2
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
How To Make A Proper Job Application Letter. -Sebuah tips bikin surat lamaran yang (setidaknya) layak- [A THREAD]
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
App letter emang bukan kunci utama buat bisa lolos dan dapat respon positif dari HRD/rekruter. Tapi fungsinya cukup penting untuk jadi bahan pertimbangan keseriusan seorang pelamar terhadap suatu lowongan pekerjaan. Jadi sebaiknya dibuat dan dikirimkan bersamaan dengan CV.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
1. Sebelum menuliskan surat lamaran, pastikan kamu sudah mengetahui posisi pekerjaan dan nama perusahaan yang akan dilamar. Dua hal ini penting ditulis dalam surat lamaran.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
2. Di awal surat lamaran, tulis salam ya, seperti “Dengan Hormat” atau “Kepada YTH HRD PT XXXXX” Penulisan nama PT-nya diperhatikan, jangan sampe salah PT saat kirim lamaran.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
3. Tuliskan maksud dari penulisan surat lamaran. Contoh: “Sehubungan dengan iklan lowongan di [sumber info lowongan] untuk posisi [posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar] di PT [nama perusahaan yang kamu lamar], maka saya bermaksud untuk melamar lowongan untuk posisi tersebut”
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
4. Atau contoh lainnya, seperti “Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari [sumber informasi lowongan] mengenai lowongan untuk posisi [posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar] di PT [mana perusahaan yang kamu lamar], saya bermaksud untuk melamar lowongan posisi tersebut.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
5. Sampaikan mengapa kamu tertarik dengan lowongan kerja di perusahaan tersebut. Misal: “Saya tertarik untuk melamar posisi tersebut karena posisi tersebut sesuai dengan pengalaman kerja atau skill yang saya miliki”
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
6. Ceritakan tentang diri sendiri secara singkat, baik dari segi pengalaman atau skill atau karakter. Silakan jadikan poin ini sebagai ajang ‘jual diri’ secara singkat dan padt. Bragging boleh ya, tapi jangan kelewatan panjang, tar jadi cerpen.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
7. Kalau perlu, silakan tulis kalimat penguat niat seperti: “oleh karena itu saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut karena saya ingin dan merasa bisa berkontribusi dalam perkembangan PT [nama perusahaan yang kamu lamar] melalui posisi [posisi pekerjaan yang kamu lamar]"
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
8. Semisal kamu tau profil perusahaan yang kamu lamar, bisa juga tambahkan sedikit informasi tentang perusahaan tsb yang jadi alasan melamar. Misal “saya tertarik menjadi bagian dari PT XXX karena perusahaan ini [tulis informasi mengenai perusahaan yang kamu tau]”
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
9. Sebutkan lampiran apa saja yang kamu kirimkan bersamaan surat lamaran yang kamu kirim. Misal “Berikut saya sertakan CV dan data pendukung sebagai bahan pertimbangan mengenai profil saya”
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
10. Sertakan kontak kamu, baik e-mail atau nomor HP. YANG UPDATE YA!... Karena banyak yang tulis surat lamaran, nomor HP dan alamat emailnya beda sama yang ada di CV. Sukur-sukur kalo salah satunya bisa dihubungi. Kalau kaga? Udah auto reject deh tuh
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
11. Jangan lupa tutup dengan salam dan tulis sedikit harapan. Misal “besar harapan saya untuk bisa mendapatkan kesempatan melanjutkan proses rekrutmen di PT [nama perusahaan yang kamu lamar]".
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
12. Ucapkan terima kasih dan jangan lupa sertakan tanda tangan atau nama lengkap di bagian akhir surat lamarannya.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
13. POIN PENTING: Berbeda dengan CV, surat lamaran perlu kamu review dan sesuaikan tiap kali melamar di suatu perusahaan. Hal yang perlu kamu perhatikan: posisi pekerjaan dan nama perusahaan yang kamu lamar yang ditulis di surat lamarannya.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
14. Jangan males cek dan edit setiap kali mau kirim surat lamaran. Gw sering banget nemu surat lamaran ditujukannya buat PT apaan, dikirimnya ke kantor gw. Atau dia lamar posisi A tapi di surat lamarannya dia tulis posisi B.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
15. Proofreading. Cek lagi bahasa dan ejaan yang kamu tulis di surat lamaran pekerjaan yang hendak kamu kirim. Sempurnakan kalau ada typo. Ini hal kecil, tapi penting.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Sekian dan terima masukan, saran dan kritik. Apabila ada yang ingin ditambahkan.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.