0
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Azis S @Golkar5 #lampung2 membuka Raker dengam Menteri Hukum dan HAM terkait pertimbangan permohonan amnesti Baiq Nuril pada pukul 16:09 WIB pic.twitter.com/b9L6raDBlt
Expand pic
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Azis S @fraksigolkar #Lampung2: dalam agenda hari ini; 1. Kami meminta keterangan agar pertimbangan pemberian amnesti. Mudah2an bisa kita akhiri rapat ini pukul 17:00.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#Kom3 Yasonna Laoly, Menhumham: amnesti secara etimologis berasal dari bahasa Yunani yg berarti lupa. Akibat dari tindak pidana dan dihapuskan. Pemerintah amnesti diberikan oleh presiden selaku kepala negara.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: Sdr Baiq Nuril dijerat Pasal 27 UU No.19 th 2016 juncto Pasal 45 UU ITE asal tuduhan merekam dan menyebarkan konten asusila. Berdasarkan putusan Judex Factie, Baiq Nuril dinyatakan tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana yg diatur..
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: ...dalam UU ITE. Kemudian Jaksa mengajukan kasasi ke MA, dan Sdr Baiq Nuril divonis hukuman penjara selama 6 bulan dengan denda Rp 500 juta. Sdr Baiq Nuril kemudian mengajukan PK ke MA. Namun, berdasarkan putusan No.83/PK/PID.SUS/2019..
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: ...pengajuan PK yg dilakukan oleh Baiq Nuril ditolak, dan Baiq Nuril ditetapkan sebagai pelaku yg melanggar UU ITE
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#Kom3 Yasonna Laoly, Menhumham: amnesti dapat diberikan kepada orang perseorangan yg mendapatkan persoalan hukum seperti Baiq Nuril.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: Secara etimologis, amnesti berasal dari kata amnestia yg artinya melupakan. Untuk itu, pemberian ammesti oleh presiden bermaksud untuk meniadakan hukum pidana yg timbul dari suatu tindak pidana. Dalam hal ini pemberian amnesti harus..
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: ...berdasaekan atas pertimbangan DPR
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#Kom3 Yasonna Laoly, Menhumham: sesungguhnya perbuatan yg dilakukan bersangkutan adalah semata2 melindungi diri sebagai perempuan, ibu, dan istri.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: Selama ini pemberian amnesti hanya terkait pada tindak pidana politik, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan doktrin yg berlaku, maka penberian amnesti ini seharusnya bisa diberikan juga pada terpidana tindak pidana umum
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: Pemberian amnesti ini rasanya perlu dan harus didukung. Sebab, ini sejalan dengan nawacita Presiden untuk menegakan perempuan dan melindungi perempuan dari berbagai ancaman kekerasan
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Pemberian pandangan pemerintah secara tertulis terkait pertinbangan pemberian amnesti kepada sdr Baiq Nuril pic.twitter.com/m2gg6s5TQJ
Expand pic
Expand pic
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yosef B Badeoda @FPD_DPR #NTT1: soal unsur kepentingan negara jadi tidak ada lagi. Kita mengacuh kepada UUD 1945 bahwa pemberian amnesti memperhatikan pertimbangan DPR. Menurut saya, kalau pertimbangan berarti bukan hak otorisasi DPR.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yosef @PDemokrat #ntt1: Sebagaimana diketahui, pemberian amnesti ini harus melalui pertimbangan DPR, tetapi pertimbangan DPR ini bukan sesuatu yg bersifat mutlak. Tadi Menkumham menyatakan bahwa pemberian amnesti...
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yosef @PDemokrat #ntt1: ...dilakukan dalam rangka menegakan hukum. Pertanyaan saya adalah, sejauh mana hubungan pemberian amnesti dengan penegakan hukum?
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yassona L, Menhumham: sebenarnya soal pembangunan hukum adalah kita mengundang pegiat hukum. Pertimbangannya dalam rangka keadilan masyarakat. Karena yg dilakukan Nuril adalah mempertahankan harkat dan martabatnya sebagai perempuan.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yassona L, Menhumham: kalau dia memperjuangkan, jgn2 saya yang menjadi korban. Soal UU No. 11 emg benar sudah tidak ada dasarnya dan emg UU ini pd dasarnya oleh Bung Karno digunakan untuk memberikan amnesti kepada Firery.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menhumham: kami tetap dalam pemikiran bahwa harus ada ruang yg harus kita buat untuk hal2 seperti ini. Saya percaya oleh Bamus akan diberikan ke Kom 3 terkait tata cara pemberian amnesti dan abolisi untuk kedepannya.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: Penegakan hukum yg dimaksud disini adalah penegakan rasa keadilan, terutama bagi perempuan. Karena kalau pemberian amnesti ini tidak disetujui, maka akan terdapat preseden dimana perempuan yg dilecehkan oleh seseorang yg jabatannya..
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: ..lebih tinggi dari dirinya, akan merasa takut karena akan dianggap sebagai pelaku, padahal mereka adalah korban dari pelecehan. Rencana kami setelah ini adalah membuat RUU tentang amnesti. Sebab, harus ada ruang yg kita buat untuk hal hal..
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Yasonna L, Menkumham: ...seperti ini. RUU Amnesti ini sedang dalam tahap FGD, dan nantinya RUU ini diharapkan dapat menjadi payung hukum yg melindungi harkat dan martabat perempuan
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Azis S @fraksigolkar #Lampung2 rapat diskors untuk pengambilan keputusan Komisi 3 DPR RI.
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Azis S @Golkar5 #lampung2 membuka rapat kembali pada pukul 16:40 WIB
WikiDPR 1 @WikiDPR1
#kom3 Rieke D @PDI_Perjuangan #jabar7: kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan terkait pemberian amnesti.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.