1
lia✨ @criminalslaw
Guys, kalian tau ga penipuan melalui telfon yang mana mereka bakal pura pura jadi kenalan kita? Mereka biasanya nyuruh kita nebak nama mereka, sampe kita nyebut "satu nama kenalan" kita dan mereka bakal "iyain". Aku pgn share ceritanya kalo kalian ada yg blm tau.
lia✨ @criminalslaw
Baikla aku ceritain ya, biar jd pembelajaran juga buat kita semua. Jadi, 2 bulan yg lalu aku ditelfon sama nomor yg ga dikenal. Aku emg mau ngangkat nomor baru karna takutnya penting atau gimana. Ini nomor penipunya dan waktu kejadiannya. pic.twitter.com/pHhcFnzhAp
Expand pic
Expand pic
lia✨ @criminalslaw
Biasanya kalo kita ditelfon sama nomor baru pasti kita nanya dong dia siapa. Apalagi suaranya baru kali ini aku denger. Dari suaranya kelihatan bgt kalo umurnya udh dewasa, suaranya berat dan ada khas jawanya (kaya mendok gitu). Aku mikirnya, pasti nih org salah sambung.
lia✨ @criminalslaw
Karna, aku ga punya temen atau kenalan yg suaranya ada logat jawanya. Percakapan kami kira2 gini, 👩 : yaa halo 👨 : haloo 👩 : kalo bole tau, ini siapa ya? 👨 : loh masa adek ga inget sama suaraku 👩 : hah? emg ini siapa 👨 : coba inget2 lagi dek
lia✨ @criminalslaw
👩 : g inget siapa. emg ini siapa? *aku males mikir disini wwkwk* 👨 : diinget2 lagi coba ini suara siapa dek, masa adek bisa lupa Karna dia bilang gitu, aku jd coba inget2 lagi, kali aja temen lamaku yg nelfon. Trus aku tanya, 👩 : emg situ kenal sama saya?
lia✨ @criminalslaw
👨 : ya kenal lah, kalo ga kenal ga mungkin abg telfon adek. PLIS DISINI AKU MULAI JIJI SAMA CARA NGOMONGNYA "ADEK-ABG"😭
lia✨ @criminalslaw
Anehnya, waktu aku suruh nebak namaku siapa, dia gamau jawab (YAIYALAH DIA GA KENAL W). Dan dia terus desak aku buat nebak dia siapa, dalam artian, aku disuruh nyebut 1 nama kenalanku, ntah itu temen atau sodara atau siapapun itu. Aku mulai curiga deh, jgn2 ini penipuan.
lia✨ @criminalslaw
Aku pancing, 👩 : situ temen lamaku? 👨 : iyaa, kan dulu kita sering telfonan dek, masa adek g inget sih. Mulai g bener nih. Aku cek nomornya, eh ternyata dia nelfon ke sim 1. Padahal sim 1 ku itu nomor paketan, baru beli 3 bulan yg lalu dan yg tau cuma mama dan kakakku.
lia✨ @criminalslaw
Akhirnya aku tanya sekali lg, aku siapa dan dia blg, "yauda kalo ga percaya sama abg ya gpp. terserah adek aja" Aku bls "yauda". Aku matiin telfonnya. Abis itu, aku lupa kejadiannya, karna aku juga gaada diapa2in kan ya. Dan ternyataaaaa, tetangga aku digituin juga.
lia✨ @criminalslaw
Parahnya dia emg bener2 terhipnotis sama si pelakunya. Cara mainnya sama persis, bedanya, aku sampe akhir gaada nebak dia siapa tp tetangga aku malah kasih satu nama, katanya suaranya hampir mirip sama yg dia sebutin itu.
lia✨ @criminalslaw
Jadi, katanya si pelaku ini bilang dia lagi dapet koper isinya duit, nah isi koper ini bakal dibagi 2 tp isiin dulu pulsanya. Trus waktu pelakunya bilang "tau kan aku siapa?", tetanggaku langsung bilang nama salah satu sodaranya "kamu *** kan?", langsung diiyain dah.
lia✨ @criminalslaw
Abis nyebutin nama itu, dia ngerasa udh kena hipnotis. Disuruh ke tempat isi pulsa terdekat, sepanjang jalan telfonnya g boleh dimatiin, jd harus kesambung terus. Dia jalan ke tempat isi pulsa, isiin pulsa sesuai yg diminta pelaku. Abis itu dimatiin telfonnya, barula dia sadar.
lia✨ @criminalslaw
Ada lagi yg ketipu, ibu2, dia ditelfon sama nomor baru, nangis2 yg nelfon. Panggil "mama" dia panik dong, ngira itu anaknya. Udah nangis dianya, katanya "anaknya" diculik, yg nyulik minta duit untuk tebusannya. Disuruh isi pulsa sejutaan. Kebetulan, anaknya pulang telat.
lia✨ @criminalslaw
Pdhl biasanya anaknya g pernah pulang telat. Trus mamanya ngeyakinin, "ini theokan?" (nama samaran) "iya maa" (sambil nangis) Bentar ya biar mama transfer pulsanya. Udah panik si mamanya. Tau2 waktu keluar rumah, anaknya pulang. Mamanya langsung nangis sambil meluk.
lia✨ @criminalslaw
Masih banyak deket rumahku yg ketipu, tapi 2 ini yg aku denger ceritanya dari orangnya langsung. Sekarang aku mau ceritain "penipuan" ini dari sisi "tukang pulsanya". Jadi, deket rumahku ada 1 konter pulsa. Anak2 sini biasanya isi pulsa kesitu karna deket dan udah pada kenal.
lia✨ @criminalslaw
Dia cerita, kalo HAMPIR tiap hari ada yang dateng ke tempatnya buat isi pulsa dan orang2 itu yg kena tipu alias udah kena hipnotis. Fyi, aku gatau cara kerja "hipnotis" itu sebenernya gimana. Ada yg bilang kalo kita ajak ngobrol udh bisa sadar
lia✨ @criminalslaw
Tapi ada juga yg blg, sadarnya kalo hubungan kita terputus sama yg hipnotis. Makanya itu, sambungan telfonnya g mau diputus.
lia✨ @criminalslaw
Nah, si tukang pulsa cerita, sampe pernah ada anak smp udh hampir ketipu juga. Ceritanya, jadi anak smp ini mainin hp mamanya, trus ditelfon sama si penipu ini, ya mungkin dianya masih polos juga, jd gampang buat dialusin. Disuruhlah isi pulsa seratus ribu dan dia nyuri-
lia✨ @criminalslaw
duit mamanya buat isi pulsa si penipu itu. Kaka penjaga konternya ini baik, jd waktu ngeliat adek ini udh kaya sadar g sadar gitu, dia tau kalo adeknya ini pasti ditipu. Si kakak gamau isi pulsanya, karna gatega gitu. Kakak ini nyuruh adeknya pulang aja, adeknya gamau.
lia✨ @criminalslaw
Si adek maksa harus diisi pulsanya. Trus kakaknya minta hp yg lg telfonan sama penipu, tp ga dikasihin. Setelah perdebatan yg cukup alot. Akhirnya si adek mau ngasih hpnya, dimatiin barulah dia sadar dan nangis di situ.
lia✨ @criminalslaw
Masih banyak lg ceritanya dan semuanya hampir mirip modusnya, ditelfon, disuruh tebak nama, disuruh isi pulsa (telfonnya g boleh dimatiin), abis isi pulsa barulah dimatiin sambungannya dan orgnya sadar kalo dia abis kena tipu. Ada yg kena ratusan atau puluhan ribu.
lia✨ @criminalslaw
INTINYA, buat temen2 yg baca, kalo kalian ditelfon sama nomor baru dan yg nelfon itu gamau sebutin identitasnya malah nyuruh NEBAK dia siapa. Gausa diladenin. Matiin aja telfonnya. Mau dia bilang, dia di kantor polisi, lg kecelakaan atau nemu koper isi duit. JANGAN PERCAYA
lia✨ @criminalslaw
Ok? Stay safe buat kita semuaa! Oiya, yang pernah ketipu dengan modus yg sama boleh cerita di kolom komen ya, biar aku drop ceritanya ke thread ini, thank u!❤
lia✨ @criminalslaw
Tambahan, ini info dari tukang pulsanya sih. Dia bilang, penipu2 itu biasanya orang orang dari penjara/lapas. Dia nipu buat dapet duit. Nanti pulsa2 hasil nipu bakal dijual lg ke konter pulsa, dijual dgn harga miring (karna g pake banyak modal).
lia✨ @criminalslaw
Waktu dia blg gitu, aku jd serem sendiri ngebayangin kalo waktu itu aku lg telfonan sama orang di lapas :"
Load Remaining (21)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.