0
Story Dibalas Tajam Para Petugas Medis Soal Sistem Triase di IGD: Viral Curhat Pasien yang Ber.. Sebelum mengeluh, ada baiknya masnya mengerti soal sistem triase di RS 2805 pv
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax

Socially awkward. INFJ. I left half of my heart in NTT. Currently living in Sikka’s remote area.

https://t.co/KM8XiO48xF
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Sistem penanganan pasien di IGD itu beda dengan klinik dimana pasien dilayani sesuai urutan kedatangan pasien. Kalo IGD ada sistem triase, prioritas penanganan pasien sesuai dengan tingkat kegawatdarutannya. Biasanya diurutkan menjadi kategori merah, kuning, hijau, dan hitam.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Habis baca tweet selebgram/twit yang berobat ke IGD karena digigit hewan. Sebenernya ga tau bagaimana kronologis lengkap yang sebenernya gimana, tapi kalau dari apa yang dia tulis ada beberapa poin sih yang gatel pengen nanggepin.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Pasien kategori hijau pasien dengan cedera/sakit ringan dan biasanya masih bisa berjalan atau mencari pertolongan sendiri sehingga mendapat urutan prioritas penanganan ketiga.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Ini ga tau ya bentuk ruangan dan kondisi IGD saat itu bagaimana, lagi rame atau sepi. Kalau memang IGD lagi rame, pasien kategori hijau pasti akan ditunda penanganannya, apalagi kalau pasien lainnya banyak yang kategori merah atau kuning. Jadi mohon bersabar 😇
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Ditambah kalau bed di IGD full, ya pasien kategori hijau yang datang pasti diminta untuk duduk di kursi sembari menunggu giliran penanganan karena petugas yang terbatas. Pasien bisanya diperiksa dulu oleh perawat, lalu hasilnya dilaporkan ke dokter.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Kalau dokter sudah selesai menangani pasien lain atau sekiranya pasien tersebut memerlukan perhatian khusus, pasti dokternya akan datang untuk memeriksa pasien kategori hijau tadi dan menginstruksikan tindakan selanjutnya. Begitu seharusnya.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Lalu kalau pasien memerlukan obat yang diberikan secara injeksi/suntik, biasanya petugas akan meminta pengantar/keluarga pasien untuk membeli obatnya di apotek. Kenapa harus beli obatnya dulu? Di IGD emang ga ada obat?
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Biasanya di IGD ada obat emergensi dan obat esensial lainnya. Kalau pasien butuh obat tsb, petugas akan mengambil dari persediaan lalu nanti meminta keluarga pasien membeli obat yang sama untuk penggantian persediaan yang telah dipakai. Jadi obat akan selalu ada di persediaan.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Atau kalau memang pasien membutuhkan obat yang tidak tersedia di persediaan tadi, tentu pengantar/keluarga pasien pasti diminta untuk membelinya terlebih dahulu. Kenapa harus nyuruh keluarga pasien? Kenapa bukan perawatnya aja yang ke apotek ambil obat?
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Dear, sepengalaman saya kerja di IGD memang itu bukan tanggung jawab perawat untuk membelikan obat ke apotek. Kalo begitu nanti bisa-bisa di IGD tidak ada perawat karena semuanya lagi ke apotek beli obat untuk pasien. Kalau ada pasien baru, siapa nanti yang menangani?
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Lalu menurutku wajar kalau menanyakan pasien memiliki asuransi, KIS, atau pasien umum alias bayar sendiri. Bukan untuk membedakan pelayanan, tapi untuk proses administrasi. Contoh ditempatku, untuk pasien KIS (BPJS) itu dokter harus membuat resep rangkap 2, kalau umum cukup 1.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Contoh lain, kalo misal pasien KIS datang ke IGD dengan penyakit yang tidak termasuk kategori gawat darurat, dokter atau petugas IGD akan menginformasikan kalau pasien tersebut tidak bisa dicover oleh BPJS. Tujuannya agar keluarga/pasien tidak kaget dan komplain...
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
...kok saya punya KIS tapi tetap disuruh bayar. Memang begitu aturannya. KIS/BPJS itu mengenal pembedaan antara fasilitas kesehatan tingkat pertama (klinik, puskesmas, dll) dan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (IGD RS, poliklinik RS, dll)(CMIIW)
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Lalu masalah menginformasikan kalau obat yang dibutuhkan harganya mahal. Menurutku itu juga tidak salah. Jangan sampai keluarga/pasien kaget ketika bayar di apotek kok obat sekecil itu bisa mahal harganya.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Masalahnya mungkin di komunikasi, dokter/petugas harus bisa menginformasikan hal tersebut dengan baik agar tidak terjadi salah persepsi. Jangan sampai pasien merasa dianggap tidak mampu beli obat yang mahal karena dokter/petugas menginformasikan tentang harga suatu obat.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Terlepas dari semua itu, petugas IGD, dokter ataupun perawat, pasti ingin memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pasien. Pasien/keluarga harus tau, dibalik itu semua juga petugas IGD harus menanggung beban kerja IGD yang cukup berat dan mudah sekali stress.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Di sisi lain pasien juga pasti memiliki masalah sendiri, jadi jangan karena petugas sedang stress/capek jadi menyepelekan masalah pasien. Disini saya tidak menyalahkan pasien ataupun pihak petugas Everyone you meet is fighting a battle you know nothing about. So, always be kind.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Keluhan pasien atau keluarga pasien terkait kualitas pelayanan kesehatan itu pasti ada dan banyak sekali. Disinilah kita sebagai petugas kesehatan dituntut untuk selalu menjaga dan meningkatkan profesionalitas kita.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
Wah, tidak menyangka akan mendapat respon yang luar biasa. Sekali lagi, thread ini dibuat bukan untuk menjelekkan atau membela salah satu pihak. Hanya ingin berbagi sedikit tanggapan dari sudut pandang petugas kesehatan agar semua bisa mengerti kondisinya.
KharizzzZ @KharizmaRizqi3
@mhsnax Kalo belom di sentuh atau dicek, ngeliatnya dari jauh aja , emang bisa memutuskan dia merah kuning atau hijau ???.
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
@KharizmaRizqi3 Tentu untuk menentukan triase harus diperiksa, ada banyak kriteria penilaian triase, salah satunya dari tweet mbak ini... twitter.com/ditawirasti/st… Tapi jangan salah, “melihat” pasien datang dengan berjalan saja itu sudah bagian dari penilaian triase.
🐱 @ditawirasti
@noturtypcalgirl @mhsnax Mau bantu jawab hehe. Benar kak kalau vertigo masih kategori hijau. Di igd ada form triase gt, biasanya kalau masih sadar, tensi nadi dan pernafasan masih normal masuk kategori hijau pic.twitter.com/6lsyEBxLUz
Expand pic
Tepung Beras Rosebrand @mhsnax
@KharizmaRizqi3 ...Logikanya, kalau pasien masih bisa berjalan kan pilihannya antara hijau atau kuning, tinggal dipastikan dengan pemeriksaan lainnya, salah satunya seperti pemeriksaan tanda vital (tekanan darah, nadi, laju napas, dll). Begitu mas kalau menurut saya 😊
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.