"Perbedaan Pemikiran & Pemahaman Soal Optimalisasi BPJS Di DKI" by @Dayatia Vs @Awemany

BACA ~~> https://chirpstory.com/li/378814 Disclaimer: Isi & Tulisan Diluar Tanggung Jawab Peringkas & Foto Ringkasan Hanyalah Ilustrasi
0
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Buat Jakarta sebenarnya gampang tuk optimalisasi BPJS dan mensubsitusinya ke subsidi RSUD. Syaratnya 1. Jangan malas
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Gini, ternyata sekarang klaim asuransi mobil pun sudah dikaitkan sama pajak mobil. Artinya apa? Pemda sekarang giat sekali dgn urusan pajak kendaraan. Kenapa gak melakukan hal yg sama dgn iuran BPJS?
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Pemda DKI punya kebijakan semua yg jd warga DKI wajib punya BPJS. Yg gak daftar, dan tidak didaftarkan, dianggap PBI sama Pemda. Sehingga ada jutaan warga DKI yg PBi, yg iurannya dibayarin Pemda. Apakah mereka pantas jd PBI? Itu pertanyaannya. Problemnya Pemda DKI malas
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Kelihatannya baik. Tp gak benar dan sebenarnya alasannya malas saja. Punya uang kok, ngapain repot2
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Maksudnya gini, dari 3-4 juta orang DKI yg dianggap PBI kenapa gak disisir lebih lanjut apakah mereka pantas jd PBI atau tidak. Suruh mereka daftar bpjs. Toh 2019 harusnya wajib BPJS. Untungnya apa? Tarif PBI dibandingkan kelas 3 real pun lebih murah PBI
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Artinya potensi bayar BPJS warga DKI lebih besar daripada yg terbayar selama ini. Perangkat RT RW bisa dipakai tuk menyisir kemampuan warga. Banyak orang kaya gk bayar bpjs karena malas. Tp akhirnya Pemda DKI yg bayarin karena harus dibayarin. Kan subsidi gk tepat
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Dari harusnya mungkin bayar kelas 1, dibayarin PBI jadinya. Kan selisih yg diterima. Itu yg diharapkan BPJS tuk dibantuin Pemda2. Eh Pemdanya malas. Bayarin aja kelas 3 PBI, gk usah cari tahu kemampuan, yg penting coveran warga yg punya bpjs 100%. Dapat penghargaan deh
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Tp akhirnya apa? Pemda DKI gk bs anggarin tuk bantuin RS2 seperti RSUD ketika pembayaran BPJS macet. Nyalahin BPJS dah.
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Gua belajar, kalau kaya raya gk perlulah nyalahin sekitar. Usaha dikit, rugi dikit juga fine. Yoh yg dibantu negara hehehhehe
Tokugawa Ieyasu @dayatia
RT RW bisa dimanfaatkan. Urus surat2 bisa ditanyain bpjsnya. Bayar Listrik bisa disatukan dgn urusan bpjs nya. Duit sisa dari gak bayarin iuran bpjs oramg kaya bisa bikin yg lain. Misal saluran air bersih ke daerah2 di utara
Bitte langsam, Awe! @awemany
Thread ini bagus. Tapi apa urusannya pemda/pemprov soal collecting iuran BPJS? Apakah itu memang kewajiban pemda/pemprov? Lalu bayarin gaji orang" BPJS itu buat apa? twitter.com/dayatia/status…
Elisa @elisa_jkt
@dayatia Yang malas itu BPJS atau pemda nya sih? 😅
Tokugawa Ieyasu @dayatia
Karena PBI itu yg bayarin DKI Orang2 yg gak peduli soal iuran walau tujuh turunan kaya gak daftar. Ini yg harusnya dikejar sama pemda tuk jgn dibayarin lg sama pemda. Kenapa bkn oramg bpjsnya? Krena yg bayarin pemda. Pemda dikejar target 100% twitter.com/awemany/status…
Tokugawa Ieyasu @dayatia
@Reza_M67M @elisa_jkt Pemdanya hahaha. Bpjs mah pakai UU malasnya hahaha
Elisa @elisa_jkt
@dayatia @Reza_M67M Jadi 500an pemda malas semua dong. 🤣🤣🤣
Bitte langsam, Awe! @awemany
@dayatia Ngga ngerti gue. Pemprov DKI itu punya data penduduk Jakarta yang miskin. Kenapa dia ngga cuma bayarin PBI untuk mereka saja? Target 100% itu untuk orang yg miskin atau seluruh penduduk Jakarta? Siapa yg mentargetkan?
Tokugawa Ieyasu @dayatia
@awemany Nah itu. Kenapa gk kerja lebih keras Yg mentargetkan UU BPJS.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@dayatia UU BPJS bilang apa? 100% penduduk miskin atau 100% penduduk Indonesia? Kerja keras buat apa? Menyempurnakan data penduduk miskin? Atau menyuruh/ maksa" yg ngga miskin buat ikut BPJS?
Tokugawa Ieyasu @dayatia
@awemany 100% indonesia. Coba dibaca lg threadnya
dr. Berlian I. Idris @berlianidris
@elisa_jkt @dayatia @Reza_M67M Iya bener. Sy curiga, selain males, ini juga buat pencitraan, biasanya menjelang pilkada didaftarinnya. Di BSD, Tangsel, banyak orang kaya pake BPJS kelas 3 PBI APBD, Penerima Bantuan Iuran yg dibayarin APBD.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@dayatia Di pasal berapa, UU yg mana? Ditargetkan untuk pemprov atau BPJS?
dr. Berlian I. Idris @berlianidris
@elisa_jkt @dayatia @Reza_M67M Dgn catatan, hny Pemda yg APBD nya besar, alias kaya, aja yg sanggup
Load Remaining (40)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.