0
Ariel Heryanto @ariel_heryanto
20 tahun lalu Ramos Horta ditanya wartawan: "bagaimana Anda bisa membina semangat tempur para pejuang kemerdekaan Timor yang tersebar di hutan2 pedalaman?" Jawab Ramos: "Ah tidak perlu saya atau orang lain. Kegiatan TNI yang telah berjasa melakukan itu".
febriana firdaus @febrofirdaus
Saya sangat kecewa, alih-alih mengandalkan jurnalisme, anda malah mengandalkan buzzer. Banyak wartw bekerja keras menginvestigasi ini. Mereka bahkan diintimidasi, doxing, ada @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Kami sendiri tidak tahu apakah kami bakal selamat meliput ini. twitter.com/addiems/status…
febriana firdaus @febrofirdaus
Kerja-kerja buzzer hanya akan membuat semua narasumber kami ketakutan, karena terus ada framing konspirasi. Mereka takut dituding berbohong. Alhasil mereka memilih diam. Suara mereka tidak terdengar. Ketika suaranya tenggelam, bagaimana kami bisa mengungkap kasus ini? Ayolah.
febriana firdaus @febrofirdaus
Satu lagi. Saksi-saksi di lapangan bukan hanya rentan dihilangkan suaranya karena wacana konspirasi dari buzzer. Mereka juga rentan 'dihilangkan' secara fisik. Saran saya, buzzer sebaiknya fokus ke penegakan hukum. Daripada ngarang bebas.
bayuagni @bayuagni_
@febrofirdaus @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Lagian tulisan macem gitu, asumsi doang isinya. Sampah, khas denny siregar

Tulisan Denny Siregar yang Dikritik dan Memberatkan Kerja Wartawan

Denny Siregar: Grand Design di Balik Rusuh Papua

Ada grand design yang sedang dikerjakan ketika terjadi kerusuhan di Papua Barat.

Tulisan opini Denny Siregar.

Saya sampai sekarang tidak percaya bahwa di balik sebuah kerusuhan, tidak ada penggeraknya.

Tidak mudah mengumpulkan massa begitu banyak jika tidak ada logistik besar di belakangnya. Isu yang dibangun boleh macam-macam, mau politik ataupun agama, ujung-ujungnya selalu kekuasaan yang berorientasi pada ekonomi dan penguasaan sumber daya alam.

Rusuhnya Suriah di Timur Tengah juga begitu. Kelompok negara besar gabungan antara blok barat dan beberapa negara Islam, sepakat untuk menguasai Suriah. Para CEO perusahaan besar, baik dari minyak maupun media, rapat bersama untuk mengaduk-aduk Suriah, karena negara itu sedang mengadakan perjanjian untuk membangun jalur pipa gas terbesar bersama Rusia dan China.

Lalu mereka mencari "akar masalah" konflik ditargetnya. Sesudah itu gelontoran uang diberikan untuk membangun kekuatan serta pembelian senjata untuk melakukan kudeta. Begitulah cara mereka membentuk ISIS inc yang punya aset Rp 20 triliun dari penjualan minyak dan artefak yang mereka rebut dengan menghabisi nyawa.

Pola-polanya selalu sama. Di Rwanda, Afrika, perseteruan suku Hutu dan suku Tutsi sejak jaman penjajahan diangkat kembali. Lalu dana mengalir dari Perancis untuk penguasaan wilayah. Dalam waktu sekian bulan saja, terbantai satu juta jiwa orang yang tidak berdosa.

Jadi ketika melihat rusuhnya Papua Barat saya sudah menduga ada grand design yang sedang dikerjakan di sana. Grand designnya adalah pemisahan diri Papua Barat dari Indonesia lewat referendum. Polanya sama, bikin keributan terus menerus, lalu lembaga internasional seperti PBB akan turun dan memaksa Indonesia melaksanakan referendum.

Kalau Papua Barat sudah terpisah dari Indonesia, sumber daya alamnya yang kaya akan dijadikan "bancakan" oleh perusahaan internasional. Selain itu, pangkalan militer pun akan dibangun di sana untuk lebih dekat memantau aktivitas Indonesia.

Rakyat Papua yang miskin tetap akan menjadi miskin seperti negara-negara konflik di Afrika. Karena kemiskinan dekat dengan kebodohan, maka itu akan terus dipelihara supaya perusahaan internasional itu bisa terus mengeruk kekayaan alamnya dengan harga murah. Disebut murah, karena yang mereka lakukan hanya "menyuap" para pejabat dan tokohnya saja.

Bagi Indonesia, jika Papua barat terpisah, maka disintegrasi akan semakin meluas. Aceh juga minta referendum, Bali pun begitu, dan kelak Indonesia bukan lagi berbentuk negara kesatuan, tetapi menjadi negara serikat atau bahkan lebih buruk menjadi kesultanan.

Itulah kenapa mempertahankan kesatuan menjadi begitu penting, apapun risikonya..

Cukup Timor Timur yang pisah. Daerah yang lain harus tetap bergandengan tangan bersama.

Seruput kopinya.

sumber: tagar.id

AKUN JASMEV KW SUPER!! @_RKBR_
@febrofirdaus @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Situ kan pendukung jokowi, kok malah kepanasan sih sma buzzer2nya jokowi hahahahaha
Kalis Mardiasih @mardiasih
@febrofirdaus Sing sehat yoooo! Gedang goreng klothok isih enak!
Hidan @hidahidaan
@addiems @Dennysiregar7 Pak Addie, saya yakin anda ini org terpandang yg memiliki kecerdasan dgn banyaknya prestasi di bidang musik, bukan politik. Denny kok dijadiin rujukan. Nalar kritis anda pake dong.
hidayatade (putra samudra mandiri) @Hidayatade3
@hidahidaan @addiems @Dennysiregar7 Kehilangan arah.... Netizen saja tau desi seperti apa... Malah d jadikan rujukan.... Belajarlah ke sang ahali pa....
Maula Rofi' @mau_rofi
@AngrySipelebegu @addiems @Dennysiregar7 Grand design ala Grand Buzzer... Freeport... Lapindo... Rupiah... Amandemen... Kiri yg ke-asing-asingan... Kanan yg ke-koloni-kolonian...
Ayubeeb @AyubeeB
@addiems @Dennysiregar7 Dari golok ke goblok krn goblok , goblok mu cukup naik kelas itu karakter penjajah yg jahat . pic.twitter.com/iD7cGIHpHn
linny @ini_linny
@_RKBR_ @febrofirdaus @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Situ berbeda dengan yang kalau mendukung sesuatu/seseorang, 100% diiyakan saja seluruhnya tanpa telaah, analisa, sanggahan ataupun koreksi. Hahahahaha
Chanty @Chanty_Susanty
@AyubeeB @addiems @Dennysiregar7 Admin nya pak @jokowi tlg dong tanyain..knp sih omongan presiden kita ini tdk konsisten..brubah2.. ga pnya pndrian. Gmn bs dipegang omongannya org model ini.. 🤔🤔 KATANYA TIDAK ADA TOLERANSI BAGI PERUSUH. SKRG MEMAAFKAN LBH BAIK. PEMIMPIN TDK BLH MENCLA MENCLE LHO PAK.. 😡
#KamiOposisi @Anaksemut4
@Chanty_Susanty @AyubeeB @addiems @Dennysiregar7 @jokowi Sebagai orang Jawa @jokowi faham, apa itu Sabdo Pandhito Ratu . Orang yg dipegang itu omongannya.
Chanty @Chanty_Susanty
@Anaksemut4 @AyubeeB @addiems @Dennysiregar7 @jokowi Ya hrsnya org yg faham tdk bgitu ya..brtti dia bkn katrgori org yg faham. Faham dlm dfininsi mengerti dan menerapkan dlm prilaku nyata.
Ojo Goroh @Wib_1800ly
@apathoni @febrofirdaus @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Lho kok malah jd bernada menghina begitu.. Woles saja mas, sampaikan ketidaksetujuan jenengan dg lebih bernas berisi. Kalimat seperti itu malah seperti gaya buzzer kl lg ngotot menyerang.
Ahmad Pathoni @apathoni
@Wib_1800ly @febrofirdaus @BBCIndonesia @jubidotcom @SuaraPapua Ya orang nyebatin analisis kayak gitu emang apa disebutnya? Dia orang terkenal dan banyak penggemarnya, jadi banyak yang baca tweet dia bakal percaya dengan analisis sampah itu.
Load Remaining (29)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.