3
Adele ✨ @caramwelfloatt
💡Bagaimana Mengajarkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini? 💡 -A thread.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 2- 3 tahun Pada usia ini, kosa kata anak mulai bertambah. Anak-anak mulai menirukan kata-kata yang ia dengar dari orang-orang di sekitarnya. Dia mulai memahami bahwa setiap wujud benda pasti memiliki ‘nama/sebutan’.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Orangtua sebaiknya memberi nama yang tepat pada bagian2 tubuh privasi, sepeti 'penis’ dan ‘vagina’, bukan 'titit', dkk. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak bingung dan salah persepsi, dan mengajarkan pada anak bahwa alat kelamin bukan untuk diejek atau dipermainkan.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 3-4 tahun Pada usia ini anak mulai bertanya “ Kok punya aku beda ama punya kakak?”, “ Kok bisa ada adik bayi?”. Berikan penjelasan dengan ‘bahasa anak’, bukan dengan bahasa yang rumit,
Adele ✨ @caramwelfloatt
misalnya : “Adik bayi itu dari rahim yang ada di dalam perut mama, awalnya kecil sekali lalu lama-lama menjadi besar dan siap untuk keluar ke dunia ini”.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 5-6 tahun Pada usia ini anak sudah mulai bisa diberikan penjelasan yang lebih kompleks misalnya dengan menyebutkan tentang bagian rahim seorang wanita. Penjelasan bisa dilakukan dengan menunjukkan sebuah gambar.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Orangtua bsa mengatakan “ Di dlam perut mama itu seperti ini keadaannya, ini namanya rahim, ini namanya indung telur, adik bayi nanti bobo di sini selama 9bulan”. Jika ditanya lbih detail,"ada sel kecil dalam tubuh ayah bernama sperma, bergabung bersama sel kecil ibu, sel telur."
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 6-7 tahun Pada usia ini kita mulai mengenalkan tentang hubungan antara laki-laki dan wanita, tentang konsep pernikahan, konsep keluarga, misalnya “ Papa dan mama harus menikah dulu baru boleh punya adik bayi”, mungkin bisa dikaitkan dengan konsep agama.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Mulai dijelaskan pula konsep dari hubungan kelamin. "Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan seperti pasangan puzzle yang melengkapi satu sama lain. Ketika penis dan vagina menyatu, sperma yang bentuknya seperti kecebong, berenang keluar dari penis dan bertemu dengan telur."
Adele ✨ @caramwelfloatt
Ketika ditanya kenapa manusia melakukan hub. seks, "Seks adl salah satu cara sepasang manusia menunjukkan rasa cinta mereka". Anak-anak juga selalu diingatkan untuk menjaga miliknya, “Tidak boleh ada yang memegang kamu dari bagian leher ke bawah selain mama atau papa”.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 8-9 tahun Pada usia ini biasanya anak-anak sudah mulai mendengar tentang hal-hal seksual dari teman-temannya. Agar tetap terpantau, orangtua harus selalu menjaga kedekatan emosional dengan anak sehingga anak mau selalu terbuka.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Katakan pada anak jika ingin mengetahui segala hal tentang seksual, anak bisa bertanya pada orangtuanya. Pada masa ini, orangtua sudah mulai harus menjelaskan dengan lebih detail tentang hubungan antara pria dan wanita, misalnya -
Adele ✨ @caramwelfloatt
tentang bertemunya sel sperma dan sel telur, tentang penyakit seksual, tentang pelecehan seksual, termasuk tentang pemerkosaan. Katakan bahwa pemerkosaan adalah ketika seseorang memaksa orang lain untuk melakukan hubungan seks, dan itu salah.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 9-11 tahun Pada usia ini anak mulai masuk ke masa pubertas. Perubahan pada tubuh mulai dirasakan oleh anak seperti tumbuh jakun, payudara, rambut , dan lainnya. Orangtua mulai bisa menjelaskan tentang menstruasi pada anak perempuan atau mimpi basah pada anak laki-laki..
Adele ✨ @caramwelfloatt
Juga tentang ejakulasi dan masturbasi. Setiap perubahan yang dirasakan oleh anak sebaiknya selalu didiskusikan bersama sehingga anak tidak mencari tahu dari media atau orang lain. Konsep pacaran juga sudah mulai diberikan pemahaman pada anak.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Usia 12 tahun+ Pada usia ini anak sudah mulai paham tentang interaksi antara lawan jenis&ada beberapa dari anak2 yg sudah mulai berpacaran. Tentunya kontrol orangtua harus semakin ketat. Orang tua harus memeriksa apa saja yg mungkin didengar anak dari org lain berkaitan dg seks.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Orangtua bisa membenarkan informasi yang salah dan memberi pemahaman yang benar. Orang tua juga harus selalu mengingatkan bahwa “tidak boleh menyentuh bagian tubuh orang lain”, “harus menghargai orang lain”, “tidak boleh memaksa”, dan lain sebagainya.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Lakukan pendekatan pada anak dengan lembut, tanpa kekerasan, karena semakin kita keras pada anak, mereka akan semakin membangkang dan akan sengaja melakukan hal-hal yang dilarang.
Adele ✨ @caramwelfloatt
Terakhir, Ingatkan selalu anak-anak untuk : ~ Mengganti pakaian dalam dua kali sehari ~ Menjaga kebersihan alat kelamin, yakni mencucinya setiap selesai buang air kecil ~ Harus meminta ijin saat masuk kamar orang
Adele ✨ @caramwelfloatt
~ Jika memiliki masalah pada wajah sebaiknya pergi ke dokter kulit, tidak memakai obat sembarangan ~ Sebaiknya tidak memakai pakaian yang terlalu ketat ~ Rajin menggunting kuku ~ Menggunakan bra bagi remaja wanita
Adele ✨ @caramwelfloatt
~ Memakai pakaian yang sopan ~ Tidak pergi berduaan dengan teman lawan jenis ~ Selalu terbuka pada orangtua
Adele ✨ @caramwelfloatt
Sumber: -sayangianak.com/ini-cara-membe… - "Talking to Kids About Sex" Paranting Magazine -@.maryam.qonita instagram story
Adele ✨ @caramwelfloatt
Im not an expert tho, let's discuss here if you have any correction or want to add something!✨
anggun @capsasunset
@caramwelfloatt kak disitukan tertulis tidak ada yang boleh memegang kamu selain mama atau papa di usia 6-7 thn. nah misalkan ternyata pelaku kekerasan seksual itu dari orang tua sendiri bagaimana? apakah harus diajarkan sebelum usia 6-7?
feMz @NonaNinja
@capsasunset @caramwelfloatt Ada video @UNICEFIndonesia ttg perlindungan anak. Geni youtu.be/oqNyOoX-4e4 Aksa youtu.be/5eM1U6PXyZk Anak bisa diedukasi ttg bagian tubuh mana saja yg tdk boleh dipegang termasuk oleh ortu. Karena pelaku kekerasan seksual biasanya justru org dekat/dikenal.
Expand pic
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.