Created on App

Tidak Perlu Ditahan, Menangis Adalah Upaya Tubuh Kurangi Rasa Sakit: Tidak Disangka, Ternyata Menangis Bermanfaat Bagi Kesehatan Fisik dan Mental by @ndreamon

ada efek kelegaan
0
Andreas Kurniawan @ndreamon

Apakah menangis itu bermanfaat? Habis menangis, kita merasa lega. Penelitian menunjukkan bahwa menangis adalah upaya tubuh mengurangi rasa sakit. Dalam tekanan, kortisol (hormon stres) meningkat. Ketika menangis, kortisol menurun karena keluar lewat air mata. Konon demikian.

02/08/2019 14:29:06 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Aksi menangis itu sendiri pun bermanfaat. Menangis membuat tubuh memproduksi painkiller alami, untuk menangkal rasa sakit yang dialami. Menangis juga membuat lingkungan lebih lunak. Ketika melihat orang menangis, kita bisa batal marah atau ikutan sedih.

02/08/2019 14:30:57 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Nah, penelitian menunjukkan bahwa efek “ditenangkan lingkungan” ketika menangis, itu jauh lebih besar manfaatnya bagi kelegaan psikis. Di sisi lain, menangis sendiri untuk melegakan diri (self soothing) menunjukkan hasil bervariasi. Ada yang lega, ada yang nggak.

02/08/2019 14:32:13 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Air mata emosional berbeda dengan air mata: - basal (yang melumasi mata) - refleks (kena debu, motong bawang) - 🐊 (pura-pura) Air mata emosional mengandung hormon stres, protein tertentu, dan mangan. Jadi, kamu bisa aja cek air mata pasangan untuk tahu itu palsu apa nggak 🤔

02/08/2019 14:35:59 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Meski kamu bisa cek air mata untuk tahu keasliannya unsur emosional di dalamnya, sangat tidak disarankan. bila kamu mau membawa sampel air mata pasangan kamu ke lab untuk cek kandungan mangan, kortisol, dan proteinnya.

02/08/2019 14:37:32 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Terus, kenapa orang senang bisa sampai nangis? Ini terkait dengan pengeluaran painkiller yg sempat disebut di atas (leucine enkephalin). Komponen ini juga membantu lift up suasana emosional. Sedih ➡️ biasa Biasa ➡️ senang Senang ➡️ sangat senang Senang jadi lebih dirasakan

02/08/2019 14:42:51 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Teori lain mengatakan bahwa karena perasaan senang dan sedih itu subyektif, sebenarnya otak manusia tidak bisa sepenuhnya membedakan dua emosi tersebut. Dalam kondisi ini, otak manusia cuma mengenali “eh ada emosi kuat nih, yauda yuk lakukan yang biasa dilakukan: NANGIS!”

02/08/2019 14:45:32 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

Ringkasnya, gapapa nangis. Ketika kamu nangis, nangislah senangisnya. Sometimes it helps! Lebih bagus kalau ada orang yang ada buat membantu menenangkan. Dan tentunya, nangis di depan terapis adalah salah satu tempat yang nyaman dan aman.

02/08/2019 14:47:53 WIB
El @elsiapa

@ndreamon Yak tul. Aku tiap merasa udah tertekan banget atau lagi banyak masalah tapi gak tau harus cerita siapa langsung menyendiri dan nangis sejadi jadinya. Abis gitu lega banget rasanya

02/08/2019 14:57:11 WIB
IG: r.galileo @glrhn

@ndreamon Taking time to grieve is important ya.

02/08/2019 15:11:08 WIB
coconut 🌴 @Mantaalfredi

@ndreamon Pernah baca suatu artikel kalo nangis karena kesedihan itu jgn ditahan karena air matanya udh termasuk kategori toxic jd bagusnya dikeluarkan. Cmiiw

02/08/2019 15:22:11 WIB
Marsellus Wendy @MarsWenHW

@ndreamon Saya terbiasa menahan tangis sejak kecil, karena selalu dibilang cengeng sama orang di sekitar saya. Akhirnya terbiasa menahan-nahan sampai jadi racun. Beruntung sekarang pasangan saya pengertian, jadi memungkinkan saya untuk menangis dan menerima bahwa saya tidak baik-baik saja.

02/08/2019 15:29:34 WIB
CEK PINNED AKU YA || OPEN RESELLER DAN DROPSHIP🤗 @AnggitaDewiKus7

@ndreamon Maaf dok mau tanya. Kalo tiba2 nangis pas lagi dijalan atau di keramain/sepi padhl ngga mikirin apa2 trs kadang cuma dinasehatin saudara ngga dimarahin gitu tiba2 nangis. Kyk gitu apakah biasa atau itu penyakit sih dok ?

02/08/2019 20:18:38 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

@glrhn Yep. Perlu merefleksikan diri bahwa kita juga ada limitnya

02/08/2019 20:20:09 WIB
Anwyl 🐾 @Anwyl_

@ndreamon Kalau kita menahan tangis , apakah akan jadi penyakit? Aku sering nahan. Dadaku gampang sakit , nyeri skrg. Nafas pun kdang sesak :( beraat

02/08/2019 22:33:46 WIB
🦄🦋 @mlsftlstr

@ndreamon Baru tau kalo penulis koas racun -buku yg w baca bahkan sebelum masuk fk- ternyata skrg psikiater, mulai follow twitternya, akankah membangkitkan kembali keinginan utk jd spKJ hahaha

03/08/2019 07:15:22 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

@JeslynKimberlyy Karena memang nangis tidak untuk ditahan. Itu mekanisme tubuh yang wajar...

03/08/2019 10:03:18 WIB
Andreas Kurniawan @ndreamon

@AnggitaDewiKus7 Sulit untuk menentukan hanya dari cerita singkat. Perlu lewat wawancara konsultasi

03/08/2019 11:21:01 WIB

Comment

aji sudarmawan @aji_sudarmawan 05/08/2019 21:56:20 WIB
judul nangis ..gambar vampir drakula ?
0