0
WatchmenID @WatchmenID

Akun shitpost berkedok info dunia perfilman & pertelevisian | ((ga ngaku-ngaku media)) | Cek tautan di bio sebelum follow kami | Contact: WatchmenID@gmail.com

https://t.co/SszoUxicyR
WatchmenID @WatchmenID
Oke berikut review kami untuk Bumi Manusia (2019) pic.twitter.com/9Wlw0g3HVK
Expand pic
WatchmenID @WatchmenID
Ulasan kami untuk film Bumi Manusia bakal menggunakan sudut pandang 2 orang yang berbeda. Yaitu orang yang sudah membaca bukunya dan orang yang tidak membaca bukunya. Supaya lebih menarik, kami gunakan sudut pandang yang tidak membaca bukunya terlebih dahulu :))
WatchmenID @WatchmenID
Ternyata beda banget ya 3 jam Avengers Endgame dengan 3 Jam Bumi Manusia. Wkwkwkwk. Poin plusnya adalah Annelis-nya cantik banget, Sementara itu CGI-nya tipikal falcon, agak mengganggu di beberapa scene. Sisanya? ya cukup butuh "perjuangan" untuk menontonnya, ngantuk.
WatchmenID @WatchmenID
Kalo dari sudut pandang non pembaca sih udah gitu doang. Udah sedikit ada gambaran lah ya? Wkwkwk. Oke, sekarang mari beralih ke sudut pandang ulasan versi pembacanya. Here we go..
WatchmenID @WatchmenID
Sebagai pembaca bukunya, ketika tau Bumi Manusia akan difilmkan oh tentu saja ga setuju dan ogah banget buat nonton karena takut ga sesuai ekspektasi. Tapi setelah dipaksa untuk menonton, eh ternyata ga seburuk ekspektasi kami kok (atau emang kaminya aja yang berburuk sangka)
WatchmenID @WatchmenID
Langsung ke inti, apakah Dil... eh Iqbaal mampu memerankan Minke dgn baik? Sejujurnya Iqbaal berakting cukup bagus di film ini, tapi kami ngerasa jiwanya belum bener-bener masuk ke karakter Minke itu sendiri.
WatchmenID @WatchmenID
Kalo ditilik dari versi bukunya Minke/Tirto itu sebenernya tokoh asli yang pemikirannya menginspirasi Pram buat bikin Bumi Manusia. Di film ini pemikiran-pemikirannya malah ngga begitu ditonjolin. Nampaknya sih hal tersebut bakal sedikit disayangkan oleh para pembaca novelnya.
WatchmenID @WatchmenID
Mawar sebagai Annelies juga cakep sih mainnya sebagai Ann. Dilemanya sama kaya ke Iqbaal. Aktingnya bagus, tapi kaya masih ada yang kurang sreg aja gitu. Meskipun begitu, ketika dia memainkan sosok peran yang strong dan fragile di saat bersamaan tuh oke banget sih.
WatchmenID @WatchmenID
Agak kesel karena bumbu percintaannya banyak banget. Tapi ngerti, emang itu salah satu cara buat narik minat pasar anak muda. Dan moment mesra-mesraan antara Minke sama Ann feel Dilan-Mileanya kerasa banget. Entah lah ini kalian nilai sebagai nilai positif atau negatif :))
WatchmenID @WatchmenID
Lalu durasi 3 jam nya gimana? Sebagai fans Pram, durasi 3 jam tidak terlalu mengganggu sih. Cuma emang sempet bosen di pertengahan film, terutama di bagian asmara Minke dan Ann. Kerasa kaya bumbu penambah lebay yang ga terlalu penting aja.
WatchmenID @WatchmenID
Ine Febriyanti di sini cukup menyita perhatian kami, karena ternyata ia cocok banget jadi Nyai Ontosoroh. Gila oke banget mainnya, karakternya dapet banget. Setidaknya cukup sesuai dengan karakter Nyai yang bisa kami bayangkan versi novelnya.
WatchmenID @WatchmenID
Ijinkan kami memuji pesona Bryan Domani di film ini. Menurut kami dia ngena banget buat jadi Jan di versi film Bumi Manusia ini. Tak ketinggalan Karakter Ibu Minke yang juga keren. Ayu Laksmi jadi ibu-ibu berbahasa Jawa dan karakter orang Jawa, dapeettt banget.
WatchmenID @WatchmenID
Setting tempat dan waktunya patut diapresiasi. Kalo di lihat sekilas antara waktu, pakaian, dan tempat yg muncul di sini ngga banyak kontradiksi. Ngga ada baju warna pink, atau biru, atau ungu, atau warna lainnya yg jelas ngga pada tempatnya kalau di setting waktu itu. Kudos!
WatchmenID @WatchmenID
Film ini kerasa seru awal & akhirnya doang, ketika part yang membahas sisi kemanusiaan nya pada ditonjolin, yang notabene memang kekuatan dari novel ini. Ada untungnya durasinya 3 jam, jadi sempet nampilin "bagian penting" ini. Kalo ga, udah ngamuk sih para pembaca bukunya :))
WatchmenID @WatchmenID
Pokoknya buat para penggemar Pram atau dunia sastra yang penasaran mau nonton film ini, jangan nonton dengan ekspektasi. Soalnya kalau nonton karena suka dengan Pram, bumbu percintaan di tengah film itu bikin bosen dan sukses mengganggu. Selain itu, masih cukup acceptable.
WatchmenID @WatchmenID
Overall, (bagi pembaca bukunya) Bumi Manusia versi film ini ternyata ga seburuk yang dibayangkan kok, masih bisa dinikmati dengan catatan ekspektasinya disesuaikan. Terus kalo untuk non pembaca buku? Sebaiknya dihindari deh, karena berpotensi bikin ngantuk :))
WatchmenID @WatchmenID
Bumi Manusia (2019) Rating: Duniaku Bumi Manusia Dengan Persoalannya / 10 pic.twitter.com/AyxLiJLhAd
Expand pic
friska lorenza @elatemos
@WatchmenID spill scene chocolatos nya dimana dong min
Naomi Tobing @naomitobing
@WatchmenID ini juga akun yang ku percaya buat review film. @adizty
Ade Sofiarani @adesofiarani
@WatchmenID tetep best actor as hero ialah DARSAAAM dongg

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.