0
Putri Buddin @putribuddin
Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap💔 Sedi banget sumpaaa😭 Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys? Huhu pic.twitter.com/ziQA6m0cLM
Expand pic
es es apa yang meralda @sopelteteh
@putribuddin masih mending rusak, uang bergepok2 taro di plastik item di buang ama emak gw. dikirain bungkus nasi uduk, (abis sarapan) tau nya uang. di cari2 ampe ke tempat sampah yg gede bat kaya rumah kgk nemu2-_- bukan rezeki-_-
agusputrayasa @agusputrayasa
@putribuddin Sesuai peraturan bank indonesia untuk uang yang bisa ditukar. Semoga membantu pic.twitter.com/0mZ5sZstOT
Expand pic
Expand pic
Expand pic
kangreza @kangreza_
@agusputrayasa @putribuddin Tapi kalo gak salah, kerusakannya parah dan nomor seri nya hilang, serta sobek nya tidak melebihi 3 potongan, tidak dapat dibantu tukar di BI juga. Tapi klo mau coba di confirm.
Bank Indonesia @bank_indonesia
@Bagasta8 Apabila #SobatRupiah memiliki uang rusak, #SobatRupiah dapat melakukan penukaran uang tersebut di Kantor BI terdekat atau Bank umum sesuai dengan kriteria berikut : bit.ly/2IV15HW Penukaran dpt dilakukan sepanjang uang tsb dpt dikenali ciri keaslian uang rupiahnya.
Putri Buddin @putribuddin
KELANJUTAN UANG DIMAKAN RAYAP - SEBUAH UTAS sebelumnya gue mau ngucapin makasih banyak buat temen-temen yang udah kasih saran gue buat ke Bank Indonesia. Jujur tadinya gue udah gatau mau ngapain, untung aja blm gue buang uangnya.
Putri Buddin @putribuddin
Total uang yang gue temuin di lemari setelah gue taksir itu sekitar 10jt an. Yang dipisah jadi 2 bundle. 1 bundle udah jadi sarang rayap jadi langsung gue buang 1 bundle lagi yang dibungkus plastik yang gue foto, sejumlah 5,4 juta (yang bisa terhitung).
Putri Buddin @putribuddin
Atas saran temen-temen akhirnya tadi pagi gue pergi ke BI buat tuker uang gue. Gue udah pesimis banget, karena sebelumnya gue sempet baca di webnya, dan gue pesimis kalo uang gue bisa ditukar. Sampe di BI gue ambil nomor antrean, dan nunggu sampe nomor gue dipanggil.
Putri Buddin @putribuddin
Ternyata bukan cuma gue doang, di BI cukup banyak orang yang nuker uang, tapi... nukernya uang2 lecek sama recehan, yang nuker uang rayap gue doang🙃
Putri Buddin @putribuddin
Pas nomor gue dipanggil, jujur bgt gue deg-degan. Gue ngeluarin duitnya ati2 bgt krn udah serapuh dan separah itu. Mas-mas yang ngelayanin gue mukanya sedih tp mau ketawa, gue juga gitu, ngerasa lucu tapi nyesek gitu lohh. Tapi mas-masnya baik, ngebantu banget sih parah. pic.twitter.com/8VX9NuYfuo
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Masnya bantuin gue ngeluarin uang2nya, trs dipilah-pilih sama dia mana yang masih bisa ketolong, mana yang dibuang, foto di atas itu foto yang masih bisa ketolong dari 5,4jt
Putri Buddin @putribuddin
Terus gue bantuin buat misah-misahin uang yang masih bisa ketolong itu jadi selembar-selembar. Sambil gue misahin itu duit, masnya periksa kondisi fisik uangnya pake alat. pic.twitter.com/ybmaEgp0Sn
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Fungsi alat ini membaca kelayakan dan keutuhan uang secara fisik. Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar min.67%. Jadi kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67%, uangnya bisa diganti dengan uang baru. pic.twitter.com/8lFkOiNb6A
Expand pic
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Nah prosesnya kurang lebih kaya gini. Uang yang keutuhan fisiknya di bawah 67% langsung dicap “TIDAK DIGANTI” sedih dah ngeliatinnya :( Selisih persenannya soalnya sedikit di bawah 67% pic.twitter.com/UqnA9HmcqX
Putri Buddin @putribuddin
Terus uang yang kondisinya di atas 67% dipisahin, dilem di atas kertas putih, terus digunting kaya gini pic.twitter.com/6gqsIpJe3Y
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Dari 5,4jt uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp1.050.000,00 🙃🙃🙃🙃🙃🙃 Rayapnya laper bgt kayaknya fakla :) pic.twitter.com/VelB3cesiL
Putri Buddin @putribuddin
Ini uang yang “TIDAK DIGANTI” terus kata masnya disimpen aja buat kenang-kenangan. Dimasukin ke dalem plastik dong. Buat rayap-rayap lain yang laper lumayan🙃💔 pic.twitter.com/GxEYtvTA6K
Expand pic
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Dan ini uang yang diganti BI. Iya pake 10ribuan, yang lainnya katanya habis dituker sama uang koin pic.twitter.com/5Dx3rYFKG6
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Btw ini suasana pas gue baru dateng, rame bgt pada nukerin uang koin dan uang lecek. Ada juga ibu2 yang matanya sembab nangis gara-gara uangnya kecuci di rendeman bayclin😭 pic.twitter.com/BszD0V5bvO
Expand pic
Putri Buddin @putribuddin
Semoga utasnya bermanfaat, makasi guys🙏🏻
fairuz ridho arrafii @aforariq
@putribuddin Gua kira ngerawat kucing rada mahal ya, ternyata rayap lebih mahal. Sabar ya mbak
Putri Buddin @putribuddin
@aforariq Saran aja, mending ngerawat tuyul mas, makasi ya mas :”
Lexie @xlexieluthorx
@putribuddin Teh, itu uangnya disimpan berapa lama? Di lemari atau apa? Saya ada rencana buat nabung di lemari pribadi juga nih (kalo di rekening dijajanin mulu huhu), kalo liat gini jadi mikir2 lagi :))
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.