Dilempar Bensin, Polisi Terbakar Hidup-hidup Saat Kawal Demo Mahasiswa di depan Pendopo Cianjur

Seorang anggota Polres Cianjur terbakar saat mengamankan unjuk rasa sejumlah mahasiswa di depan Pendopo Cianjur, Kamis (15/8). Demonstrasi berujung ricuh. Belum diketahui jelas kronologi insiden tersebut.
1

Seorang anggota Polres Cianjur terbakar saat mengamankan demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh di depan Pendopo Ciajur, Kamis (15/8/2019). Belum diketahui jelas kronologi insiden tersebut.

Dari video yang beredar sekelompok pedemo berkerumun dan berhadapan dengan sejumlah polisi berseragam. Mahasiswa kompak bernyanyi.

"Lingkaran besar...lingkaran besar," nyanyian pedemo.

Terlihat sempat terjadi keributan, lalu tiba-tiba muncul api yang diduga sebelumnya dari lemparan cairan bensin. Kerumunan pecah, kemudian seorang polisi terbakar hidup-hidup.

Polisi itu berteriak-teriak kesakitan dan berguling-guling di aspal. Sejumlah polisi lainnya berupaya memadamkan api yang berkobar di tubuh rekannya itu.

URL detiknews Polisi di Cianjur Terbakar Hidup-hidup Saat Kawal Demo Mahasiswa Seorang polisi terbakar saat mengamankan demonstrasi mahasiswa yang berujung ricuh di depan Pendopo Ciajur. Belum diketahui jelas kronologi insiden itu. 2011
🇲🇨🇵🇸 @Ai_alwi_

Aksi demo "catatan remedial pemerintah gagal" di pondopo cianjur hari ini tgl 15/08/2019 Rusuh antara masa dan polisi Satu polisi di bakar oleh masa pic.twitter.com/RTLV38pyJ3

15/08/2019 15:44:04 WIB
Fitri #SaveUyghur #SavePalestine @UFit24

@faalwi_alwii Astaghfirulloh. Serem ih...Itu beneran polisi yg terbakar? Yg demo siapa inikah? Mahasiswa?😨

15/08/2019 16:55:23 WIB
PatriotNKRI @NKRIndonesia79

@faalwi_alwii Perhatikan videonya, diduga ada yg melempar cairan, dugaan saya bensin, dilempar kearah api, dan cairan itu mengenai beberapa orang termasuk aparat, sehingga langsung menyambar.

15/08/2019 17:34:22 WIB

Cerita saksi mata

"Saya sempat melihat ada beberapa orang membawa botol dari arah belakang saya. Posisinya saya itu sedang di seberang jalan. Ada yang melempar lagi dari arah belakang dan begitu botolnya jatuh api langsung menyambar," ujar Makmur (50), salah seorang warga di lokasi kejadian kepada wartawan.

Saat itu tiba-tiba dari arah kerumunan massa ada yang melempar sebuah botol air minum yang diduga berisi bensin. Akibatnya, api langsung menyambar petugas.

Begitu melihat ada petugas kepolisian yang terbakar, Makmur dan warga yang ada di lokasi langsung mencari orang yang diduga melemparnya.

"Kebetulan saya sempat lihat orangnya, ciri ya bertubuh besar dan pakai kaos merah. Dia lari ke arah gang Pasar Baru. Saya langsung kejar dan berhasil mengamankan, sekitar 200 meter dari lokasi kejadian. Orang tersebut sudah saya serahkan ke pihak kepolisian," jelasnya.

URL detiknews Polisi Cianjur Terbakar Saat Kawal Demo Mahasiswa, Ini Cerita Saksi Mata Seorang anggota Polres Cianjur terbakar hidup-hidup saat mengawal demo mahasiswa. Warga yang berada di lokasi menceritakan insiden mengenaskan itu. 1916
Djuwono @HomeMarshel

@P3nj3l4j4h Alhamdulillah dah ketangkap yg melemparnya 😤😤 pic.twitter.com/QJbXAwh75A

15/08/2019 16:20:15 WIB
Expand pic
ghp @GuritnaPramana

Pelaku aksi pelemparan bensin sudah terciduk. Aparat masih menyelidiki apa motifnya. Yg jelas ini mahasiswa, kuliah mlh gak jd pinter tp jd biadab twitter.com/p3nj3l4j4h/sta… pic.twitter.com/hU3fDqbzZP

15/08/2019 17:31:44 WIB
Expand pic
Expand pic

Kronologi Kejadian

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko menyebutkan, ada tiga orang dari pihak kepolisian yang terbakar.

Trunoyudo menceritakan kronologi peristiwa itu. Aksi demo itu diikuti kelompok Cipayung Plus Cianjur yang menyerukan aksi serentak catatan remedial pemerintah gagal.

Awalnya, massa aksi mulai berkumpul dan melakukan orasi di Kantor DPRD Cianjur pukul 10.00 WIB, dengan jumlah massa 50 orang.

Selanjutnya, sekitar pukul 11.00 WIB, massa aksi melakukan long march menuju kantor Pemda Cianjur. Pukul 12.00 WIB, massa aksi tiba di Kantor Pemkab Cianjur dan kembali melakukan orasi.

Sekitar jam 12.30 WIB, massa aksi melakukan pemblokiran di Jalan Siliwangi yang berada di depan pintu masuk Pemkab Cianjur. Akibatnya, kemacetan arus lalu lintas terjadi di sepanjang Jalan Siliwangi.

Lalu sekitar pukul 13.00 WIB, massa aksi melakukan pembakaran ban. Saat anggota kepolisian berusaha melerai, massa justru semakin brutal yang mengakibatkan tiga polisi terkena luka bakar karena dilempar bensin.

Saat itu, bahan bakar mengenai tubuh Aiptu Erwin. Dua anggota kepolisian yang mencoba memadamkan api tersebut juga sempat terbakar.

"Pada saat proses pengamanan, ada anggota kita namanya Aiptu Erwin, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kota Cianjur. Dia melakukan pemadaman namun dalam proses pemadaman ada oknum yang melakukan penyiraman dari bahan bakar yang disimpan dalam plastik yang kemudian membakar korban," kata Trunoyudo.

Selain Aiptu Erwin, Trunoyudo menyebutkan, terdapat dua korban lainnya yakni Bripda Yudi Muslim dan Bripda F.A. Simbolon. Keduanya merupakan anggota Sat Sabhara Polres Cianjur.

"Keduanya menjadi korban luka bakar karena ketika ingin menyelamatkan rekannya tersebut, keduanya turut serta jadi korban luka bakar," ujar Trunoyudo.

URL nasional Kronologi Anggota Polisi Terbakar Saat Demo Mahasiswa Cianjur Tiga polisi terbakar saat mengamankan aksi mahasiswa di Cianjur. Massa melempar plastik berisi bensin saat polisi memadamkan api yang dibakar mahasiwa. 1310

Comment

No comments yet. Write yours!