7
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali

Ora kabeh-kabeh kowe kudu ngerti. #UangHarian #KuisDangdut *pengagumImamAlghozali

Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Saya sedang kesal. Dua orang teman saya jadi korban kampanye hijrah2an yang ngawur. Mereka curhat, bisnisnya sedang kacau. Kredit bank ya call 4. Gak mampu meneruskan pekerjaan karena gak punya modal lagi. Bank gak mau lagi kasih modal karena cicilan kreditnya gak dibayar.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Sebenarnya saya sudah curiga sejak beberapa bulan lalu. Kenapa kawanku ini gelisah dan mau jual saham perusahaannya. Dia bilang gak mau lagi punya utang bank karena riba. Dia cerita sdh beberapa kali ikut seminar keuangan syariah. Ingin hidup tanpa riba.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Saya dukung penuh keinginan dia untuk hidup dan berbisnis tanpa riba. Karena kawan ini memang orang baik, santun dan tertib kehidupan beragama ya. Masih muda dan lumayan mapan ekonominya. Asset juga sdh besar. Belakangan setiap ketemu kok sambat dan seperti orang bingung.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Singkat cerita, ternyata dlm seminar2 yg dia ikuti itu, sang mentor menyarankan jual assrt, stop kredit. Kalau punya hutang bank, diamkan gak usah bayar cicilan. Datangi bank, ngomong, “saya gak mau bayar kredit. Saya gak mau dosa. Kredit bank ini riba”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Bagaimana reaksi pimpinan bank yg memberi kredit itu? Kata kawan ini, “ ya dia bingung. Wong bisnis saya bagus dan gak pernah tleat bayar cicilan pokok dan bunga.”, kata kawan ini bercerita.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Saya diamkan dan tidak mencoba mementahkan cara berpikir dia. Saya hanya katakan, “saya dukung dan bantu upayamu untuk berbisnis tanpa riba”. Terus dia ngomong, “ ambil saham saya 50 persen pak”. Tak jawab, “Moh. Aku gak paham bisnis itu”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Semunggu kemudian dia datang lagi. Saya sarankan dia pindah ke bank syariah. “ ah pak saya pelajari di seminar itu bank syariah juga gak syar’i. Gak ada lembaga keuangan yg bisa kita percaya sebagai syariah”. Dalam hatiku menggerutu, “ Diamput arek iki. Aku kudu sabar”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Sebulan kemudian dia datang lagi. Ngajak ngobrol sambil makan di Nipon Kan. Selesai makan dia cerita, “..pak, ini pekerjaan masih banyak tapi gak ada lagi uang untuk belanja material dan banyak vendor supplier. Anak2 di pabrik dan di proyek mulai ditekan oleh pemberi kerja”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Saya pikir kondisi itu masih biasalah. Bisnis ya begitu. Gak ada yang enak. Selalu ada tekanan. Bisa tekanan dari pemberi kerja, bisa dari supplier, bisa dari investor, pun bisa dari karyawan. Saat makan siang itu saya masih tetap tidak menyalahkan pikiran dia tentsng arti riba.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Sebulan kemudian dia datang lagi dan cerita sdh ajukan kredit di bank syariah sesuai saran saya. Orang bank syariah juga sdh tau bahwa dia mengerjakan bisnis yg bagus. Deal. Dapat tambahan sekian puluh M. Saya senang mendengarnya.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Eh tadi dia kasih kabar yg membuat saya lemas. “Pak kredit gak disetujui karena saya pernah call 4 di bank konvensional. Padahal sudah saya bayar cicilan”. Dalam hatiku, “ kapok koen. Dikandani cah nom gak percoyo”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Bukan hanya itu masalahnya. Senin harus gajian karyawan kantor dan pabrik. Hari ini harusnya gajian mingguan pegawai harian di proyek. “Pak, gadhah arto nganggur? Lare2 dereng gajian”, katanya agak tersendat. Mak tratap. Perasaanku campur aduk. Menetes air mataku.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Dalam kondisi sekarang,rasanya tidak pas kalau saya menambahi beban pikiran dengan menyalahkan dia. Saya pernah menyampaikan ke dia, “ riba haram. Itu final. Tapi jangan mengatakan bank itu riba. Apalagi bank syariah. Ribuan ulama sdh berdebat dan memutuskan. Ikut saja”.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Sambil ngopi setelah menerima kabar dari kawan tadi saya merenung. Berapa banyak orang2 baik menjadi korban kampanye hijrah2an konyol ini. Berapa banyak orsng kena PHK. Berapa banyak panitia seminar hidup tanpa riba itu dapat uang biaya seminar?. Mbuh. Aku bukan ahli fiqih.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Mungkin nanti malam setelah isya kita bahas lanjutan cerita ini. Tentu sambil mengikuti #KuisDangdut edisi khusus. Khusus lagu2 yg menggambarkan suasana hati para kaum jomblo.
Ligwina Hananto @mrshananto
@Amal_Alghozali Ih perih deh bacanya. Alih2 menghijrahkan org sehingga bebas riba, malah jadi bikin org bisnis terancam bangkrut dan utang gak kebayar. Utang itu kan dibawa mati. Kl mau bebas riba ya dibayar dulu dong.
Tailgunner @YogaAdrianyoga6
@Amal_Alghozali Rencang kulo...mapan dados manager bank BUMN medhal gegoro riba..bojone nyusul pdhl PNS..njih hijrah ngoten..usaha piyambak..gagal..nyalahke pemerintah..😂😂😂🤣🤣
outfitters @otfrs
@mrshananto @Amal_Alghozali ga cuma di seminar aja sih teh, di ig pun ada tapi soal bpjs :( pic.twitter.com/SnVpzr4USR
Expand pic
msmoody @msmoody99
@otfrs @mrshananto @Amal_Alghozali Xbank.indonesia hehehehe . Foundernya adalah salah satu teman akrab saya, saya prnh berdebat n blg bahwa opini2 dan postingannya di IG sungguh menyesatkan dan hny melihat dr 1 sisi. Lalu saya d blg “halah rin kan krn lo kerja d bank, makanya kluar aja dr bank, jgn d bank lg” :))
Hairudin.rifai@gmail.com @RifaiHairudin
@YogaAdrianyoga6 @Amal_Alghozali Ntr yg ganti orang keturunan cina, mereka blang, indonesia d jajah cina.. Repot😂😂😂😂
Big @Big34204246
@Joko_Trikukuh @RifaiHairudin @YogaAdrianyoga6 @Amal_Alghozali Didunia ini Tidak ada kawan bisnis yang baik selain orang asia timur. Prinsip Mereka butuh kita kita juga butuh mereka. Sedang bisnis dari timurtengah (arab) manis2 di awal ditambah bumbu agama, kemudian mereka hancurkan bisnis para investor nya.
Brunowicaksono @Bruno34622009
@msmoody99 @otfrs @mrshananto @Amal_Alghozali Coba tanya deh tarik mundur aset2 yg dimiliki dr ? dia selama ini hidup dari uang apa ?dr seminar2nya atau jualan buku2 nya, trend nya aset meningkat atau semakin turun? Akan kelihatan dia menghisap siapa utk hidup..😊...pengalaman ngorek2 yg kaya ginian jualan agama utk hidup
fitrianisutiyoso @cikacuko
@Amal_Alghozali Bingung banget sama kalimat "Kalau punya hutang bank diamkan jangan bayar cicilan" Mengharamkan riba tapi menghalalkan lari dari hutang?!
Load Remaining (59)

Comment

Billy @Billysuryanto 25/08/2019 18:41:03 WIB
1 kata : goblok.lihat org yg jualan agama kaya2.modal omdo. Yg cepet laku di indonesia jualan agama, bisnis hoax,bisnis demo, .krn orgnya msh goblok2.
Login and hide ads.