Tidak Pesta Bahkan Beli Cincinpun Tidak, Tips dan Trik Nikah Tanpa Resepsi dan Hanya Tanda Tangan Di Catatan Sipil

Thread by @KeiSavorie
2
Kei @KeiSavourie
9 Agustus 2016 saya dan partner menikah cuma tanda tangan di catatan sipil dan makan malam dengan keluarga inti saja. Tidak ada acara pemberkatan, tidak ada pesta, tidak ada hura-hura, bahkan beli cincin pun tidak. Bagi kami menikah hanyalah legalisasi hubungan saja.
Kei @KeiSavourie
Saya tetap bikin surat nikah di gereja tapi tidak ada acara pemberkatan rame-rame. Acara lamaran adat Cina (sangjit) yang biasanya heboh bawa macam-macam seserahan juga kita skip. Foto pre-wed juga yang simple saja di studio sama temen sendiri @jeynelson. Yang penting ada foto. pic.twitter.com/UHzgjRutd5
Expand pic
Kei @KeiSavourie
@jeynelson Kita pengen ngerayain dengan keluarga tercinta saja, jadi untuk family dinner memang agak mewah. Lebih baik keluar budget untuk keluarga sendiri daripada untuk orang-orang yang gak terlalu deket. Tapi karena cuma 12 orang, budgetnya juga gak gede kok. Di bawah 10 juta. pic.twitter.com/IUg3FagM1c
Kei @KeiSavourie
Videografernya juga karyawan saya sendiri, videografer @kelascintacom 😂 jadi bener-bener hemat banget deh. Kita sengaja nikah hemat karena budgetnya dialihkan buat jalan-jalan ke London dan Iceland. Abis family dinner besok malemnya kita berangkat.
ngarep @_andi_rizal_
@KeiSavourie Seandainya bisa semudah ini untuk semua kalangan
Kei @KeiSavourie
Sebelum berangkat saya ngepost di Facebook, ternyata postnya viral. Saya gak tau karena gak buka hp sama sekali selama 18 jam perjalanan. Pas buka hp tau-tau udah masuk berita sana-sini dan kolom komentar saya di FB rame banget buset 😅 pic.twitter.com/FELKv37XZ3
Expand pic
Kei @KeiSavourie
Nah gara-gara viral tsb, banyak orang terinspirasi mengikuti jejak saya. Gak sedikit juga yang tadinya memang sudah kepikiran ingin nikah tanpa resepsi, jadi semakin yakin. Sejak hari itu banyak banget saudara, teman, dan followers, chat/dm saya nanya ttg hal ini.
Kei @KeiSavourie
Isi chat/dm mereka semua kurang lebih sama: "Saya dan pasangan mau nikah sederhana kayak Ko Kei, tapi orang tua maunya resepsi besar, gimana ya caranya meyakinkan orang tua?" Ini masalah klasik di Indonesia: pernikahan bukan cuma urusan kamu dan pasangan, tapi keluarga besar.
Kei @KeiSavourie
Ini hasil polling saya dulu. Kebanyakan orang pikir nikah itu urusan keluarga, lebih daripada urusan agama loh! Menyenangkan ortu lebih penting daripada menyenangkan Tuhan 😁 pic.twitter.com/EPPptcU0R6
Expand pic
Kei @KeiSavourie
Saya bikin polling di Instagram hasilnya juga kurang lebih sama. Keluarga jadi concern nomor 1, urusan lain belakangan. Ucapan "menikah bukan hanya antara 2 orang, tapi antara 2 keluarga" sungguh benar adanya. pic.twitter.com/VuHdr00Dpa
Expand pic
Kei @KeiSavourie
Iya, saya ngerti, polling sosmed bukan data sungguhan yang bisa dijadiin bukti argumen. Itu cuma sekadar gambaran saja, sebagai ilustrasi pelengkap buat pembahasan saya kali ini: Banyak orang ingin nikah sederhana, tanpa formalitas, tanpa resepsi, tapi kepentok keluarga.
Dajrunk @dajrunk2211
@KeiSavourie Sy menikah th 2010.malamnya selametan dg tetangga sekitar. Besoknya Cm diantar 2 keluarga inti ke KUA. Cukup 2 mobil.ttd dan ijab di KUA. Trus pulang ke rumah mertua.dan foto2 keluarga. Tp tep di dandani ya.. Kl resepsi. Mk sy hrs hutang/gadein aset. 😁😁
Kei @KeiSavourie
Nikah di Indonesia itu ribet, karena untuk menikah berarti harus ngurusin (setidaknya) 5 layer ini: 1. Keluarga & adat 2. Ritual agama 3. Pesta resepsi 4. Administrasi negara 5. Hubungan (kamu dan pasangan) Makanya pasangan kalau mau nikah pasti berantem. Stress!
Kei @KeiSavourie
Nikah di Indonesia itu ribet dan bikin stress karena ada 5 layer di dalamnya, yang di dalam masing-masing layer tsb punya keribetannya lagi. Jadi ribet kuadrat! 1. Keluarga: harus direstui orang tua, yang mana restu ortu kadang tergantung restu kakek/nenek/keluarga besar.
Kei @KeiSavourie
2. Pesta: sangat berkaitan dengan keluarga. Pesta harus sesuai kemauan orang tua, mis pesta adat tertentu, warna tertentu, makanan tertentu, hari tertentu. Ortu kamu manya A, ortu si doi maunya B. Nah loh, nurutin yang mana? Ujung-ujungnya kamu sama pasangan yang berantem.
Kei @KeiSavourie
Belum lagi bicara budget. Siapa yang biayain? Ortu kamu atau ortu pasangan? Atau patungan? Atau semua biaya dari kamu dan pasangan? Kalau kamu dan pasangan yang keluar uang, harusnya kalian yg berhak nentuin semua dong? Tapi kan nggak, kedaulatan ada di tangan ortu.
Kei @KeiSavourie
3. Ritual agama. Ini juga gak kalah ribetnya, ada banyak syarat yang harus dipenuhi sebelum menikah. Contohnya buat yang Kristen/Katolik harus ikut bimbingan pranikah dulu berbulan-bulan (bahkan ada yang setahun), baru bisa dinikahkan di gereja tsb.
@exquisiteme_
@KeiSavourie Tbh, this is what I've always wanted; nikah ga pake ribet. Pleaaase pengem ijab kabul aja, trus ttd surat nikah dll, dan family dinner kek gini. Aslii males ribet ngurusin resepsi
Kei @KeiSavourie
4. Administrasi negara. Nah ini gak kalah ribetnya. Untuk menikah di catatan sipil, semua dokumen harus komplit dan harus minta berbagai surat keterangan dari kelurahan. Masalahnya, tiap kelurahan suka beda aturannya. Di kelurahan A aturannya A, di kelurahan B aturannya B 😅
Kei @KeiSavourie
Setelah tanda tangan di catatan sipil, urusannya kelar? Oh belum! Habis nikah ya kamu urus lagi pindahan KK dan bikin KTP baru, yang ngurusnya bisa lama juga berbulan-bulan. Mudah-mudahan di masa depan bisa lebih cepat, tapi saya sih pesimis.
Kei @KeiSavourie
5. Hubungan kamu dan pasangan. Karena sibuk dan ribet ngurusin berbagai macam hal (no.1 sd 4) yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan relationship kalian, kalian jadi lupa merawat relationship. Kalian lupa alasan sebenarnya kalian menikah.
Kei @KeiSavourie
Kalian menikah karena saling mencintai dan ingin tua bersama kan? Bukan karena ortu, bukan karena agama, dan jelas bukan karena negara. Inti dari sebuah pernikahan adalah kamu dan pasangan, hal-hal lain di luar itu cuma formalitas dan pelengkap saja.
Load Remaining (21)

Comment

aji sudarmawan @aji_sudarmawan 05/08/2019 17:33:52 WIB
MASALAHNYA OM SATU PULAU ITU SATU AYAH KETURUNANNYA