0
Potret Lawas @potretlawas
KRONIK 16 AGUSTUS 1945 Kita tentu hafal luar kepala di hari tsb Soekarno dan Hatta dibawa pergi kelompok pemuda ke Rengasdengklok. H-1 kemerdekaan Indonesia dikristalkan pada yang terjadi di selingkung Jakarta. Bagaimana keadaan tempat² lain? Mari kita telusuri.
Potret Lawas @potretlawas
BALI Meski kabar takluknya Jepang belum sampai, batalion² Pembela Tanah air (Peta) mula dilucuti dan dibubarkan. Hari tsb pemuda² gerakan bawah tanah juga kumpul di gudang kopra desa Gadji, Badung. Merekalah antara yang pertama tahu berita. Pertemuan diganti dg upacara bendera.
Potret Lawas @potretlawas
BANDUNG Rapat mendadak pemimpin² Peta se-Jawa Madura digelar hari tsb di markas angkatan perang Jawa bagian barat. Kasman Singodimedjo yang masa daidanco area Jakarta mengingat, agendanya tak lain cuma untuk mengumumkan sudah menyerahnya Nippon pada Sekutu.
Potret Lawas @potretlawas
Soekarno & tiga aktivis PNI yang didakwa menghasut publik agar memberontak di muka Landraad Bandung, 18 Agt 1930. pic.twitter.com/DLuYcmLC9i
Expand pic
Potret Lawas @potretlawas
BANJARMASIN Kocar-kacirnya Jepang diumumkan langsung Kepala Minseibu, kantor pemerintahan sipil, kepada tokoh² publik. Minseibu bahkan menyokong pendirian Persatuan Rakyat Indonesia (PRI), sekaligus tanda akan hengkangnya Nippon. Tampil sebagai ketuanya Pangeran Musa Ardikusuma.
Potret Lawas @potretlawas
BENGKULU Kota ini sunyi dari beberapa hari sebelumnya. Kapal² patroli air yang biasa lalu lalang hilang satu persatu. Latihan militer mandeg. Pun pembinaan basis² pertahanan. Tak ada kabar apa² tapi Heiho dan Gyugun dibubarkan. Bahkan serdadu Nippon sendiri disebut kebingungan.
Potret Lawas @potretlawas
BOGOR R. Gatot Mangkoepradja menekankan kedudukan dan kewajiban propagandis untuk mendorong rakyat agar mengejar cita² suci merdeka dalam satu pertemuan di kantor residen. Gatot sendiri seorang propagandis PNI – orang kedua dari kiri dalam potret ini. twitter.com/potretlawas/st…
Potret Lawas @potretlawas
BUKITTINGGI Jika di tempat lain serba sumir, di Bukittinggi semua lebih terang berkat saluran langsung telegraf dalam dan luar negeri. Sehari sebelum Proklamasi, kantor kawat Bandung sudah kasih kode agar kantor kawat Bukittinggi siap² sebab kemungkinan bakal ada berita penting.
Potret Lawas @potretlawas
CINANGKA, ANYER Petani² yang melarat dan tersiksa di bawah Jepang memberontak. Asisten Wedana Arsad diminta kasih simpanan kainnya. Ogah, rumahnya lalu dijarah. Petani² marah ini bertahan hingga 2 hari kemudian, saat rombongan polisi dan tentara bantuan datang menggebuk mereka.
Potret Lawas @potretlawas
CIREBON Dalam memoarnya Priguna Sidharta ingat hari itu ia berkereta dari Jakarta. Bedanya tak ramai askar Nippon macam biasa. Setiba di stasiun Cirebon penjaja² koran sudah teriak Jepang tumbang. Di Cirebon pula sehari sebelumnya proklamasi kemerdekaan buatan Sjahrir dibacakan.
Potret Lawas @potretlawas
JAKARTA Saat Soekarno dan Hatta ada di Rengasdenglok, Jepang di Jakarta mencari dalang hilangnya mereka. Salah dua yang kena [salah] tangkap pada 16 Agustus 1945 adalah mahasiswa kedokteran Teuku Sjarif Thajeb dan Mohammad Yamin. Ini pula alasan Yamin tidak ada saat Proklamasi.
Potret Lawas @potretlawas
KUTARAJA, ACEH Sama dg yang terjadi di beberapa tempat lain, opsir Indonesia dalam Gyugun, Heiho, serta milisi² lain dikumpulkan dan diberi tahu organisasi tempat mereka bernaung dibubarkan. Semua mesti pulang ke kampung masing². Sedikitpun tak disinggung hal menyerahnya Jepang.
Potret Lawas @potretlawas
MATARAM Nippon diam² membawa setidaknya 29 orang tahanan, sebagiannya pemimpin² lokal, ke Surabaya. Meski khalayak ramai belum tahu Jepang sudah tiarap, namun ada ketakutan kalau tahanan² penting tsb dilepas, mereka akan menggerakkan massa untuk menyerang Jepang.
Potret Lawas @potretlawas
MINAHASA Penasehat urusan kesehatan masyarakat dr. R. Tumbelaka melaporkan meski aslinya sudah kalah, Jepang masih pongah di tanah tsb. Belum ada perubahan apa². Hari itu tentara Nippon bahkan membunuh seorang pria karena dituduh terlibat gerakan bawah tanah anti-Jepang.
Potret Lawas @potretlawas
MUARA BUNGO, JAMBI Badan Penjaga Keamanan pimpinan HB Yahya dibentuk untuk ambil alih kekuasaan. Tak diketahui siapa informan mereka. Kelompok pemuda ini menggasak orang² Jepang yang menghalangi. Juga menjarah harta dan senjata. Pun simpanan minyak untuk keperluan perang.
Potret Lawas @potretlawas
PALU Sebuah pesawat Sekutu (?) diklaim sudah terbang berputar² menyebarkan pamflet kuning mengabarkan kekalahan Jepang. Cakupan wilayahnya juga meliputi Donggala dan Poso.
Potret Lawas @potretlawas
PONTIANAK Kabar akhir kekuasaan Jepang sampai kota ini jelang petang. Lantas menyebar mulut ke mulut. Kaum bangsawan yang paling gembira. Kita tahu, Sultan Pontianak dan ribuan orang lain dari seantero Kalimantan dibantai Jepang dalam peristiwa Mandor. twitter.com/potretlawas/st…
Potret Lawas @potretlawas
SEMARANG Wakil muda dan tua bersitegang soal langkah menyongsong kemerdekaan dalam rapat di rumah sakit CBZ. Yang muda mau Semarang lekas buat proklamasi. Yang tua kata tunggu, masih bahaya. Para pemuda akhirnya bergerak menginsyafkan publik akan pentingnya merdeka lebih dulu.
Potret Lawas @potretlawas
SURAKARTA Corat-coret berbunyi "Jepang kalah, Indonesia Merdeka" dilaporkan bermunculan di tembok. Pamflet berbunyi sama juga ditempel di pohon². Pembuatnya tidak diketahui, namun Nippon menginterogasi tokoh² Parindra.
Potret Lawas @potretlawas
Informasi soal yang terjadi 16 Agustus 1945 menumpuk di bagian barat Indonesia. Baik kesaksian, berita, atau memoar. Kian timur kian tipis. Secara umum orang tahu Jepang jatuh. Tapi tak terbayang lanjutannya – yang terpikir merdeka kebanyakan kaum muda. twitter.com/potretlawas/st…
Potret Lawas @potretlawas
Yang mau senarai rujukannya, silakan berkirim email. 🙏 @kiridifferent_ @cyraiz @Opangskuy
suara bee @bayu_yaubay
@potretlawas semua pemuda rengasdengklok dan ormas tadi siang dalam acara napak tilas kemerdekaan H-1 pic.twitter.com/HKp2gNJAJO
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.