0

Ini Kelebihan Xirka, Chipset Smart Card Pertama Buatan Indonesia.

Chip Buatan Indonesia: WiMAX Xirka

Chip bukanlah barang baru di dunia IT. Namun, bagaimana dengan pembuatannya? Ternyata masih didominasi produk luar. Kali ini, beberapa kreator IT muda Indonesia kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam pembuatan chip.

Chipset Wimax Xirka adalah sebuah chip yang dibuat oleh orang Indonesia asli, diluncurkan Agustus 2009. Bukan usaha mudah membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006.

Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax. Untuk fixed wimax telah diluncurkan pada Agustus 2009. Sedangkan mobile wimax diluncurkan pada quartal keempat 2009.

Tahun 2009, Xirka diproduksi massal untuk Chipset Fixed BWA (IEEE 802.16d-2004). Xirka memiliki roadmap yang sudah direncanakan sesuai dengan kebutuhan dunia IT di Indonesia maupun Internasional. Xirka chipset generasi pertama – berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai dengan standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005 akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2010.

Setelah Xirka generasi pertama diluncurkan, maka akan diteruskan dengan Xirka generasi kedua dan seterusnya yang mengikuti kemajuan teknologi chipset dunia. Dengan roadmap yang jelas, maka Xirka dengan mantap dan terencana akan menjadi industri chipset kelas dunia yang terus melakukan inovasi dan kontribusi tidak hanya di Indonesia tetapi juga internasional.

Produk asli buatan Indonesia ini diluncurkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kusmayanto Kadiman. Beliau menjelaskan, seluruh komponen di dalam Xirka merupakan buatan Indonesia. Operator yang memberikan layanan Wimax wajib menggunakan Xirka.

Menurut Kusmayanto, peran Indonesia selama ini hanyalah sebagai pengguna. ”Oleh karena itu, kami ingin Indonesia juga bisa berperan sebagai produsen. Kami dorong pengembang untuk kembangkan chip Wimax dan hasilnya adalah Xirka ini,” paparnya.

Wimax, tambahnya, dipastikan akan serba Indonesia, mulai dari komponen hingga operator Wimaxnya. Dengan diciptakannya chip Wimax Xirka ini, Indonesia sudah sejajar dengan sembilan negara lain yang sudah mengembangkan chip Wimax, antara lain China, Jepang, Rusia, dan Taiwan.

Kusmayanto mengharapkan industri chipset Indonesia bisa mencapai kelas dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dan kontribusi tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat internasional.

Saat ini, Xirka memiliki engineer-engineer yang andal yang terbagi dalam 4 bidang yaitu, Architecture Designer, System Modeling, Prototyping, dan Medium Access Control (MAC). Dengan disiplin dan kerja keras, serta kerjasama yang baik maka Xirka siap menjadi pemain IT global.

Mimpi Chipset Lokal Xirka Jadi Seperti Qualcomm

PT Xirka Silicon Technology, sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang perancangan chipset semikonduktor, ingin menyaingi Qualcomm hingga MediaTek soal persaingan di pasar chipset.

Xirka sendiri baru saja merilis chipset SCard XCT136. Namun untuk tahap awal, chipset tersebut dimanfaatkan kartu identitas mahasiswa.

"Chipset SCard adalah tipe smartcard. Sedangkan kalau untuk industri smartphone maka kita menyediakan SIM card-nya dan chipset NFC untuk pendukung aplikasi smartphone," ujar CEO Xirka Sylvia W. Sumarlin di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

"Qualcomm dan Xirka adalah sama-sama desainer chipset, namun Qualcomm mendesain khusus untuk otak di dalam smartphone. Xirka mendesain SIM card yang digunakan untuk smartphone," kata Sylvia melanjutkan.

Bahkan diakui Sylvia sudah ada vendor smartphone yang mau diajak kerjasama untuk penggunaan chipset buatan Xirka. Sayang, saat ditanya siapa vendor yang dimaksud, ia enggan untuk menyebutkannya.

Sampai saat ini chipset tersebut belum resmi diluncurkan dan digunakan di ponsel pintar manapun, baru uji coba. Direncanakan chipset untuk smartphone buatan Xirka dapat dihadirkan pada tahun depan. "Diharapkan chipset untuk smartphone ini diluncurkan tahun depan," ucapnya.

Diungkapkan Sylvia, target pasar Xirxa tak hanya orang sebagai pengguna, tetapi Internet of Things. "Maksudnya segala peralatan rumah tangga juga menjadi pengguna smartcard atau chipset ini, mulai dari pengontrol di kulkas, TV, AC, dan lainnya," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, rancangan chipset SCard XCT136 secara keseluruhan dilakukan di dalam negeri oleh putra-putri Indonesia melalui pusat penelitian dan pengembangan Xirka di Bandung.

Hasil akhir dari rancangan tersebut berupa Layout Chipset dalam bentuk Photomask yang siap dicetak di atas silikon. Untuk melahirkan XCT136, setidaknya Xirka mengeluarkan investasi sebesar Rp 80-90 miliar selama satu dekade pembuatannya

URL LINE TODAY Ini Dia Smartcard Pertama Buatan Indonesia Merdeka.com - PT Xirka Silicon Technology meluncurkan produk smart card terbaru yakni Chipset Scard XCT136. Produk anyarnya ini, memiliki prosesor yang juga mendukung komunikasi dengan BTS operator telekomunikasi selular berdasarkan standard GSM. Artinya,
URL https://techno.okezone.com/ HARI MERDEKA: Menilik Chipset Buatan Indonesia yang Tak Kalah Hebat dengan MediaTek & Qualcomm : Okezone techno nbspMenilik Chipset Buatan Indonesia yang Tak Kalah Hebat dengan MediaTek amp Qualcomm - Techno Bisnis - okezone techno

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.