Pemberian Jaminan Kredit BJB Transparan, Massa Demo Bank BJB Pekanbaru?

Diketahui puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Perbankan Riau Anti Kejahatan, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Pekanbaru Jalan Sudirman, Rabu (21/8/2019).
bankbjb anggunan kredit mahasiswa bjb pekanbaru demo
0

Diketahui puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Perbankan Riau Anti Kejahatan, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Pekanbaru Jalan Sudirman, Rabu (21/8/2019).

Pengunjuk rasa mendesak pihak Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Pekanbaru menyampaikan ke publik terkait dugaan kejahatan perbankan yang terjadi di bank tersebut. Kasus tersebut kini tengah diusut oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

Sementara itu, massa juga mendesak pihak bank menghadirkan mantan pejabat Analisis Kredit di Bank Jabar Banten (BJB), Indra Oesmar Gunawan Hutahuruk, oknum yang diduga melakukan penyimpangan agunan kredit senilai Rp2 miliar tersebut.

Salah seorang pengunjuk rasa, Atan mengatakan BJB jangan melindungai oknum yang melakukan pelanggaran pengalihan agunan kredit nasabah.

"Kami meminta pihak Bank BJB untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi, kesalahan yang diduga dilakukan Indra Hutahuruk yang telah melakukan pengalihan agunan," ungkap Koordinator Aksi GEMAK-PERI, Atan Farhan.

Di lain sisi, semua hal terkait kasus kredit sejatinya memiliki cela yang kecil untuk terjadi di bank pembangunan daerah (BPD) terbaik di Indonesia ini. Bank BJB selama ini dalam proses penyaluran kredit selalu didasarkan oleh prinsip prudential banking.

Prinsip prudential banking bank bjb dijalankan melalui berbagai strategi. Salah satunya adalah penerapan tata kelola perusahaan yang baik alias good corporate governance (GCG) yang sudah menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Selain itu, analisis yang mendalam juga selalu dilakukan bank bjb kepada calon debitur kredit bank bjb. Hal tersebut merupakan bagian dari mitigasi risiko yang dilakukan bank berkode emiten BJBR ini di bursa saham.

"Penyaluran kredit yang dilakukan bank bjb selalu disandarkan pada prinsip prudential banking. Pertumbuhan kredit selalu kami arahkan agar selalu berkualitas dan berkelanjutan," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, M. As'adi Budiman.

Pengelolaan risiko usaha, termasuk kredit yang dilakukan bank bjb juga dinilai sangat baik. Salah satu bentuk konkretnya bank bjb didapuk mendapatkan penghargaan TOP GRC (Governance, Risk & Compliance) 2019 #4 Stars di mana bank bjb dinilai telah menerapkan manajemen risiko dan kepatuhan dengan predikat "sangat baik".

Penghargaan ini dinilai dari tiga aspek utama, yakni sistem, infrastruktur dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik. Sistem, infrastruktur, dan implementasi tata kelola, manajemen risiko dan kepatuhan di berada di berada di tingkat yang sangat baik sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Komplimen terhadap mitigasi risiko inu juga sebangun dengan kinerja usaha bank bjb. Hingga Semester 1 tahun 2019, bank bjb berhasil mencatatkan perolehan laba bersih setelah pajak sebesar Rp803 miliar dan pertumbuhan total aset yang mencapai 6,4% yoy menjadi sebesar Rp120,7 triliun.

"bank bjb sebagai bank pembangunan daerah (BPD) pertama yang melantai di bursa saham, selalu menerapkan prinsip keterbukaan dalam seluruh langkah usahanya tanpa kecuali. Transparansi kebijakan maupun langkah bisnis perusahaan, terutama yang telah berstatus go public, adalah suatu hal yang penting untuk menjaga kredibilitas perusahaan di mata khalayak," kata dia.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.