB @Emak2Blogger
So, ini sudah September. So, kita akan bahas hal lain, tapi teteup ya seputar blogging dan media sosial deh. Bahas apaan hayo?
KEB @Emak2Blogger
Nah, kemarin udah SEO, sekarang gimana kalau kita ngomongin soal #MaintenanceBlog nih bulan ini? Oke gak?
KEB @Emak2Blogger
Okelah ya. *maksa* Okein aja biar cepet. Hahaha.
KEB @Emak2Blogger
Karena #MaintenanceBlog ini penting lo, Mak! Tapi sering disepelekan. Atas nama, ah, sibuk! Bisa nulis aja syukur!
KEB @Emak2Blogger
Iya gaaak? Suka gitu kan? Nanti, suatu ketika, karena satu dan lain sebab, blognya down karena kurang dirawat ... nah, ngeluh lagi. Komplen sana sini. Ribet.
KEB @Emak2Blogger
Hayo, siapa suka gitu? Hihihi.
KEB @Emak2Blogger
Makanya, ayo dirawat blognya! Blog kan ibarat rumah kita, Mak. Namanya rumah ya mesti disapu-sapu, dibersihin, dipel, kalau atapnya bocor ya dibenerin... Iya nggak sih?
KEB @Emak2Blogger
Cuma kalau blog ya pastinya maintenancenya bedalah ya. Makanya akan kita bahas nih kali ini. Cusss, simak terus twit-twit Makmin ya!
KEB @Emak2Blogger
So, kita akan bahas dulu tentang #CaraBackupBlog nih untuk hari pertama bahas #MaintenanceBlog ini ya.
KEB @Emak2Blogger
Pertanyaan pertama, kenapa sih kita perlu ngebackup blog? Hayo, kenapa? Ada yg tahu nggak nih?
KEB @Emak2Blogger
Well, gampangannya gini sih. Musibah itu bisa terjadi di mana saja. Kalau di dunia nyata, misalnya, rumah kebanjiran, atau kebakaran. Bisa jadi rumah kita akan ludes menjadi korban. Yes?
KEB @Emak2Blogger
Hal ini juga terjadi di dunia maya. Karena satu dan lain hal, rumah maya kita itu bisa juga "terancam" rusak hingga habis nggak bersisa.
KEB @Emak2Blogger
Contoh ancamannya apa, Makmin? Banyak. Misalnya, kena malware. Atau dihack. Bisa juga kesalahan teknis di server. Banyak deh, Mak, penyebab rumah maya kita itu rusak.
KEB @Emak2Blogger
Nah, buat yang pakai hosting sendiri, kadang perusahaan penyedia hostingnya sih punya fasilitas backup. Cuma ya, kita enggak bisa mengandalkan mereka begitu saja. Kita sendiri mesti punya backup sendiri.
KEB @Emak2Blogger
Kenapa? Karena penyedia hosting kan melayani banyak orang, jadi mereka bikin backupnya ya auto aja. Kadang ya, error juga.
KEB @Emak2Blogger
Makanya kita mesti ngebackup sendiri. Ya, backup kita juga bisa jadi error sih. Peluang itu akan selalu ada. Tapi kan kita harus berusaha meminimalkan, yekan?
KEB @Emak2Blogger
So, gimana caranya ngebackup data di blog sendiri? Sebenarnya sih enggak terlalu sulit, Mak. Kita nggak perlu minta bantuan kok, kita bisa melakukannya sendiri.
Load Remaining (25)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.