6
Lass @dubydubydamn
Alasan Orang Jawa Ga boleh Nikah Dengan Orang Sunda -sebuah utas-
Lass @dubydubydamn
mengapa orang Sunda dan Jawa dilarang menikah? Tidak ada literatur yang menuliskan tentang asal muasal mitos larang perkawinan itu. Namun mitos tersebut diduga akibat dari tragedi perang Bubat.
Lass @dubydubydamn
Peristiwa Perang Bubat diawali dari niat Prabu Hayam Wuruk yang ingin menikahi putri Dyah Pitaloka Citraresmi dari Negeri Sunda yang didorong dengan alasan politik, yaitu untuk mengikat persekutuan dengan Negeri Sunda.
Lass @dubydubydamn
Hayam Wuruk mengirimkan surat kehormatan pada Maharaja Linggabuana untuk melamar Dyah Pitaloka. Upacara pernikahan rencananya akan dilangsungkan di Majapahit. Maharaja Linggabuana lalu berangkat bersama rombongan Sunda ke Majapahit dan ditempatkan di Pesanggrahan Bubat.
Lass @dubydubydamn
Menurut Kidung Sundayana, timbul niat Gajah Mada untuk menguasai Kerajaan Sunda. Gajah Mada ingin memenuhi Sumpah Palapa yg dibuatnya pd masa sebelum Hayam Wuruk naik tahta, sebab dr berbagai kerajaan di Nusantara yg sudah ditaklukkan, hanya kerajaan Sunda yang belum dikuasai.
Lass @dubydubydamn
Dengan maksud tersebut, Gajah Mada membuat alasan oleh untuk menganggap bahwa kedatangan rombongan Sunda di Pesanggrahan Bubat adalah bentuk penyerahan diri Kerajaan Sunda kepada Majapahit.
Lass @dubydubydamn
Gajah Mada mendesak Hayam Wuruk untuk menerima Dyah Pitaloka bukan sebagai pengantin, tapi sebagai tanda takluk Negeri Sunda. Hayam Wuruk sendiri bimbang atas permasalahan tersebut, mengingat Gajah Mada adalah Mahapatih yang diandalkan Majapahit pada saat itu.
Lass @dubydubydamn
Pihak Pajajaran tidak terima bila kedatangannya ke Majapahit hanya menyerahkan Dyah Pitaloka sebagai taklukan. Kemudian terjadi insiden perselisihan antara utusan Linggabuana dengan Gajah Mada.
Lass @dubydubydamn
Singkat cerita, terjadilah peperangan yang tidak seimbang antara Gajah Mada dengan pasukannya yang berjumlah besar, melawan Linggabuana dengan pasukan pengawal kerajaan (Balamati) yang berjumlah kecil serta para pejabat dan menteri kerajaan yang ikut dalam kunjungan itu.
Lass @dubydubydamn
Peristiwa itu berakhir dengan gugurnya Raja Linggabuana, para menteri, pejabat kerajaan beserta segenap keluarga kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat. Putri Dyah Pitaloka dengan hati berduka melakukan bela pati atau bunuh diri untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
Lass @dubydubydamn
Tragedi perang Bubat juga merusak hubungan kenegaraan antar Majapahit dan Pajajaran atau Sunda dan terus berlangsung hingga bertahun-tahun kemudian.
Lass @dubydubydamn
Lalu ada peraturan larangan estri ti luaran (beristri dari luar), yg isinya tdk boleh menikah dari luar lingkungan kerabat Sunda atau tdk boleh menikah dgn pihak Majapahit. Peraturan ini kemudian ditafsirkan lebih luas sebagai larangan bagi orang Sunda untuk menikahi orang Jawa.
Lass @dubydubydamn
Jadi asal usul/mitos orang sunda ga boleh nikah sama orang jawa tuh grgr peristiwa perang bubat ya gaes. Sekarang udh banyak orang sunda sama orang jawa nikah, termasuk dikeluarga aku pribadi. Dan alhamdulillah pada langgeng.
Lass @dubydubydamn
Kembali ke pribadi masing masing ya gaes🙂
Lass @dubydubydamn
Gini ya, aku buat thread ini soalnya masih banyak yg tanya tanya "emang bener sunda jawa gaboleh nikah?" biar ga penasaran dan tau jawabannya makanya aku buat thread ini. Bukan berarti sunda jawa ga boleh nikah ya gaes! Semuanya balik ke kepercayaan dan pribadi masing2. Thanks.
NAUFAL RIZKY SASTRADIREDJA @Bergelantungan
@dubydubydamn @dennisTnugraha Semakin berkembang zaman, aturan itu semakin pudar karna mobilitas dan konektivitas yg tinggi ya udh ga jarang liat pasutri yg atu jawa yg atu sunda, termasuk gw hahahaha istri org jawa btw. Hehhee sekian
ujiii 👩‍✈️ @hiishawnmendes
@dubydubydamn perasaan sepupu gw harmonis malah orang jawa ama sunda
ujiii 👩‍✈️ @hiishawnmendes
@dubydubydamn malahan sepupuku itu nikahnya udh lama banget, kaya 10 taunan yg lalu
Lass @dubydubydamn
@hiishawnmendes Bude aku sama suaminya udh puluhan taun, sekarang udh punya cucu malah hehe
Miau @hadyanaa
@dubydubydamn Lah yaiyalah skrg mah udah banyak orang jawa nikah sama orang sunda. Soalnya kan pajajaran sama majapahit udah ga ada, ada nya Indonesia.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.