4
Mazzini @mazzini_giusepe
Kesepakatan Rahasia Hancurkan Hutan Papua Thread ini saya salin ke twitter atas izin Philip Jacobson dari Mongabay minggu lalu, bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa masalah deforestasi di Papua belum selesai, masih bermasalah dan merugikan penduduk di wilayah tersebut. pic.twitter.com/1T8H8BeDMc
Expand pic
Mazzini @mazzini_giusepe
Sedangkan mengenai sumber thread ini sepenuhnya diambil dari rangkaian investigasi Mongabay & The Gecko Project yang didirikan oleh Earthsight, Tempo & Malaysiakini. Selama 2 tahun tim ini melakukan investigasi mengenai potret buram deforestasi & krisis agraria di Indonesia.
Mazzini @mazzini_giusepe
1. Proyek Tanah Merah di Papua adalah proyek raksasa dengan berbagai teka-teki terhadap pembangunan perkebunan sawit berskala besar di Papua. Para pemegang saham proyek ini kebanyakan hanyalah kedok. Mereka bagai boneka.
Mazzini @mazzini_giusepe
2. Perusahaan-perusahaan itu pun layaknya tameng yang menyembunyikan aktor sebenarnya yang mendapat manfaat dari proyek itu. Hutan ini rumah bagi Suku Auyu, masyarakat adat di Papua. pic.twitter.com/fdU4RcyYiE
Expand pic
Mazzini @mazzini_giusepe
3. Penduduk sekitar proyek takut, khawatir, resah dan alami intimidasi atas kehadiran aparat. Mereka pun tak mendapatkan kesempatan menyampaikan pendapat atau pandangan soal proyek ini. Bahkan, seorang warga dipukuli sampai tewas oleh aparat saat membahas proyek ini.
Mazzini @mazzini_giusepe
4. Pada Desember 2012 di sebuah konferensi pers forum bisnis Islam di Malaysia, seorang bernama Chairul Anhar membuat pernyataan yang berani, ia mengungkapkan bahwa perusahaannya telah memegang izin terhadap empat ribu kilometer persegi tanah untuk perkebunan sawit di Indonesia.
Mazzini @mazzini_giusepe
5. Jika klaim itu benar, maka Chairul menjadi pemilik tanah terluas di negeri ini. Luasannya mencapai enam kali Provinsi DKI Jakarta dan lokasinya terletak di pulau raksasa yang membuat silau mata para investor dunia, yaitu Pulau Papua. Foto Chairul Anhar pic.twitter.com/CdHvZrUgNM
Expand pic
Mazzini @mazzini_giusepe
6. Di sanalah terdapat tambang emas terbesar di dunia, cadangan minyak dan gas yang melimpah, serta kawasan hutan yang terluas di kawasan Asia-Pasifik. Bagi perusahaan pembalakan kayu yang telah menebangi hutan di Asia Tenggara, Papua adalah sasaran terakhir yang tersisa.
Mazzini @mazzini_giusepe
7. Saat 2012, Chairul Anhar adalah pria berusia pertengahan 40-an. Chairul menampilkan diri selayaknya seorang investor yang sudah menggenggam Papua. Lantas, ia mengaku juga sebagai presiden, CEO, dan pemilik konglomerat bernama Menara Group.
Mazzini @mazzini_giusepe
8. Pria yang biasa berpergian dengan mengendarai mobil mewah Bentley dan jet pribadi ini adalah pengusaha berdarah Minang, ia mengklaim bahwa dirinya punya relasi dekat dengan berbagai elit politik di Indonesia dan Malaysia.
Mazzini @mazzini_giusepe
9. Proyek Tanah Merah menjadi dasar klaim Chairul Anhar. Proyek itu tak lain adalah suatu rencana untuk mengeruk uang miliaran dolar AS dari pembabatan hutan yang selama ini tak tersentuh.
Mazzini @mazzini_giusepe
10. Hutan tersebut merupakan rumah bagi Suku Auyu sebagai masyarakat adat setempat sekaligus harta karun berupa keanekaragaman hayati yang tak ternilai. Penebangan hutan dimaksudkan untuk menjadikannya perkebunan sawit.
Mazzini @mazzini_giusepe
11. Jika kawasan itu benar-benar akan dikembangkan seluruhnya, maka di sanalah kita akan menemukan satu-satunya perkebunan sawit terbesar di Indonesia. Namun, bisnis & hubungan Chairul dengan proyek tersebut tidak semulus yang ia sampaikan. Alurnya bagai benang kusut.
Mazzini @mazzini_giusepe
12. Izin kawasan di Provinsi Papua telah diperoleh melalui shell company, yaitu badan usaha yang tidak memiliki operasi bisnis, aset yang signifikan, maupun rekam jejak terhadap bisnis hutan dan perkebunan sawit. pic.twitter.com/LOZ6p1DX6z
Expand pic
Mazzini @mazzini_giusepe
13. Para pemegang saham kebanyakan hanyalah kedok, mereka bagai boneka yang dikendalikan dengan tali & perusahaan itu pun layaknya tameng yang menyembunyikan aktor sebenarnya yang mendapat manfaat dari proyek itu.
Mazzini @mazzini_giusepe
14. Pada akhir 2012, sebagian besar saham di sejumlah perusahaan Shell telah dijual ke perusahaan lain yang beralamat di Timur Tengah dan Singapura. Transaksi penjualan itu telah menyalurkan uang senilai AS$ 80 juta ke jaringan para pemegang saham yang terhubung dengan Chairul.
Mazzini @mazzini_giusepe
15. Penjualan saham ini menyeret berbagai aktor baru ke dalam proyek, di antaranya mantan Kapolri, sebuah keluarga dari Yaman yang kaya raya, perusahaan pembalakan kayu asal Sarawak (Malaysia), dan konglomerat yang terjerat skandal korupsi besar di Malaysia.
Mazzini @mazzini_giusepe
16. Ancaman terhadap pemusnahan hutan melalui Proyek Tanah Merah amatlah nyata. Salah satu penyebab utama dari deforestasi tersebut adalah pertumbuhan perkebunan berskala industri yang kian brutal membabat hutan sejak awal tahun 2000-an.
Mazzini @mazzini_giusepe
17. Keberadaan perkebunan itulah yang membuat Indonesia menyandang gelar sebagai produsen utama di dunia untuk minyak sawit. Situasi itu pun ikut memicu krisis lingkungan karena cadangan karbon dari pohon-pohon yang hilang akibat deforestasi akhirnya terlepas ke atmosfer.
Mazzini @mazzini_giusepe
18. Besarnya volume emisi gas rumah kaca yang bersumber dari hutan di Indonesia merupakan persoalan yang menjadi perhatian global. Sejak 2015, Presiden Joko Widodo telah mencoba untuk memperbaiki tata kelola industri perkebunan sawit.
Mazzini @mazzini_giusepe
19. Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan larangan sementara terhadap izin baru untuk perkebunan sawit (moratorium sawit) melalui Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) No. 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit.
Mazzini @mazzini_giusepe
20. Meski hanya baru sebagian kecil dari Proyek Tanah Merah yang telah dikembangkan, namun izin konsesi dikeluarkan sebelum pelarangan mulai berlaku. Penghancuran hutan pun terus berlanjut.
Mazzini @mazzini_giusepe
21. Saat ini, kawasan yang mencakup wilayah seluas kurang lebih 65 kilometer persegi atau sekitar satu setengah kali Kota Jogjakarta tersebut sudah dibabat untuk Proyek Tanah Merah. Itu hanya sebagian kecil dari total wilayah proyek.
Mazzini @mazzini_giusepe
22. Jika buldoser terus bergerak dan menjangkau sisa lahan lain sesuai rencana, maka jumlah emisi karbon yang dikeluarkan akan lebih besar ketimbang pembakaran bahan bakar fosil yang diproduksi setiap tahunnya oleh sebuah negara kecil, namun maju, seperti Belgia.
Load Remaining (237)

Comment

aji sudarmawan @aji_sudarmawan 29/08/2019 08:52:55 WIB
sebenarnya untuk menyerang india dan negara arab ... coba perhatikan setiap jengkal peta pembabatan hutan papua ..maka suhu india dan arab naik drastis kek dipanggang
aji sudarmawan @aji_sudarmawan 29/08/2019 08:53:00 WIB
.. setelah dibantai india arab terjadi perubahan derajat bola bumi maka india dan arab menjadi dingin kembali .. tanyakan ke NASA
aji sudarmawan @aji_sudarmawan 29/08/2019 08:54:41 WIB
cara membantai india dan arab ya begitu caranya..tidak terdeteksi elu babat saja hutan papua dan kalimantan ..maka india dan arab musnah
aji sudarmawan @aji_sudarmawan 29/08/2019 08:55:52 WIB
setelah beberapa abad terjadi pola perubahan perputaran bumi barulah india dan arab menjadi dingin kembali kek hutan.. silahkan tanyakan ke NASA
Login and hide ads.
Login and hide ads.