0
Tweet Militer @tweetmiliter
Guys, Whiskey here.. pada kangen thread lagi gak nih gaes? Hehehehe
Tweet Militer @tweetmiliter
Doakan malam ini ga lembur ya.. kalo ga lembur, kita mau ngethread lagi ttg satu pertempuran legendaris yang terjadi 2,235 tahun yang lalu Iya, dua ribu dua ratus tiga puluh lima tahun yang lalu.. ada yang tahu kira2 pertempurannya apa? Heuheuheu
Tweet Militer @tweetmiliter
Correct! Perayaann 2,235 tahunnya baru tanggal 2 Aug kmrn.. twitter.com/HMV5888/status…
Tweet Militer @tweetmiliter
Malem ini kita laksanakan jam 21.30 yaaaa.. semoga masih pada bangun 😁 twitter.com/tweetmiliter/s…
Tweet Militer @tweetmiliter
Oke, sesuai jadwal jam 21.30, hari ini kita akan ngobrol banyak soal Battle of Cannae sesudah lama tak bersua yaaa.. Bagi yang lokasinya terdampak pemadaman PLN kemarin dan hari ini, semoga sekarang sudah nyala lagi ya..
Tweet Militer @tweetmiliter
Battle of Cannae ini terjadi tanggal 6 Agustus 216 SM, alias, 2,325 tahun lalu.. yes, sudah lama sekali terjadinya tapi sejujurnya, banyak pelajaran yang masih sangat relevan untuk jaman sekarang..
Tweet Militer @tweetmiliter
Ada tiga fase penting yang perlu iita lihat kalo ngomongin Cannae.. pertama adalah build up, lalu ada actual battle nya sendiri, dan terakhir adalah aftermath sesudah Cannae berakhir..
Tweet Militer @tweetmiliter
Let’s do the first one, shall we.. Di fase pertama alias build up ini, kita harus pahamin dulu, gimana ceritanya Republik Romawi berhasil sampe ada di titik genting ini.. prosesnya ga sebentar, tapi singkat cerita, Hannibal berhasil nyentuh tanah Italia 2 tahun sebelumnya..
Tweet Militer @tweetmiliter
Republik Romawi sendiri waktu itu gak bisa dibilang muda, tapi gak bias dibilang dewasa juga.. kekuasaan Republik baru sampe sekitaran Italia, itupun kondisinya adalah mereka masih menjalani aliansi bersama kota2 di Italia lainnya..
Tweet Militer @tweetmiliter
However, Republik dan Carthago sama2 tau, bahwa Perang Punic 2 ini adalah mengenai siapa yang menjadi penguasa Laut Tengah sebelumnya.. Status ini aslinya punya Carthago, dan sudah lama berjalan.. dan Republik Romawi mencoba menchallenge hal ini
Tweet Militer @tweetmiliter
Hannibal, anaknya Hasdrubal yang dikalahkan Romawi pada Perang Punic 1 pun ingin menegaskan hal ini.. bagi dia, solusinya cuma satu: Republik Romawi harus mati, bagaimana pun caranya..
Tweet Militer @tweetmiliter
Dan ekspedisi penghukuman ini dijalankan Hannibal.. Republik pun ketar ketir, apalagi pas Hannibal sudah berhasil masuk ke Tanah Italia, mendekat terus ke arah Latium.. Di sini, Legiun Romawi mulai bergegas menginterupsi Hannibal..
Tweet Militer @tweetmiliter
Yang pertama, Trebia.. Hannibal berhasil mancing pasukan Romawi untuk maju meninggalkan perbentengannya, dan nyebrang Sungai Po.. Sama Hannibal gampang aja, rear line digiles kavaleri Numidia (yang maennya lempar lembing), dan line depan dibikin encircle pelan2..
Tweet Militer @tweetmiliter
Setahun kemudian, Lake Trasimene.. Roman Army dipaksa geser pelan2 lewat tekanan formasi sampe akhirnya cuma punya dua pilihan: mati di pedang pasukan Hannibal atau mati berenang di Danau tersebut..
Tweet Militer @tweetmiliter
Sesudah kekalahan kedua, Republik Romawi mengangkat diktator selama 6 bulan, Quintus Fabius Maximus Verrucosus, singkatnya kita sebut Fabius ya.. Fabius ini pinter, cuma cara mainnya perlu sabar..
Tweet Militer @tweetmiliter
Dalam melihat Perang Punic 2, jangan dilihat ini sebagai pertempuran dua negara superpower, US vs Soviet ya.. pada waktu itu, Carthage kurang lebih sekuat US, dan Romawi sekuat Vietnam lah kira2.. Fabius melihat opsi menarik: Gerilya..
Tweet Militer @tweetmiliter
Cara gerilya ini efektif sebenernya.. karena dia diem2 memutus rantai pasok Carthage, sekaligus mengonsolidasi kekuatan sekutu2 Roma dengan membuktikan bahwa Roma masih mampu melindungi sekutu2nya.. Cuma ya gitu, banyak yang ga sabar..
Tweet Militer @tweetmiliter
Seberapa ga sabar emang? Simpel, sesudah 6 bulan menggunakan Fabian Strategy ini, Fabius tidak diperpanjang masa diktatorialnya.. Padahal pas itu, Carthage sudah menjelang2 breaking point.. mereka ga didukung siapapun, sedangkan supply gak pernah nyampe 100%
Tweet Militer @tweetmiliter
Keengganan ini apakah gak make sense? Make sense sebenernya.. Republik takut kehilangan sekutu2nya yang diperkirakan akan membelot ke Carthago demi keselematan hidup mereka masing2.. Apalagi dgn Fabian Strategy ga ada perang terbuka lawan Carthage..
Tweet Militer @tweetmiliter
Akhirnya, sesudah akhir tahun, pemilu dilangsungkan.. seperti tahun2 sebelumnya, terpilihlah sepasang konsul baru, Varro dan Paullus.. Varro ini seorang Plebeian dan Paullus ini seorang Patrician.. seperti layaknya politisi modern, Varro ini jago naikin emosi massa
Tweet Militer @tweetmiliter
Menurut Varro, Hannibal ini harus dihadapi dengan cara adu kambing.. kuat2an jumlah pasukan, banyak2an orang, sekaligus banyak2an kill count.. Kondisinya, Hannibal bawa 40rb pasukan.. selama ini, Romawi kalah ketika adu dgn 40rb pasukan juga..
Tweet Militer @tweetmiliter
Jadi solusinya gimana? Sederhana aja.. Republik harus menyediakan pasukan dengan jumlah yang jauh lebih besar dari 40rb pasukan.. Alhasil, khusus tahun itu, jumlah pasukan per legiun sekaligus jumlah Legio diperbanyak JAUH..
Tweet Militer @tweetmiliter
Sejauh apa emang? Well, standar awalnya adalah setiap Konsul pegang 2 legiun, dengan kekuatan masing2 legiun berjumlah 4,000 infanteri berat dan 300 kavaleri, dan sisanya diisi sekutu Republik
Tweet Militer @tweetmiliter
Standar baru khusus Cannae? Satu legiun berisi 5,000 infanteri berat dan 300 kavaleri.. jumlah Legio masing2 Konsul juga naik dari 2 jadi 4, sehingga total ada 8 Legio berkekuatan 40,000 infanteri dan 2,400 kavaleri Jumlah ini blom termasuk Roman Allies ya
Load Remaining (38)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.