Dibalas Tajam Para Petugas Medis Soal Sistem Triase di IGD: Viral Curhat Pasien yang Berobat ke IGD Karena Digigit Kucing Keluhkan Penanganan di RS Siloam Karawaci

Sebelum mengeluh, ada baiknya masnya mengerti soal sistem triase di RS
2
BERBI @DionMulya

cowok yang gapernah bilang "terserah" kalo ditanya mau makan apa.

Dion Mulya @DionMulya

jadi begini, tadi gue ke siloam karawaci buat cek tangan gue yang nyut2an banget setelah digigit kucing kampung karena gue misahin mereka berantem. :,) pic.twitter.com/VtxdPDkqF8

02/09/2019 23:13:55 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Dion Mulya @DionMulya

btw gue belom dibawa ke ruangan, belom ketemu dokter, cuma dapet tensi doang ama perawat, dan semua percakapan terjadi di meja pendaftaran. dan mereka dah bisa memutuskan untuk kasih gue suntik vaksin rabies :)

02/09/2019 23:16:21 WIB
Dion Mulya @DionMulya

mereka selalu nanya gue mau bayar pake apa. gue selalu jawab pribadi. dan gue dah jelasin kalo asuransi gue gabisa dipake untuk rawat jalan, cuma bisa rawat inap. trus mereka bilang kalo vaksin itu mahal. gue blg gapapa..

02/09/2019 23:16:56 WIB
Dion Mulya @DionMulya

saking gue keselnya, gue sampe kode buat naro tas gue di meja mereka. biar mereka mikir, kalo gue mampu punya tas itu, artinya vaksin rabies masih bisa kebeli. tapi sayanganya mereka ga ngerti -.-

02/09/2019 23:18:02 WIB
Dion Mulya @DionMulya

dan gue heran, td kenapa gue iya iya aja ya, kenapa gue ga nanya kemana dokternya, kok ini gue ga dibawa ke ruangan untuk diperiksa. kok gue cuma ditensi doang. bahkan yang memutuskan untuk beli vaksin rabies aja perawatnya :,)

02/09/2019 23:19:13 WIB
Dion Mulya @DionMulya

mungkim bagi sebagian orang hal itu normal dan emang selama ini terjadi di rumah sakit Indonesia. tapi buat gue yang baru pernah masuk dan itupun ga sengajar masuk ugd bpjs, sangat ga normal untuk nyuru pasien beli obat sendiri untuk tindakan kita sebelum diperiksa terlebih dhl

02/09/2019 23:24:49 WIB
Dion Mulya @DionMulya

krena gue ke rumah sakit bukan cuma tiba2 disuntik anti rabies, tp gue mau dokter observasi luka gue, bahkan ketemu dokter aja gue kagak. udah maen mau disuntik rabies ajeeeee

02/09/2019 23:25:38 WIB
Dion Mulya @DionMulya

gue masih beruntung punya pilihan untuk walk out tadi, karena gue kesel diperlakuin seperti itu dan ga profesional. tapi banyak diluaran sana yang punya keterbatasan dan harus terima aja digituin demi bisa sembuh. . God bless us :,)

02/09/2019 23:26:49 WIB
primum non nocere @fqhfbls

@DionMulya Mas, km kan followernya banyak. Gimana kalo sebelum berstatement alangkah baiknya didiskusikan dgn teman/kenalan km yg bekerja di rs?

03/09/2019 08:08:42 WIB
Myta @mytaardiaa

@DionMulya Bang, sebelumnya gw ikut prihatain atas apa yg udah terjadi ama abang. Tpi sorry bagian ini gw ketawa bayangin abang nge gas ngmong "gw dedam ama lo pada" 😆 Oke semoga aja mereka nyadar atas kesalahan mereka dan segera memperbaiki kualitas pel sesuai SOP mereka

03/09/2019 07:42:56 WIB
OYO @dyoti_inri

@mytaardiaa @DionMulya Kayaknya sih sesuai SOP deh kan menyesuaikan nya tingkat kegawatan UGD (sisi medis bukan awam) apalagi UGD BPJS yang rame pasien. Kalau pelayanan mau nyaman ya di Siloam yang kayak hotelnya (ini masnya keknya di RSUDnya) atau di hotel sekalian bawa dr. Pribadi

03/09/2019 13:12:48 WIB
mpok UA 28 thn lagi @funoo

@DionMulya Ugd lho ini. Lo yg tangannya nyut2an aja pelayanannya lama gmn yg udh collapse msk ugd? Nunggu mati keknya itu pasiennya. Sekelas siloam lhooo. Hadeeee

03/09/2019 07:03:24 WIB
txtdari @cIobazam

@funoo @DionMulya Ada namanya triase sayang, pasien gawat darurat ya jadi prioritas ditangani terlebih dahulu daripada pasien yg cuma perlu bersihin luka dan suntik vaksin. POVnya Dion emng bikin terlihat ngga profesional nakes di RS tsb, tapi lihat dulu juga kondisi IGDnya gmn, kalo lg rame ya..

03/09/2019 09:51:06 WIB
txtdari @cIobazam

@funoo @DionMulya ..pasien yg datang dengan keluhan kaya masnya, ya monmap harus jadi prioritas ke sekian. Lagian seumur² gw di ugd juga ya emang tugas pasiennya untuk beli ini itu sendiri mondar mandir, karena pekerja RS juga ga cuma ngurusin pasien aja mereka juga punya pogja yg hrs dikerjain.

03/09/2019 09:53:41 WIB
txtdari @cIobazam

@funoo @DionMulya Belum lagi RS yg kerjasama BPJS, harus menuhin status, isi list ini itu, harus muter otak buat isi diagnosis yg tepat biar dapet klaim, pasien juga kan ga cuma satu ya.. Gatau ah, tau apa aku soal..

03/09/2019 09:55:15 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Agree kak. Sy jg petugas medis yg ada di bag IGD. Org2 gatau prioritas pelayanan pasien di igd. Ada triasem dri line biru sampe ijo. Dan mmg ga semua petugas yg kerjain. Cth simple kalau mau daftar pasien, anter blanko darah misalnya utk crossmatch, ambil obat apotek kalo status-

03/09/2019 14:33:30 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya -nya bakal jd pasien rawat jalan, ya pasiennya/keluarga yg akan ambil obat sendiri di apotek. Petugas jg memberi instruksi sesuai keadaan umum pasien. Kalo kamu masih compos mentis, vital sign stabil, masih bisa bergerak normal, ofc kamu bukan jd kategori ter gawat. Ya sebaliknya

03/09/2019 14:35:18 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Kalo kamu pasien dgn kondisi buruk, lemas, gabisa jalan, perlunya tirah baring, ofc keluargamu yg bakalan jd perpanjangan tanganmu utk kesana kemari. Bukan krn petugas nya malas atau ga sopan, tapi krn mmg behitulah prosedurnya. Silahkan survey sendiri ke segala rs di indo. Sila

03/09/2019 14:36:38 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Silahkan coba jadi pasien di segala rs. Kamu akan menghadapi hal yg serupa. Kalo kalian tdk dpt terima, ya sudah silahkan berobat ke luar indonesia. Tp kalau kondisi di indo adalah begini, jgn menyalahkan 1 pihak. Kaji dulu. Ini pesan khusus buat org2 yg hanya tau protes sebelum

03/09/2019 14:37:59 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Mencari fakta. Kalau kamu dtg dgn kondisi bisa jalan biasa, tdk ada pusing, tdk ada penurunan kesadaran, tdk ada yg aneh2, ya jelas, jelas saja kamu itu dilayani dengan situasi lbh santai. Masih syukur kamu tdk disuruh keluar dan pindah ke poli. Untungnya case kamu krn tergigit.

03/09/2019 14:39:27 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Kadang pasien akan merasa dewa sekali hrs dilayani dgn penuh penyembahan maybe yah. Kalau ndak, bakal komplain sejadi2nya. Sementara ps sndiri tdk tau prosedur yg ada spt apa. Org IGD jg ndak gila. Kalo pasien gawat, bahkan mrk akan sigap berdiri, ninggalin aktifitas, ninggalin

03/09/2019 14:40:49 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya ninggalin makan siang di ruang istirahat, ninggalin telpon dari keluarga, ninggalin rasa sakit di badan sendiri, demi nolong pasien2. Semua ditinggalin kalau pasien mmg sdh gawat. Kita jg punya otak. Pasien jg ada sistem sortir nya. Ya, triase itu semacam sortir pasien. Jd mohon

03/09/2019 14:42:23 WIB
Bomb 💜 ⁷ @runintheocean

@cIobazam @funoo @DionMulya Semoga para pengamat2 jgn hanya nggih nggih, nganggung2 ke 1 sisi. Buka mata, cari 2 sisi. Liat semua, pake kacamata, tajamin indera, perluas wawasan, perlebar kapasitas objektifitasmu.

03/09/2019 14:43:49 WIB
aglassesboy @aglassesboy

@runintheocean @cIobazam @funoo @DionMulya Malah kalo protap aslinya lbh sadis ya mas. Dpt pasien dgn kode merah prioritas 1, pasien dgn kode lain hrs ditinggal.

03/09/2019 15:18:04 WIB
Load Remaining (40)

Comment

budi santoso sukarsono @idubs_sukarsono 04/09/2019 15:42:27 WIB
Ugd dilawan... Wkwkwk. Ugd=unit gawat darurat. Triase itu yang buat ugd jalan, pasien gawat tertolong dan gak gawat ya nunggu.
0