4
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
Bismillahirahmanirahim.. disini aku mau cerita tentang rumah keluarga ku, yaitu rumah enin(nenek) dan aki(kakek) di daerah Astana Anyar, Jl. Moh. Toha Bandung yang di tinggali 1. Heni 2. Ina(mama ku) 3. Ria 4. Yati(Tanteku yg hilang), dan 5. Dedi (Nama disamarkan kecuali Tante)
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
sebelumnya aku minta maaf kalo tatanan bahasanya nanti berantakan hehe, mudah-mudahan yang baca bisa mengerti dg baik yang aku ceritain dari awal-akhir ya. dan ini Thread nya panjang, mudah-mudahan ga ngebosenin di bacanya๐Ÿ˜Š oke langsung aja!
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
((chapter1, intro)) nah, jadi ini ada rumah kedua yang enin dan aki tinggali bersama anak-anaknya sejak tahun 1976. awalnya mereka tinggal di Gg. Saleh. kemudian enin dan aki nyari rumah didaerah itu karna rekomendasi rekannya, jadilah mereka tempati rumah itu
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
lokasinya jauh dari Jl utama, sekitar 8menit karna masuk gang dan rumahnya padat penghuni(sekarang), dulu dikelilingi lapangan dan balong(kolam ikan). dan rumah itu sendiri dulu nya berupa rumah panggung dan ada kabar ada yang meninggal pas lagi hamil.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
((chapter2, gangguan rumah)) singkatnya, aki nyuruh abah ja'i(tetangga di Gg Saleh) untuk nunggu rumah baru di Jl. Moh.toha itu dan abah "meng-iya-kan" kemudian ani dan ria diajak oleh aki untuk nginap dirumah baru dan mereka tidur di ruang tamu.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
btw di tahun 1976, mama dan kakak serta adik masih umur 8-15 tahunan. -- karna rumah belum ada gorden, ani dan ria nutupi jendela pake kain sdgkan abah kebelakang untuk pompa air. samar-samar ani denger abah ngomong gini "cicing siah ulah ngaganggu" (: diem kamu jgn ganggu)
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
di wkt yang sama ria ini sekilas lihat bayangan didepan pintu depan tapi ngga cerita banyak dan mereka langsung tidur. di hari lain, ani dan ria disuruh menginap lagi dirumah baru itu oleh enin dan mengajak tetangga lain bernama mang atang. mang atang tidur di kamar pertama
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
mang atang bilang dalem hati "ada apa ini kok ada bunyi2 berisik ya" dan ga cerita banyak lagi. ani dan ria pun ga berfikir macem2 sejak kejadian sebelumnya.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
saat barang rumah sudah di pindahin semua ke rumah baru, ria yang sdg nyapu lihat batu berwarna merah ati dan merasa takut lalu langsung lapor ke enin untuk nyimpen batu itu sementara. enin yang lagi beres-beres halaman liat banyak ulet di pohon palm, lalu enin coba bakar pohon
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
tapi ada yang janggal "kok banyak sesajen", enin ga menghiraukan lagi. -- suatu hari ada sodara dari enin dateng kerumah dg tujuan membawa temannya. temannya tiba2 bilang "ini nin, ada yang ngasih tau di mimpi kalo rumah ini harus di bersihin", trs kata enin "kenapa?"
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
trs dia jawab "ya harus aja, harus pakai bubuk besi dan telor angsa", enin jawab "harus bagaimana caranya neng?" dia jawab "harus disimpan di bawah lantai, nanti di bongkar aja nin" singkatnya, aki bongkar dan naro semua itu di ruang tamu.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
disini enin ga berfikir apa-apa sama sekali dan blm ada gangguan parah. suatu hari, enin denger suara di arah gendong tempat naro beras seperti ada sesuatu di dalem dan enin mikir "ah paling apa" malamnya, ria ngeliat ada peci gede banget di depan pintu tanpa kepala:(merinding
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
semua pada diem, maksudnya ga saling cerita. ga lama dari itu, enin yang sering aktifitas di dapur selalu dapet gangguan seperti telinga ditiup cuma enin masih biasa aja sama hal seperti itu. malem nya, ria tidur di kamar, tiba2 liat ani dipantulkan kaca seperti anak kecil
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
rambut di kuncir 2, dan kepala goyang2(?) trs ria baca doa dan malah ketiduran:( btw ga suka bat an yg merinding ah.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
di suatu hari--enin tangannya bengkak di bagian lengan mungkin mikir nya gara2 ria sebelumnya mijitin jempol, mungkin salah urat. terus tangan enin diapain segala macem sambil diusap2, malem nya enin mimpi dan di mimpinya ada yang bilang.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
"ah bongana di rerab" (:ah siapa suruh di bersihin) enin langsung mikir "oh mungkin dari pohon yang tiba2 di bakar", disitu enin langsung berfikiran yang engga2 ttg rumah itu. btw, enin emg dari dulu aku liat tangannya bengkak(lengan).
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
di hari lain ketika enin shalat, tiba2 ada yang ngagetin. disitu enin lanjut shalat dan istighfar, dan langsung cerita ke aki, aki blg "ah masa sih?" eh, malem nya pas aki tidur, badan aki kaya melayang diangkat keatas dan turun lagi dikasur
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
aki, tidur ditempat berbeda selain kamar. ketika tidur kaya ada yang ngintip di jendela, aki bilang "astagfirullah, ada apa ya.." aki langsung samperin ke luar dan ga ada apa2.
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
di lain hari, dedi yang sedang tidur pun sama di ganggu seperti aki. cuma tambahannya mata kaya ada yang bukain, dan blg "naon siah nganganggu aing?" (: apa lu ganggu gue) disitu langsung balik lg kekasur
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
tahun 1985, ani nikah dengan rohman dan dibawa ke banten. beberapa lama ga kebandung, kemudian ani dan suami ngunjungin enin dan aki. malemnya, ani dan ria tidur dikamar enin. ria teriak2 disitu, liat ada yang pake jubah. lalu mereka merubah posisi, eh tiba2 ani diganggu juga
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
siang-siangnya ani cerita kalo ada wearpack gede banget setengah rumah itu (awkward sih:()begini penampakannya wearpack๐Ÿ˜‚๐Ÿค” pic.twitter.com/XkHcEirvHk
Expand pic
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
kemudian ani pulang lg ke banten, dan beberapa bulan hamil dan disuruh suami untuk tinggal di rumah enin aja di Bandung hingga melahirkan. setelah 2 hari melahirkan, ria pergi ke gunung papandayan dab pulangnya langsung nyamperin dendi(kakak aku) mau cium gitu, dan ani langsung--
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
menghalau ria karna mikir abis pergi jauh, dan dari gunung. pas diliat ria ini bawa botol kosong tp kaya ada asep gitu, trs ria bilang dikasih org bule di gunung. lalu ani nyuruh ria buat naro botol diluar trnyata malah ditaro dikamar dan ani ga 'ngeh'
๐“œ๐“ผ๐“ฏ๐“ช๐“ฑ๐“ป๐“ฎ๐“ท๐“ฑ๐“ฎ๐“ฒ๐“ฝ @fatbottomedgrlx
malemnya, dr isya sampe subuh ria ini teriak2 "allah akbar" jarak suara ini terdengar hingga kira2 150 meter:( kebayang kenceng sampe orang2 pada dateng dan abang2 jualan pada nyamperin:( kepo gitu mereka, yaiyalah kaget pasti. next lanjut di thread berikutnya :)
Load Remaining (57)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.