1
KEB @Emak2Blogger
Haeeee, Mak! Lage pada ngapaen?
KEB @Emak2Blogger
#MakminSpesialisMalam datang kembali menguasai dapur KEB, sambil bawa ... ... bawa apa nih yah? Bawa topik buat didiskusiin pastinya sih. 🤭
KEB @Emak2Blogger
Udah bulan Agustus nih, Mak. Eh eh ... pada punya kebiasaan ngereview kegiatan ngeblog masing2 di bulan yg baru lalu gitu enggak sih? Terus, kalau udah review terus evaluasi, kurangnya apa, mesti digimanain dan sterusnya?
KEB @Emak2Blogger
Enggak ya? 😄 Well, kalau memang Emak serius dlm ngeblog, apalagi menganggapnya sbg profesi ataupun bisnis, ada baiknya sih mulai melakukan juga review dan evaluasi.
KEB @Emak2Blogger
Tujuannya--pastinya--agar bisa melakukan perbaikan, Mak. So, blognya juga enggak diisi mulu doang, tapi juga ada maintenance-nya. Karena ini penting lo.
KEB @Emak2Blogger
Nah, ngomongin soal maintenance, di bulan Agustus ini #MakminSpesialisMalam akan ajak Emak utk melihat blog kita masing2 dari sisi lebih ke teknikalnya.
KEB @Emak2Blogger
Maksudnya gimana? Well, kita akan ngomongin soal #2ndLevelofSEO di bulan Agustus ini, yaitu seputar page speed, spamming links, thin content, mobile first indexing, user experience, image compressing, plagiarism, dan URL submitting.
KEB @Emak2Blogger
Woh! Tampak berat? Enggak sama sekali kok. Makanya, ayo kita lihat saja satu per satu selama sebulan ini yah! Malam ini kita akan mulai dengan #tingkatkanspeed 😉
KEB @Emak2Blogger
Nah, Mak. Page speed atau kecepatan loading blog kita itu sebaiknya jangan pernah disepelekan deh. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Pernah denger kasus Walmart belum? Situs Walmart suatu saat waktu loading situsnya mengalami kelambatan, dari 1 detik menjadi 4 detik. Dan ternyata langsung berpengaruh pada tingkat konversi situs belanja tersebut. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Data menyebutkan, bahwa setiap 1 detik penurunan waktu loading, konversi pun menurun 2%. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Dan, yes. Google sendiri sudah menyebutkan, bahwa site speed (yg sangat dipengaruhi oleh page speed) merupakan salah satu faktor pemeringkat penting dalam penentuan peringkat hasil pencarian mereka. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Dan yg paling penting nih. Sebelumnya Google memerhitungkan page speed versi desktop dari blog kita sbg pedoman pertama. Tapi sejak Juli 2018, sudah enggak lagi. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Mereka pakai mobile page speed sbg faktor pemeringkat pertama sebelum kemudian ke versi desktop. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Ini artinya apa? Artinya, Google akan menaruh blog/web yg bisa diakses secara mobile yg paling cepat dulu di hasil pencarian mereka. Baru deh kemudian yg lain2nya. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Artinya (lagi) apa? Artinya (lagi), kalau saat web/blog kita diakses itu lambat loadingnya, ya ... Google akan menaruhnya di belakang aja. Enggak di page2 depan. Mungkin malah, keindeks aja udah syukur deh 😂 #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Lalu, apakah ini berarti blog kita harus loadingnya harus secepat 1 detik saja? Kayak Walmart? Enggak juga sih. Untungnya, untuk blog standarnya masih "manusiawi", karena enggak menyangkut hajat hidup orang banyak kek situs Walmart. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Coba, sekarang kita cek masing-masing blog kita yuk. Di link yg tadi sudah Makmin sebutkan, ada beberapa tool yg direkomendasikan oleh Google utk mengukur page speed. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Salah satunya, yg paling mudah digunakan adalah Google PageSpeed Insight: developers.google.com/speed/pagespee… #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Interfacenya kek gini ya. Silakan, masukkan URL blog Emak ke dalam kotak di samping Analyze itu. #tingkatkanspeed pic.twitter.com/tR5DKjk6YG
Expand pic
KEB @Emak2Blogger
Gimana, Mak, hasilnya? Boleh discreenshootkan/dicapture, lalu dimentionkan ke Makmin di sini ya 🤗 #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Coba berapa deh, hasilnya baik yg mobile maupun yg desktop? ☺️ #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Kalau menurut Babang Neil Patel, untuk ukuran blog pribadi atau personal, performance grade 50 ke atas, itu sudah ok. Kalau kayak Walmart itu, nah, itu mesti 90 grade-nya. #tingkatkanspeed
KEB @Emak2Blogger
Kalau skrol ke bawah dari hasil PageSpeed test itu, sebenarnya kita bisa lihat apa saja yg bisa dibenahi kok. Kalau mau, dan ada waktu, boleh banget dipelajari detail. Kayak gini misal. #tingkatkanspeed pic.twitter.com/bWtMgi2lA3
Expand pic
Load Remaining (24)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.