Pentingnya Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Efektif Menarik Hati Recuiter Atau User Pada Sebuah Perusahaan

Thread by @kalibrrid
4
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

[A THREAD] Pentingnya CV yang baik dan benar supaya efektif menarik hati rekruter atau user di sebuah perusahaan! Karena itu mari kita bahas yuk TIPS MEMBUAT CV yang baik dan benar!

02/08/2019 20:34:28 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Banyak jobseeker diluar sana yang punya kemampuan (mungkin sebenernya siap kerja) tapi tidak dipanggil interview karena CV yang nggak lengkap.. Ada juga yang pernah nanya, harusnya dikasih kesempatan dong interview dulu siapa tau kan bagus & cocok?

02/08/2019 20:34:29 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Sayangnya, yang ngirim CV ga cuma 1-2 orang kak, gimana mau dipanggil kalau ada 10 CV yang lebih oke dari kita? Pasti yang diutamain mereka yang CV nya menarik buat dikenal lebih jauh.

02/08/2019 20:34:29 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Ibarat, ngundang orang ke rumah kita buat main, pasti kita maunya org yg emang kita cocok dong? Ga mungkin orang yg kita rasa ga cocok sm kita, kita ajak ke rumah ngabisin waktu bareng kita? Sama kayak rekruter, kalau dr CV udah merasa ga cocok, ga akan diundang ke kantornya. pic.twitter.com/HfAb565vNT

02/08/2019 20:34:32 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Nah, maka dari itu perlu bgt sebagai jobseeker yang budiman mempersiapkan CV terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan 👌🏼 ✅ Pinter dan bisa kerja sebenernya ✅ Attitude dan karakter oke ❌ CV yang baik dan benar ☝🏼Yah sama aja ga akan bs diliat tuh yang poin ✅

02/08/2019 20:34:34 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

CV yang baik setidaknya terdiri dari poin-poin berikut: 📌Data Personal (nama lengkap, email, alamat, no. telp) 📌Rangkuman Profil Pribadi 📌Pendidikan (masukan data terbaru/yang paling sesuai dgn kualifikasi pekerjaan)

02/08/2019 20:34:37 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

📌 Pengalaman Kerja (untuk freshgrad: Kerja Praktik atau Program Sukarela yang terkait dengan pekerjaan) 📌 Kemampuan dan Minat (berkaitan dengan pekerjaan) pic.twitter.com/5jJIJyeV8Q

02/08/2019 20:34:41 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

#1 Data Personal yg benar: ✨Heading: tidak perlu menuliskan Curriculum Vitae atau CV karena dapat dimengerti bahwa dokumen itu adalah sebuah CV. ✉️Email: Harus profesional (misal: nama depan dan nama belakang) 📪Alamat: Seharusnya tidak memakan banyak ruang pic.twitter.com/nRUv0J4p7y

02/08/2019 20:34:45 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

#2 Cara buat rangkuman di CV 👇🏼 pic.twitter.com/xFRJyWF5mD

02/08/2019 20:34:48 WIB
Expand pic
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

#3 👨🏻‍🎓Penulisan Pendidikan Informasi berurutan secara kronologis, yaitu: dimulai dari yang terbaru. Hapus informasi pendidikan yang tidak relevan atau sudah terlalu lama (misal SMP atau SD) Perdalam informasi terkait pendidikan penting (misal: gelar sarjana) & Tunjukkan nilai pic.twitter.com/AqY5vSJSZE

02/08/2019 20:34:51 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

#4 💼Penulisan Pengalaman Kerja Poin penting: - Sertakan detail tugas utama yang dilakukan pas kerja - Urutkan dari yang terbaru hingga pengalaman terlama pic.twitter.com/YdiirdcQo3

02/08/2019 20:34:54 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

#5 Penulisan skill yang benar 👇🏼 Tulis skill yang betul2 kita kuasai - karena kalau lebay atau bohong akan ketahuan juga di sesi wawancara pic.twitter.com/7ZVt8ga3qa

02/08/2019 20:34:57 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Nah, yang terakhir.. JANGAN SAMPAI KESALAHAN ini ada di CV kita! 👌🏼👌🏼👌🏼 ⚠️Kesalahan pengejean atau secara grammar. Kalau kalian nulis CV di bahasa inggris coba bantu di cek sama grammarly.com

02/08/2019 20:34:59 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

⚠️ Hati2 hindari menggunakan kata-kata klise, misalnya "bisa melakukan apa saja (can do attitude)" atau "team player" TANPA membuktikan fakta atau contoh

02/08/2019 20:35:00 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

⚠️ Tidak menyesuaikan konten CV dengan perusahaan yang dilamar. Contoh: Lamar sebagai Digital Strategist tapi di bagian skill tidak menyebutkan kemampuan menggunakan tools seperti google analytics, dll.

02/08/2019 20:35:01 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

⚠️ Terlalu panjaaaaaanggg CV bukanlah cerpen! Sebagian besar perusahaan ga akan baca CV setelah halaman kedua. Jadi pastikan CV kita dikemas singkat, padat, & jelas. pic.twitter.com/KobrUKp028

02/08/2019 20:35:05 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

⚠️ Menggunakan font yang sulit dibaca dan layout CV yang tidak rapi. Ga punya kemampuan design bingung yang enak dibaca itu gimana? Gampang, coba pake template di canva.com/creates/resume… banyak template sederhana & clean yg bisa kalian pakai.

02/08/2019 20:35:08 WIB
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

⚠️ Terlalu banyak chart dan graph! 👇🏼👇🏼👇🏼 pic.twitter.com/dvcu4sEkoC

02/08/2019 20:35:11 WIB
Expand pic
Kalibrr Indonesia @kalibrrID

Yang sudah siap dengan CVnya yang baik dan benar langsung aja nyok cari lowongan kerja yang pas dan terpercaya di kalibrr.id 🙌🏼 #tipskerja #kejarsuksesmu pic.twitter.com/Yt2u0XGB7A

02/08/2019 20:44:24 WIB

Comment