2
Potret Lawas @potretlawas

Berbagi potret dan cerita. Menziarahi dan mengobrolkan masa lalu, mengingat kini. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Kontak: potretlawas.x@gmail.com

https://t.co/pBLatcSUa6
Potret Lawas @potretlawas
Suasana Masjidil Haram dan Ka'bah di Mekah masa musim haji, circa 1917-21. pic.twitter.com/OUYVr6knzX
Expand pic
Potret Lawas @potretlawas
Konsulat Belanda di Jedah mencatat setidaknya 106.545 orang asal kepulauan Hindia memenuhi rukun kelima Islam ini antara 1918-23. Itu setara dg 33,25% dari jumlah seluruh jemaah haji asal luar Arab Saudi. Pun tak semua yang berhaji melapor, angka tepatnya lebih besar lagi.
Potret Lawas @potretlawas
Bekas bupati Serang dan Batavia Achmad Djajadiningrat dalam memoarnya, terbit 1936, menyenaraikan 3 alasan umum orang Hindia berhaji. Dari semata kewajiban agama, niat tinggal dan memperdalam Islam, hingga paksaan famili untuk memperbaiki perilaku dsb. twitter.com/potretlawas/st…
Potret Lawas @potretlawas
Untuk biaya, konsulat Belanda rutin mengumumkan kisaran duit yang mesti disiapkan jemaah. Musim haji 1923-24 misal, minim perlu 698,70 gulden – tak termasuk tiket kapal dan bayaran pas haji. Sebagai bandingan, harga beras mutu terbaik saat itu 138 gulden/kuintal.
Potret Lawas @potretlawas
Besarnya biaya, sedang jemaah Hindia kebanyakan jelata, membuat mereka harus menabung lama sebelum ke muka Ka'bah. Banyak jadi kuli kebun karet dan tembakau dulu di Sumatra Timur dan Malaya twitter.com/potretlawas/st…. Atau berhutang. Pun ada yang nekat jualan selama di kapal.
Potret Lawas @potretlawas
Meski begitu minat berhaji tak pernah surut. Lebih² ia dipandang jalan singkat buat menaikkan status sosial. Acapnya untuk menghindari biaya dan birokrasi, orang² menyeberang ke Singapura atau Penang, berangkat dari sana. Malah ada yang "mengeteng", ikut kapal pos atau barang.
Potret Lawas @potretlawas
Perjalanan kapal sendiri memakan masa 3-5 minggu. Di Jedah jemaah dijemput muthawif (pemandu) dan bermalam untuk urus administrasi. Baru lanjut ke Mekah. Sebelum 1926, angkutan yang jamak cuma unta. Bahkan usai ada bus pun unta tetap diminati sebab murah. twitter.com/potretlawas/st…
Ardi Nug @Ardins5
@potretlawas Bangunan dekat Ka'bah itu utk apa ya?
Abdurrouf PállⓂ️ @DurRouf
@Ardins5 @potretlawas Konon itu ada empat buh bangunan di setiap pojok. Setiap bangunan menjadi kantor/perpustakan bagi tiap² madzhab (maliki, hanafi, syafii, hanbali) CMIIW. Setahu saya begitu.
nandol @anandamashuri97
@potretlawas Min aku mau tanya ni? Kenapa bebrapa sumber atau foto sejarah dari Museum Leiden? Apakah RI tidak punya ataukah aset-aset yg berupa arsip, foto, dokumen, arca dsbgnya, dahulu diambil Pemerintah Belanda, dan sekarang ditaruh di Leiden, atau bagaimana min?
arief @AriefSyahrulT
@anandamashuri97 @potretlawas Silahkan baca Historiografi Haji Indonesia, harganya dlu waktu saya beli 100rb dan Naik Haji di masa silam (ini satu paket, 3 jilid buku) saya dulu belinya 125rb, kalo abang mau tau sedikit ttng perjalanan haji indonesia. semoga mmbantu 😊
ngashim @aziz_miring
@potretlawas Ada banyak foto jamaah haji tempo dulu dari 1800an sampai 1950an mosche.id/story/foto-haj…
yrds @yrdisme
@potretlawas Dulu kira2 perjanan ke mekkah naik apa?
A Harist Muqorrobin @haaristm
@biofeb @Setan_gepeng @potretlawas Belum. Hijaz di bawah Sharif Mekah memberontak (dan menang, dengan dukungan Inggris) terhadap Turki di 1916. Bagi-bagi kue di Perjanjian Sevres 1920.
ɟǝqᴚıɐu ɐunƃᴚɐɥ @biofeb
@haaristm @Setan_gepeng @potretlawas ((Dukungan Inggris)) Baik, terima kasih penjelasannya 👍🏻
A Harist Muqorrobin @haaristm
@biofeb @Setan_gepeng @potretlawas Setelahnya Raja Hijaz menolak Syria dikasih ke Prancis dan Palestina ke Zionis. Sekian lama Inggris bujuk masih ga bisa akhirnya Inggris alihkan dukungan ke Sultan Nejd, yang menaklukkan Hijaz tahun 1925 jadi Kerajaan Nejd dan Hijaz kemudian ganti nama jadi Kerajaan Saudi Arabia.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.