0

Merdeka.com - Co-founder Marvell Technology Group Sehat Sutarja, diaspora Indonesia di Amerika Serikat, menjadi salah satu pembicara pada kongres diaspora ke IV yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Pemilik ratusan hak paten tersebut berbicara mengenai Inovasi Keren Diaspora Indonesia dan Supermentor Diaspora.

Dalam dua sesi yang digelar masing-masing satu jam tersebut, Sehat membagikan cerita sukses dapat memimpin Marvell Tehnology Group hingga sesukses sekarang.

"Kalau mau sukses jangan pernah takut gagal. Kalau gagal, gagal dan gagal, jangan takut. Kamu harus coba lagi, coba sampai kamu puas dengan hasilnya. Saya juga pernah gagal, tapi saya tahu kalau saya berhenti, itu adalah kegagalan yang paling besar," ujar Sehat saat memberi paparan di acara kongres diaspora, Jakarta, Sabtu (1/7).

Pria yang awalnya bercita-cita menjadi montir radio ini mengatakan, untuk menjadi orang sukses harus butuh ketekunan dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Selain itu, seseorang harus mengambil keputusan yang menurut orang lain itu sangat mustahil terjadi.

"Kalau mau sukses, kamu harus menciptakan sesuatu yang menurut orang lain mustahil diwujudkan," jelasnya.

Salah satu tantangan yang tidak dapat dilupakan olehnya saat merintis perusahaan adalah bersaing dengan perusahaan semikonduktor raksasa dalam memasarkan produk yang dimiliki. Berbagai perusahaan menolak karyanya sudah menjadi hal biasa baginya.

"Namanya merintis, itu pasti ada penolakan. Karena perusahaan besar yang memiliki kesamaan produk cenderung lebih dipercaya. Ditolak sudah biasa, tapi harus bangkit dan coba lagi," pungkasnya.
Sebagai informasi, Sehat adalah seorang pengusaha Indonesia dari etnis Tionghoa-Indonesia. Dia merupakan pendiri pendamping Marvell Technology Group dan menjadi presiden, pemimpin eksekutif sejak 1995.

Sehat Sutardja menamatkan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius dan lulus pada 1980. Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan meraih sarjana sains di teknik elektrik dari Universitas Negeri Iowa. Dia juga menjalani pendidikan pascasarjana Master of Science (M.Sc) dan Ph.D dalam bidang teknik elektrik dan ilmu komputer dari Universitas California, Berkeley.

Sementara, Marvell adalah produsen produk penyimpanan, komunikasi dan semikonduktor konsumen asal Amerika Serikat. Perusahaan semikonduktor ini disebut menjadi yang terbaik ketiga di dunia. Pada 2007, majalah Forbes memasukkan Sehat Sutardja sebagai 10 orang terkaya di Amerika Serikat.

Didirikan tahun 1995, Marvell Technology Group Ltd. memiliki pabrik di seluruh dunia dan mempekerjakan sekitar 5.700 karyawan. Kantor pusat operasinya di AS terletak di Santa Clara, California. Marvell juga memiliki pusat desain internasional di AS, Eropa, Israel, India, Singapura, dan Cina.

Sebagai perusahaan semikonduktor fabless, Marvell memproduksi satu miliar cip per tahun. Kemampuan Marvell dalam bidang arsitektur mikroprosesor dan pemrosesan sinyal digital mendorong penciptaan berbagai platform, termasuk solusi penyimpanan volume besar, produk genggam dan nirkabel, jaringan, produk konsumen dan ramah lingkungan.

Marvell memproduksi berbagai macam produk seperti prosesor canggih, pemancar-penerima pita lebar & nirkabel, pengontrol penyimpanan, dan prosesor LED.

URL liputan6.com Sehat Sutardja, Orang Indonesia Tersukses di Silicon Valley Sehat Sutardja mengantongi ratusan paten dan perusahaan yang ia dirikan memiliki ribuan karyawan dengan kantor di berbagai negara di dunia

Merah Putih Berkibar, Indonesia Raih Medali Olimpiade Matematika di Inggris

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.