3

Pernyataan sejarawan asal Betawi yakni Ridwan Saidi yang menyebutkan kerajaan Sriwijaya adalah fiktif viral di media sosial.

Video pernyataan itu viral setelah diunggah di kanal YouTube Macan Idealis.

Dalam video yang diunggah pada 23 Agustus 2019 tersebut, Ridwan Saidi secara tegas menyebutkan jika kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan fiktif.

#NO2ISIS @TolakBigotRI
Ridwan Saidi: Kerajaayan Sriwijaya itu Fiktif dan hanya Dongeng. Heran saja masih ada yang menganggap orang ini sebagai sejarawan dan budayawan. Ujung-ujungnya Yahudi deh. LOL! 🤣🤣🤣😂😂😂 pic.twitter.com/ziHjjydrX7

Yayasan Kebudayaan Tandipulau bakal melaporkan budayawan Betawi Ridwan Saidi dan akun kanal Youtube Macan Idealis atas unggahan video yang memuat pernyataan bahwa Kerajaan Sriwijaya adalah fiktif dan merupakan kelompok bajak laut.

Ketua Yayasan Tandipulau Erwan Suryanegara mengatakan sejarah dan bukti keberadaan Kerayaan Sriwijaya sudah dikaji baik secara lokal, nasional, maupun masyarakat internasional. Bukti artefaktual arkeologis berupa arca, prasasti, serta candi pun sudah membuktikan adanya kerajaan tersebut.

david lazy_writer @tayomaru
@TolakBigotRI Waduh... Pendiri demak ternyata Yahudi. Wah... Harus usul revisi buku sejarah. Tp orang palembang gak marah tuh, Sriwijaya disebut pangkalan bajak laut? 😅
Miftahul Rizqi @mift_rizqi
@tayomaru @TolakBigotRI Gimana mau marah, di Palembang aja gaada laut🤣
Boso Mae @boso_mae
@Annisa_Yacob @mpok__minah @ayayunii_ @alvaro3__lee @beltrifosa @MARQUEZ59454550 @nagamerahbiru @Delpiero_2006 @e Padahal banyak Prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sumatera dan LN akui Tapi Budayawan Klasik Di Indonesia malah bilang Fiktif...🤦‍♂️
v_for_violet @hoki_hilda
@TolakBigotRI Rip jurusan sejarah dan arkeologi di seluruh kampus yg ngajarin adanya Kerajaan Sriwijaya 😇
andriikhwantqn @andrihasmansyah
@habibthink @WahabisLokal Ada sebuah pertanyaan yang sangat mengganjal bagi saya adalah, Raden Patah adalah seorang Yahudi. Sepemahaman saya Beliau keturunan Cina dan Muslim.

Netizen pun membantah pernyataan Ridwan Saidi dengan bukti-bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Historia @historia_id
Prasasti batu bundar berusia lebih dari satu milenium dari Kerajaan Sriwijaya ini baru terbaca di awal abad ke-20. historia.id/kuno/articles/…
URL Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia 3330 Inilah Akta Kelahiran Sriwijaya Prasasti batu bundar berusia lebih dari satu milenium dari salahsatu kerajaan maritim terbesar ini baru terbaca di awal abad ke-20.
jerome999🇮🇩🇸🇾🇷🇺🇰🇵🇮🇷 @InfidelsJerome
@kompascom candi muara takus, yg fisiknya masih ada adalah candi buddha dan masih di pakai smpai sekarang adalah peninggalan kerajaan buddha sriwijaya.
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
Kesultanan Palembang Ada dithn seribu enam ratusan sementara Kerajaan Sriwijaya Itu Dibawah Tahun sembilan ratusan...kasihan kakek kita ini sdh salah ngotot lagi parah nya ngotot ke anak muda yg juga salah arah Pengetahuan nya.. pic.twitter.com/0ltapmR4nt
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
I-Tsing Mencatat Letak Ibu Kota Sriwijaya. Biksu Tiongkok ini memberi petunjuk di mana letak ibu kota Sriwijaya yang menjadi perdebatan. Coba Bung @vasco_ruseimy baca buku I Tsing Ini...
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
Saat ini letak Kakek Ridwan Saidi blg Fiktif. pusat Kedatuan Sriwijaya masih menjadi persoalan.kemungkinan juga ibu kota Sriwijaya di masa itu berpindah pindah... Sarjana Belanda, J.L. Moens menduga Sriwijaya berpusat di Kedah dan pindah ke Muara Takus Jambi dan Palembang.
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
Berdasarkan prasasti-prasasti Sriwijaya yang ditemukan di Palembang, diduga lokasi kota Sriwijaya adalah Palembang. Prasasti Kedukan Bukit misalnya, yang tertanggal 16 Juni 682 M menandai dibangunnya sebuah perkampungan.
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
Prasasti Talang Tuo, tertanggal 23 Maret 684 M,tanda dibangunnya Taman Sri Ksetra. Prasasti Telaga Batu tanda pejabat2 yang disumpah. Semuanya ditemukan di Palembang, merupakan suatu bukti bahwa Palembang merupakan Kota Sriwijaya..Jadi Klu dibilang Fiktif Otak nya yg fiktif.
Ary Prasetyo @Aryprasetyo85
13 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambarnya (#Lengkap) Prasasti Kota Kapur yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini ditemukan di Pulau Bangka bagian Barat yang ditulis dengan memakai bahasa Melayu Kuno serta aksara Pallawa.  sejarahlengkap.com/indonesia/kera… pic.twitter.com/FBTGsSJ1hj
Expand pic
URL Sejarah Lengkap 45 13 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambarnya (#Lengkap) - Sejarah Lengkap 13 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambarnya (#Lengkap) yang membuktikan bahwa adanya kerajaan di sumatera dan harus dilestarikan.
Ary Prasetyo @Aryprasetyo85
16+ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Gambarnya (Candi, Prasasti, dll) Nah di bawah ini akan dijelaskan mengenai situs sejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya,baik berupa candi,gapura,prasasti,arca dan situs arkeologi lain dalam sejarah Kerajaan Sriwijaya zonareferensi.com/peninggalan-ke… pic.twitter.com/W3Xmy8htxa
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
URL ZonaReferensi.com 90 16+ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Gambarnya (Candi, Prasasti, dll) 16+ peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan gambarnya berupa candi, prasasti, gapura dan situs arkeologi bersejarah lain di Palembang dan wilayah pulau Sumatera.
Ari Murtono @RealForJKW
@Aryprasetyo85 @Di_ajen9 @My_LoveNebe @RinjaniJB @7intaPutih @Airin_NZ @DjanChoek Kerajaan Sriwijaya mrpkn kerajaan Budha yg berdiri pd abad ke-7 dibuktikan dg adanya prasasti kedukan Bukit di Palembang (682). Sriwijaya mnjd salah satu kerajaan yg kuat di Sumatera.
Ari Murtono @RealForJKW
@Aryprasetyo85 @Di_ajen9 @My_LoveNebe @RinjaniJB @7intaPutih @Airin_NZ @DjanChoek Nama Sriwijaya berasal dr bahasa Sanskerta yaitu "Sri" yang artinya bercahaya dan "Wijaya" berarti kemenangan sehingga dapat diartikan dengan kemenangan yang bercahaya atau gemilang.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.