1
angga fauzan @AnggaDeFauzan

Ibda' binafsik tsumma man ta'ulu // Mulailah dari diri sendiri, kemudian orang di sekitarmu //Boyolali, Indonesia.

https://t.co/R0629dW1fe
angga fauzan @AnggaDeFauzan
Gimana rasanya jd org pertama di garis keluarga yg lulus SD, SMP, SMA, Sarjana hgga Master dg beasiswa? Apalagi ibuku dulu jd pembantu & jual gorengan. Seneng Alhamdulillah! kumau bikin thread soal beberapa cerita perjuangan tp gajadi deh khawatir sepi kyk ngomong sendiri wkwk pic.twitter.com/5JDfUpkU9p
Expand pic
angga fauzan @AnggaDeFauzan
Oke kumulai cerita. Jadi sebenernya aku udah coba ceritain lengkap lewat sebuah buku yang kutulis di wattpad. *udah nyoba nerbitin ke banyak penerbit tapi banyak juga ditolaknya heuheu kali aja ada yang mau baca: wattpad.com/myworks/187732…
angga fauzan @AnggaDeFauzan
Jd sbelumnya aku & keluarga tinggal di Ciracas, Jakarta Timur. Bapakku jualan ayam goreng dg menetap di daerah Jalan Baru. Stlh sebelumnya jual jagung rebus, kacang, es buah dan sebagainya keliling pakai gerobak sampai kawasan TMII dan sekitarnya. lantas, lapak jualannya digusur
angga fauzan @AnggaDeFauzan
Ya jadi bisa dibilang, karena korban penggusuran tanpa kompensasi jelas, kami pindah ke kampung halaman bapak di Boyolali. padahal di Jakarta aku udh cukup nyaman dg fasilitas dan teman2 yang baik. aku dulu SD nya di SDN 05 Pagi Susukan. pinggir kali tuh, prnah liat ular ngambang
angga fauzan @AnggaDeFauzan
nah di Boyolali, kami tinggal di bekas kandang kambing milik kakek (ayah dari bapak) terletak di pinggir kebun bambu yg kemudian kami rehab seadanya. jadilah rumah tripleks alas tanah dan semen seadanya. yg kalo ujan pasti bocor dimana2, kalo angin tuh daun2 bambu masuk semua. pic.twitter.com/iCiNLaLyqv
Expand pic
angga fauzan @AnggaDeFauzan
nah masa2 beratku sbnernya di SD. dari kelas 4 smt 1 sampe kelas 6 aku di bully rame2 tmn sekelas. dr dilempar sepatu, dikata2in, kalau main pasti dikalahin, ditendang pake bola, disuruh jaga pintu kelas tiap jam kosong berjam2 biar mereka bs main di dlm kelas, dipalak, dan lain2
angga fauzan @AnggaDeFauzan
nyebelinnya adlh tiap ujian, aku jd slhsatu bahan contekkan buat sebagian temen2. btw yang bully aku temen2 cowok, karena yg cewe2 pada jengah juga sm kultur di kelasku yg begini jd pd cuek. apalagi aku blm lancar bhs jawa, jd bahan ketawaan lah. yg kesel tuh ibuku jg dikata2in
angga fauzan @AnggaDeFauzan
di bully & dikeroyok slm bertahun2 itu gaenak parah. aku sering pulang sklh langsung nangis, salahsatunya pas diajak (a.k.a dipaksa) bolos pas jam kosong. Itu pd ngerokok plus joget2 gajelas di rumah slhsatu dr kami & aku dipaksa jg tp aku gamau ngerokok. mau lapor guru gaberani
angga fauzan @AnggaDeFauzan
sampailah pas ujian akhir sekolah, aku bener2 mau pisah sama mereka. kebetulan aku dpt rangking dua sekelas dan segugus (dari lima SD di area kami). nilaiku 9.07 kl gasala. aku mau pindah ke SMP 2 Boyolali yang trmasuk favorit kala itu dan jarang bgt ada lulusan SD aku yg kesana.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
kenapa nilainya bs segitu? sbnernya bukan krn aku pinter atau gimana, tp aku gapunya aktivitas lain di rumah. jd yg kulakuin cm baca buku paketan sekolah berulang2. kalo abis ya dibaca lagi terus biar ada kegiatan.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
soalnya kl aku main sm tetangga2ku yg lbh muda, dikata2in kl dikelas. dibilang main sama bocah lah, apa lah. prnah aku lg main bola sm anak2 lain dari yang masih tk sampe SD di bawah aku, trus temen sekelasku ada yg lewat. nah pas di kelas pasti jadi bahan 'becandan'. kan males ~
angga fauzan @AnggaDeFauzan
nah pas aku mau masuk SMP tujuanku tadi, ortu ga ngebolehin awalnya. karena gapunya uang. perjalanan PP ke boyolali kota tuh 3ribu, naik bis total bs 2-3 jam. butuh berminggu2 sampai akhirnya Bapak mau nyari utangan biar anaknya sekolah di situ.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
akhirnya aku masuk SMP dan dpt rangking 17. nah di SMP, aku mulai byk nyesuaiin diri ke lingkungan baru yg lbh heterogen, tapi ternyata ttp ada aja dua tiga anak yg suka ngata2in karena badanku kecil. nah tp salahsatu titik balik aku nemu mimpi besarku tuh malah pas di SMP ini
angga fauzan @AnggaDeFauzan
jadi aku banyak ngehabisin waktu di perpustakaan, sampai akhirnya aku diminta bantuan jd pustakawan sekolah. dpt duit juga lumayan 5rb per bulan hehe. aku suka baca buku2nya @Andreahirata , @h_elshirazy dan @jk_rowling . tiga penulis ini jd pemantik aku utk mau ke luar negeri
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling saking seringnya baca buku di perpus, tasku sering jebol dan musti ganti. aku dpt penghargaan jg sbgai pengguna jasa perpustakaan terbaik di sekolah. ada guru bhs Indo jg yang suka ngasih nilai tambahan kl muridnya bikin resensi buku yg abis dia baca. jadi deh makin rajin
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling nah td knp aku nyebut peringkat 17 adlh karena ini: aku jadi lbh rajin baca buku2 dan majalah di perpus ketimbang buku pelajaran. rangking ku anjlok parah sampai ke urutan 150-200an. aku ga nyalahin buku2 yg bs sekali pinjam 5 buku sih, tp aku nya yg gabisa atur fokus.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling padahal aku mau ke SMA 3 yg jd slhsatu fav di kotaku, selain SMA 1 yg mahal hehe. *jaman dulu masih kentel bgt hegemoni sekolah fav, padahal sbnernya ya sama aja. tapi mau gimana, tepat abis aku dan bapak ambil ijazah kelulusan SMP, aku malah diajak ke tempat kursus komputer.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling jadi aku bakal putus sekolah nih ceritanya. sedih? banget. aku udah minta bapak dan keluarga besar untuk mau pinjemin uang biar aku bisa masuk sekolah tp gaada yang punya. sampai berminggu2 hidupku kayaknya gelap, gapunya semangat buat ngapa2in.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling sampai akhirnya ada semacam kumpul bbrpa anggota keluarga besar buat bantu mecahin masalah ini. pernah ada opsi untuk nitipin aku di panti asuhan di kota Boyolali biar hemat ongkos, tp ibuku menolak. aku nggak yatim piatu, dia ga terima anaknya disitu.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling singkat cerita, berkat pinjaman kanan kiri lagi, aku dibolehin sekolah. tapi di SMK, biar cepet dapet kerja dan ga mikirin kuliah. *SMA aja putus, apalagi kuliah heuheu. nah aku udh ikut seleksi pendaftaran di sebuah SMK yg dkt pasar Sunggingan, Boyolali. ambil teknik komputer
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling tp akhirnya aku ga liat hasil pengumumannya sih. dan Bapak yg nemenin aku daftar pun berubah pikiran utk sekolahin aku ke SMA aja. mungkin bakal ada keajaiban ~ ya iyalah, diem2 aku daftar ke SMA sendirian hehe. jd dari rumah pake baju biasa, trus sampe SMA 3 aku ganti seragam.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling sampai akhirnya aku bilang pas aku udah keterima peringkat dua dari bawah. ya mau ga mau mengandalkan keajaiban buat bayar tuh uang pangkal. aku nunggu Bapak di sekolah yg lagi nyari pinjeman di bank tanpa bs kasih jaminan, sampai menit2 terakhir penutupan daftar ulang.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling was was banget karena kl Bapak ga dapet, walau akhirnya aku keterima, ya ttp gajadi sekolah di SMA 3. tp akhirnya Bapak dateng dan dapet pinjeman. setelah itu, karena uang kami cuma ngepas utk satu orang naik bis pulang, bapak nyuruh aku duluan. ''Bapak mah gampang," katanya.
angga fauzan @AnggaDeFauzan
@Andreahirata @h_elshirazy @jk_rowling tau gaa jadi ternyata Bapak nunggu di pinggir jalan, nyari yang mau nebengin ke arah pasar kecamatan, sekitar 3-5 km dari rumah. dan Bapak pun akhirnya dapet tebengan, kemudian dari pasar kecamatan itu Bapak jalan kaki ke rumah.
Load Remaining (40)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.