0
Alea @alginaat
-- KULIAH? UNIVERSITAS? -- (( Buat dek-adek yang ingin tau sekilas tentang perkuliahan dan semua di dalamnya )) "Kuliah tidak sesantai di ftv, tidak seseram yang dibayangkan" ✨ A THREAD ✨ RT/LIKES
Alea @alginaat
Thread ini ditulis berdasarkan kampusku, banyak perbedaan di antara kampus-kampus lain, buat kakak-kakak mungkin bisa nambahin info lain ya :) Lanjut~
Alea @alginaat
1. Universitas Yep, ini jajaran tertingginya. Kalo di SD/SMP/SMA ya universitas ini "sekolah". Universitas itu biasanya menyediakan dua jenis pendidikan, ada pendidikan akademis (S1/S2/S3; S itu bukan singkatan dari 'sarjana' tapi 'strata')..
Alea @alginaat
..sama pendidikan vokasi (Diploma I/II/III/IV). Di thread ini aku ga bahas jenis perguruan tinggi lain kayak politeknik/institut/sekolah tinggi ya karena itu bakal puanjjaang banget. Kita fokus ke jenis perguruan tinggi 'universitas'. Univ ini membawahi fakultas-fakultas..
Alea @alginaat
Contohnya ni fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ilmu politik, dsb. Nah, pimpinan Univ itu disebut 'rektor' alias kepala sekolahnya. Di Univ, ada wakil rektorny (ofc) Gedung rektor sebagai pusat administrasi (biasanya) disebut gedung rektorat.
Alea @alginaat
2. Fakultas Dipimpin seorang dekan yang punya beberapa wakil dekan. Gedung pusat fakultas biasanya disebut dekanat. Fakultas ini bisa membawahi banyak jurusan. Macam-macam jurusan yang dinaungi fakultas di tiap Univ itu bisa beda-beda, tergantung kebijakan univnya. Misal ni..
Alea @alginaat
Di Univ A, fakultas Kedokterannya berisi jurusan farmasi, Kedokteran umum, Kedokteran Gigi, ilmu gizi, kesehatan masyarakat. Di Univ B, fakultas kedokteran membawahi jurusan Kedokteran umum, kebidanan, keperawatan. Jadi kalau misal adek-adek punya cita-cita masuk ke fakultas..
Alea @alginaat
tertentu, kenali jurusan yang kalian inginkan di fakultas Univ terkait. 3. Jurusan/Program Studi Jurusan ini udah yang paling spesifik kalian mau belajar apa di universitas itu. Biasanya ada jurusan buat regular & program internasional (daily language di kelas pake English)..
Alea @alginaat
Contoh nih, di fakultas biologi ada jurusan mikrobiologi, nah nanti ada mikrobiologi reguler dan ada mikroorganisme internasional. Oiya, jurusan itu dipimpin sama kajur/ketua jurusan. Kenapa aku kasih intro ini? Ya biar nantinya ga pada bingung aja. Lanjut~ Kegiatan kampus??
Alea @alginaat
1. UKM/Unit Kegiatan Mahasiswa Kalo di SMP/SMA, UKM ini mirip kayak klub siswa/ekstrakulikuler alias wadah pengembangan diri mahasiswa. Ada banyak UKM nih, kayak mapala (pecinta alam), rohis, choir/padus, tari, jurnalistik, dsb. Penting gasi ikut ginian? PENTING.
Alea @alginaat
Kalian bisa jadiin UKM ini tempat main kalian di mana kalian melakukan hal yg kalian suka di luar akademis, itung-itung buat refreshing. Banyak juga perlombaan di tingkat perguruan tinggi yg ga melulu soal akademis, bisa lomba padus (biasanya ini bisa sampe lomba internasional)..
Alea @alginaat
Anak padus itu bisa jalan-jalan ke luar negeri buat lomba, ga cuma padus sih, apa pun. Kalian bisa cari di youtube beberapa grup padus Univ di Indonesia banyak yg udah go internasional. Lewat UKM jg kalian bisa latian berorganisasi. Jadi bisa nambah-nambah CV (curriculum vitae)
Alea @alginaat
Apa tu CV? jadi, Kalo kalian mau ngelamar kerja, biasanya perusahaan bakal ngeliat CV kalian sebagai bahan pertimbangan. CV ini semacam rekam jejak kalian selama hidup. Isinya bisa data diri, riwayat sekolah, riwayat prestasi, riwayat organisasi, riwayat kontribusi ke masyarakat
Alea @alginaat
Seberapa penting CV? Oh, penting banget kalo kalian udah berencana untuk 'melamar' pekerjaan daripada 'membuat' lapangan pekerjaan. CV juga bisa dikata salah satu alasan kenapa anak2 kuliahan sering ikut lomba sana-sini, ikut organisasi, ngejar IPK tinggi. Biar apa?
Alea @alginaat
Biar nantinya 'harga jual' tenaga mereka sebagai 'pekerja' lebih tinggi daripada yg lain. Contoh nih, si A jadi ketua organisasi, dia menuliskan itu di CV dia. Suatu saat dia ngelamar pekerjaan, A punya nilai plus karena dianggap punya jiwa kepemimpinan yg baik..
Alea @alginaat
Bisa mimpin org banyak utk kerja sama. Di dunia kerja itu bukan tentang seberapa hebat kamu sbg seorang individu, tp seberapa bisa kamu bekerja sama dgn orang lain utk meraih tujuan yg sama. CV yang bagus juga bisa memudahkan kamu dapetin beasiswa.
Alea @alginaat
Oiya, CV juga bisa berisi keterangan kemampuan berbahasa kamu kayak berapa skor TOEFL kamu, berapa skor IELTS kamu, kamu bisa bahasa apa aja. Intinya CV ini prasasti, semakin berbobot CV kamu, semakin besar peluangmu untuk unggul. Jadi, mulai sekarang nyicil ya semuanya..
Alea @alginaat
Tapi CV bukan segalanya yg kamu harus sampe mati-matian ngusahain CV biar bagus, sampe insecure parah karena prestasi orang lain lebih baik, dsb. Enggak. Kan dah kubilang, CV penting kalo kamu mau 'ngelamar' pekerjaan, Kalo kamu niat dari awal pengen 'bikin' lapangan pekerjaan..
Alea @alginaat
Ya, ga ada yg salah juga, tapi bukan berarti kamu bisa santai-santai. Tetep usahain semampu kamu, ga usah banding-bandingin sama orang lain, cukup usaha biar tuhan tentukan hasil. Eaaa 2. PKM/Program Kreativitas Mahasiswa PKM ini bisa dibilang ini mini skripsi sih...
Alea @alginaat
Tapi tergantung juga kamu ikut PKM jenis apa. Jadi PKM ini ada beberapa jenis kayak PKM Penelitian/Kewirausahaan/gagasan tertulis/dsb (cari tau lagi ya). PKM ini banyak banget bahasannya, tapi intinya Kalo PKM kamu lolos pendanaan dan bisa sampe menang PIMNAS (Cari tau lagi), itu
Alea @alginaat
Adalah modal gede buat kamu dapetin beasiswa/kerja dengan mudah. Untuk PKM yang outputnya berupa jurnal (apalgi bisa tembus jurnal internasional), banyak universitas luar negeri bakal nawarin kamu beasiswa. Iya, ditawarin. Mantep ga tuh?
Alea @alginaat
Pokoknya PKM ini keren banget, silakan kalian kepoin lebih lanjut lewat Google. 3. Organisasi Tadi sempet kubahas dikit bareng UKM, organisasi ini lebih ke arah membangun karakter kamu sebagai seorang manusia, terpelajar. Banyak orang yang ga terlalu pinter akademis..
Alea @alginaat
---- kusambung besok ya, ngantuk :(( ----
Alea @alginaat
Lanjuttt~ ...tapi dia pinter public speaking, ngomong di depan banyak orang, impressive, itu bisa jadi Salah satu output dari ikut organisasi. Banyak yg ngira bahwa organisasi itu hanya utk mereka yg ekstrovert, yg bisa bergaul dengan mudah, bisa beradaptasi sama macam2 orang..
Alea @alginaat
Well, itu ga salah tapi ga sepenuhnya bener. Di organisasi, kalian ga harus tuh jadi orang yg super rame, haha hihi, kalian para introvert pun berhak buat belajar bersosialisasi lewat organisasi. Di organisasi itu, menurutku, bukan seberapa banyak kamu ngomong..
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.