1
IG: wiwidkurniandi @wiwidkurniandi
@mazzini_giusepe Meski begitu, dia juga lah yang menjemput Prof. Habibie untuk pulang ke Indonesia dan membangun IPTN.
Mazzini @mazzini_giusepe
@faridabdulR Iya, pak Ibnu Sutowo memang yang membujuk pak Habibie untuk pulang ke Indonesia
Kenny Lischer @KennyLischer
Teringat kata-kata pak Ibnu Sutowo (mantan direktur Pertamina) kepada Habibie,"kembalilah ke negaramu, bangunlah Indonesiamu"...
feri amsari @feriamsari
Ibnu sutowo adlh menteri y meminta prof habibie plg. Dia trlibat bnyak kasus korupsi n punya bnyk simpanan..ibnu sutowo tak prnah trsentuh!
INDEF DJR @DJRachbini
#bjhabibie Ada dua institusi diminta panggil Habibie, Pertamina lwt Ibnu Sutowo, dibantu dubes Jerman, Jend Ahma Tirtosudiro (keduanya alm)
®™ @rchmd_s
Saat itu Pertamina membangun Advanced Technology Division yang kelak menjadi BPPT. Ibnu Sutowo sampai memanggil Habibie pulang dari Jerman.

BJ Habibie menuturkan keputusannya untuk kembali ke Indonesia pada tahun 1974 terjadi karena bentakan dari mantan bos dan pendiri PT Pertamina (Persero). Habibie yang kala itu memiliki pekerjaan di Jerman diminta untuk mengembangkan industri strategis di tanah air.

Semula, ujar Habibie, dirinya sebetulnya tengah sibuk bekerja di akhir tahun 1973. Tiba-tiba dirinya dihubungi kedutaan besar Indonesia di Jerman untuk menemui seorang pejabat dari Indonesia yang tiba menggunakan pesawat pribadi bernama Ibnu Sutowo. Ibnu Sutowo mengajaknya bertemu di salah satu kota di Jerman.

"Saya kaget dan tidak mengenal Ibnu Sutowo. Dia (Dubes Jerman) bilang (masak) tidak mengenal Ibnu Sutowo. Dialah yang menguasai perekonomian dan menciptakan PT Pertamina," ujar Habibie saat kuliah umum Wirausaha Muda Mandiri di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Meski tak mengenak sosok Ibnu Sutowo, Habibie memutuskan menemui petinggi Pertamina tersebut di salah satu kamar Hotel Hilton di Jerman sekitar pukul 8 waktu setempat.

"Saya mengetuk kamar tersebut dan saya tidak pernah menginap disana. Ketika mau masuk, ada seorang bilang tunggu diluar. Ketika Ibnu Sutowo keluar saya malah dimaki-maki," ujar Habibie menggambarkan keadaan kala itu.

Mendapat bentakan dari Ibnu Sutowo, Habibie yang sempat kaget hanya memilih diam. Namun, ia berpikir, bahwa perkataan Ibnu Sutowo kala itu memang ada benarnya. Akhirnya, Habibie pun memutuskan untuk kembali lagi ke Indonesia.

Pada awal tahun 1974, Habibie kembali lagi ke Indonesia untuk bertemu Ibnu Sutowo. Pada pertemuan itu, pria yang sempat membentaknya di Jerman itu justru telah berubah menjadi sosok yang ramah dari semula cuek.

Dalam pertemuan tersebut, Habibie kembali dikagetkan oleh perkataan Ibnu Sutowo. Ternyata, kedatangan Ibnu Sutowo ke Jerman merupakan perintah dari Mantan Presiden RI (Alm) Soeharto yang memintanya membujuk Habibier kembali ke Indonesia.

Sejak saat itu, Habibier pun mulai mengembangkan industri dan lembaga strategis hingga akhirnya lahir perusahaan milik pemerintah seperti PT Dirgantara Indonesia, Batan, BPPT dan PT Pindad.

URL liputan6.com Kisah Makian Ibnu Sutowo Agar Habibie Kembali ke Tanah Air BJ Habibie menuturkan keputusannya untuk kembali ke Indonesia terjadi karena bentakan dari mantan bos PT Pertamina , Ibnu Sutowo. Habibie diminta untuk mengembangkan industri strategis di tanah air.
mamael @odeAnjani
Mestinya pd akhirny p habibie blg ke Ibnu Sutowo"mengapa Bpk membuat dinasti kekayaan sendiri bagi keluarga Bpk?"
Padang Galir @ubegebe1
Andai Habibie menolak ajakan mudik Ibnu Sutowo. NKRI akan seperti apa?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.