1
Peziarah @eae18
1. Orang yang kuat begadang itu banyak. Tidur baru jam 03.00 dini hari. Persoalannya, bisa gak pas Azan Subuh, kisaran jam 04.20 bangun dan usai Subuh tak tidur lagi sampai malam jelang tidur? Inilah yang disebut daya tahan tubuh kuat.
Peziarah @eae18
2. Dari poin pertama, sering ada yang bilang, tubuh juga butuh istirahat agar terjaga. Ini pernyataan klasik, bisa benar, bisa juga tidak. Benar jika melihat hanya dengan pandangan lahir. Tak benar karena banyak contoh, orang yang sedikit tidur tapi tetap sehat.
Peziarah @eae18
3. Tak usah ambil contoh Baginda Nabi atau Sayyidina Umar Ibn Khattab, terlalu jauh, yang jelas-jelas di berbagai risalah dipaparkan, tidurnya tak lebih dari sejam atau dua jam. Ambillah contoh di sekitar kita,, orang-orang yang terpejam hanya hitungan sejam, dua jam.
Peziarah @eae18
4. Sering kita mendengar petuah orang tua, hati-hati dengan orang yang jarang tidur dan makannya sedikit. Apa maknannya? Makna yang tersirat dari petuah ini, mereka yang jarang tidur dan makan sedikit, lebih tajam penglihatan mata batinnya. Lebih awas.
Peziarah @eae18
5. Kita ingat Umar Ibn Khattab ketika keliling kota Madinah dini hari, ia mendengar percakapan seorang Ibu dan anak gadisnya. Sang Ibu meminta anaknya mencampur susu dengan air. Sang gadis menampik, Amiril mukminin membuat peraturan untuk tidak menjual susu yang dicampur air.
Peziarah @eae18
6. Sang Ibu menyela, "Di sini, banyak orang melakukannya, Nak, campurlah sedikit saja. Insya Allah Amirul Mukminin tidak mengetahuinya." Sang gadis tetap menolak, "Ibuku, Amirul Mukminin mungkin tidak tahu. Tapi, Rabb-nya dari Amirul Mukminin pasti melihatnya."
Peziarah @eae18
7. Sayyidina Umar tersedak. Air matanya mengalir deras, basahi jubahnya. Sesekali ia menyeka air mati itu dengan serbannya. Lalu ia pergi menuju Masjid Nabawi. Menjadi Imam Subuh. Usai Subuh, Sayyidina Umar memanggil anaknya, Ashim pergilah ke suatu keluarga, selidiki dia.
Peziarah @eae18
8. Usai melakukan investigasi, Ashim memberi reportase ke ayahnya. Lalu Sayyidina Umar memberi pesan ke Ashim. "Kembalilah dan lamarlah anak gadis itu, jadi istrimu. Insya Allah, ia akan memberi keberkahan hidup untukmu, keluargamu dan keturunanmu.".
Peziarah @eae18
9. Menikahlah Ashim dengan anak gadis itu dan dikarunia anak perempuan bernama Layla (Ehem ingat judul lagu Eric Clapton). Layla tersohor dengan panggilan Ummi Ashim. Layla menghadiri pemakaman sang mertua, usai tragedi pembunuhan. Ia juga alami tragedi pembunuhan Utsman dan Ali.
Peziarah @eae18
10. Singkat cerita, Ummi Ashim menikah dengan Abdul Aziz bin Marwan. Abdul Aziz ini Gubernur Mesir era Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Dari pernikahan ini ,lahirnya anak lelaki bernama Umar, Umar bin Abdul Aziz. Umar kecil hidup di istana (duh ingat Mega tapi ya beda jauh).
Peziarah @eae18
11. Di kening Umar, ada tanda robekan, bekas tendangan kaki kuda yang ada di lingkungan istana (ingat kuda, ingat pecundang Wowo). Persis dengan mimpi Khalifah Umar Ibn Khattab. Usia 28 tahun, ia jadi Gubernur Madinah. Usia 33, Umar jadi menteri dan penasihat khalifah Sulaiman.
Peziarah @eae18
12. Menginjak usia 37 tahun, Umar Ibn Abdul Aziz jadi Khalifah ke-8 Bani Umayyah, menggantikan Khalifah Sulaiman. Di rumah, usai dilantik, Umar sedih dan menangis. Ia ingin menjadi khalifah itu atas daulat rakyat. Dipilih secara fair bukan atas wasiat Khalifah Sulaiman.
Peziarah @eae18
13. Ia curhat ke pembantunya, "Orang seperti saya harus merasa sedih. Saya ingin memberikan hak kepada semua rakyat tanpa dia menulis surat dan menuntut kepadaku," tutur Umar dengan curuan air mata (jadi ingat Jae, jadi presiden dimenangkan KPU dan MK bukan kaena daulat rakyat).
Peziarah @eae18
14. Jejak karir Umar Ibn Abdul Aziz layak jadi renungan AHY. Khalifah Umar meniti jenjang karir dari bawah; hidup di istana, menjadi Gubernur ketika Khalifah Walid bin Abdul Malik, jadi menteri dan penasihat Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik hingga akhirnya menjadi Khalifah ke-8
Peziarah @eae18
15. Jangan disamakan titian karir Umar Abdul Aziz dengan Jokowi. Jokowi meniti karir dari walikota Solo, Gubernur Jakarta dan Presiden RI. Tapi Jokowi meniti karir dengan politik uang dan terakhir, jadi presiden dengan cara-cara kotor, cara curang.
Peziarah @eae18
16. Jejak Khalifah Umar Ibn Aziz, jejak yang layak dijadikan teladan bagi kita semua. Beliau mengikuti jejak garis keturunannya, Khalifah Umar Ibnu Khattab; jarang tidur dan sedikit makan. Kekuasan yang ia raih, ia hibahkan untuk kepentngan rakyat. Ia juga sosok yang zuhud.
Peziarah @eae18
17. Kultwit ini saya tulis karena pas sholat Subuh di Masjid Sekneg, Sang Imam membaca surat At-Tahrim ayat 6 - 8; "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu...."
Peziarah @eae18
18. Ujung ayat ini, رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". Saya tengadahkan tangan pas ayat ini. Sunah.
Peziarah @eae18
19. Surat At-Tahrim ini bersinergi dengan anjuran Sayyidina Umar ke anaknya, Ashim, tuk memilih perempuan tuk dijadikan istri. Yang utama adalah akhlaknya, pribadinya. Di sinilah konteks jagalah dirimu dan keluargamu pada ayat 6, menemukan cantolannya.
Peziarah @eae18
Moga kultwit 19 poin dari sang pendosa ini, yang jarang tidur dan makan sedikit (jarang tidur karena nonton klub hebat Real Madrid main ya dan makan sedikit karena gak ada nasi di rumah), bisa jadi ibrah bagi saya dan kita semua. Aamiin YRA Hiiii @threadreaderapp unroll please.
Peziarah @eae18
@threadreaderapp Kultwit 19 poin ini juga ingin memberi satu pelajaran kepada para sahabat di temlen; menulis secara spontan tapi diusahakan runut dan sedikit kesalahan tulis. Pokok dasar menulis itu mencari topik, menemukan ide. Kemudian menjaga alur, plot.
Peziarah @eae18
@threadreaderapp Matur sembah suwun wahai admin @threadreaderapp 🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Peziarah @eae18
Monggo sarapan pagi dengan kultwit saya, wahai para admin @Puspen_TNI @DivHumas_Polri Jagalah Dirimu dan Keluargamu..... threadreaderapp.com/thread/1154170…

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.