Cara Memulai, Membeli, dan Investasi Saham Bagi Pemula

lakukan dengan hati-hati, bisa dimulai dengan simulasi dulu sebelum masuk ke zona yang sebenarnya
ekonomi investasi STUDY saham
1
glassovart @glassovart
Kemaren sempat komen di postingan orang tentang cara beli saham bagi pemula. Karena yang like banyak ya udah sekalian aja gw buatkan tritnya. Itung-itung biar ngingetin gw sendiri Begini cara memulai membeli atau investasi saham bagi PEMULA A Thread
glassovart @glassovart
1) banyak orang yang semangat mau inves atau beli saham. Tapi kebanyakan bingung mau mulai darimana. Yang perlu dilakukan pertama saat mau beli atau investasi saham adalah kalian tidak mendadak menjadi kaya raya bahkan kalo tidak cermat bisa jadi miskin
glassovart @glassovart
2) Kalo dah yakin dan paham tentang saham itu hanya instrumen bukan tongkat sihir buat jadi kaya langsung masuk ke pembahasan ini Kalian harus tau beberapa hal awal di dunia saham seperti sekuritas, kode saham, lot, trading, investasi, RDN, blue chip
glassovart @glassovart
3) Sekuritas adalah perusahaan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor. Jadi kalian belinya harus lewat mereka, tidak bisa langsung kaya beli gorengan
glassovart @glassovart
Jadi skemanya kalian daftar ke sekuritas trus kalo sudah di acc kalian akan dapat akun RDN (dijelasin di bawah ya). Kalian nanti transfer dulu ke RDN misal 100rb. Nah uang yang 100rb di RDN itu yang akan dipake buat transaksi saham
glassovart @glassovart
4) Kode saham itu misal BBCA untuk kode saham Bank BCA. Kalo lot itu satuan untuk jumlah saham. 1 lot = 100 lembar saham Ntar kalian bisa paham sendiri sih kode-kode saham yang ada
glassovart @glassovart
5) Trading = jual beli saham untuk jangka waktu cepat misal per menit, per jam atau harian. Kalo investasi = jual beli saham untuk jangka waktu lama. Kalo newbie mending investasi aja dengan beli saham perusahaan yang kita kenal like BCA, Telkom dll
glassovart @glassovart
Mana yang lebih cepat buat jadi kaya? Enggak ada kecuali kalian main saham tapi sembari ngepet. Kalo mau trading siapkan mental dan emosinya juga karena harganya fluktuatif sekali. Kalo pemula mending investasi aja dulu biar tau sensasinya punya saham
glassovart @glassovart
6) RDN adalah bank yang digunakan untuk transaksi. Bank ini sudah disediakan oleh sekuritas. Saat kita daftar ke sekuritas biasanya ditawarkan mau pake bank apa sebagai RDN
glassovart @glassovart
7) Langkah pertama adalah langsung pilih sekuritas. Tips milihnya sudah gw tulis lengkap. Baca ya itstime.id/lengkap-11-car…
glassovart @glassovart
8) Langkah kedua sering-sering baca web tentang saham seperti @KontanNews , @Bisniscom .com dll. Untuk twitter bisa follow kaya @BigAlphaID . Di telegram juga banyak tinggal search aja "saham". Tapi ingat kalo di telegram kebanyakan buat trading
glassovart @glassovart
9) Kalo sudah mantap tinggal buka aplikasi dari sekuritas terus beli. Coba aja pake uang Rp 500rb. Ini sudah bisa milih beberapa saham bagus juga kok. Pokoknya yang penting action. Kalo 500rb kebanyakan ya 100rb juga bisa. Pokoknya jangan cuma dianggurin akunnya.
glassovart @glassovart
10) Thread ini jangan cuma dilike atau diretweet tapi juga dipraktekan ya...
glassovart @glassovart
11) Enggak usah mutualan-mutualan ye.. Kalo kalian langsung praktek aja, gw udah seneng kok...

LENGKAP : 11 CARA MEMILIH PERUSAHAAN SEKURITAS BAGI PEMULA
PUBLISHED ON JULY 19, 2019 BY ADMIN

Setelah panjang lebar membahas panduan cara membeli saham bagi pemula, ITS TIME akan memberikan panduan lengkap juga untuk cara memilih perusahaan sekuritas.

Sudah dijelaskan di artikel PANDUAN LENGKAP CARA MEMBELI SAHAM BAGI PEMULA tentang apa saja yang harus dipersiapkan bagi pemula untuk mulai membeli saham atau berinvestasi saham.

Di salah satu artikel dijelaskan bahwa untuk membeli saham, masyarakat tidak bisa langsung membeli ke Bursa efek layaknya ketika kita mau membeli gorengan di pasar. Ada mekanisme tertentu yang harus diikuti.

Salah satu mekanisme yang ada yaitu kita bisa menjual atau membeli melalui perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

Di Indonesia, perusahaan sekuritas sangat banyak dan bisa dicek semua secara transparan melalui link berikut DAFTAR NAMA PERUSAHAAN SEKURITAS. Namun karena sangat banyak itulah kadang membuat pemula menjadi bingung menetukan mana yang sebaiknya dipakai untuk media jual beli saham.

Berikut panduan atau tips-tips cara memilih perusahaan sekuritas bagi pemula :

  1. Perhatikan setoran awal yang diberlakukan

Setiap sekuritas memberikan batasan setoran awal yang harus dibayarkan oleh masyarakat saat mendaftar.

Ada perusahaan sekuritas yang memberlakukan setoran awal hanya Rp 100.000, namun ada juga yang memberlakukan setoran awal hingga Rp 10.000.000.

Kalian bisa memilih sesuai dengan budget anggaran yang disiapkan. Uang setoran awal ini akan masuk di RDN sehingga bisa dijadikan modal awal untuk membeli saham (uangnya bisa dicairkan kembali atau dibelikan saham).

Biasanya untuk pertimbangan ini lebih dikhususkan ke arah target marketi perusahaan. Jika target marketnya mahasiswa kemungkinan setoran awalnya kecil atau kisaran Rp 100.000 saja.

  1. Pilih yang biaya transaksinya kecil

Setiap perusahaan sekuritas mengambil komisi dari setiap transaksi jual beli saham yang kita lakukan. Ada perusahaan sekuritas yang mengambil 0,15 persen untuk transaksi beli dan 0,25 persen dari transaksi jual.

Di tahap ini memang harus pandai-pandai untuk menyeleksi mana perusahaan sekuritas yang paling minimal biaya fee-nya dalam setiap transaksi.

  1. Punya analis yang mumpuni

Semua perusahaan sekuritas berlomba-lomba agara masyarakat menggunakan layanannya untuk jual beli saham bagi masyarakat. Oleh karena itu biasanya perusahaan sekuritas ini mempunyai grup-grup yang isinya berupa analisis dan rekomendasi saham yang sebaiknya dijual atau dibeli.

Selain itu juga kadang di dalam software yang dimiliki perusahaan sekuritas ini juga menawarkan analisis-analisis tertentu terakit suatu saham.

Jika perusahaan sekuritas yang ingin kalian pilih mempunyai panduan analisis saham maka layak kalian pertimbangkan untuk membuka akun disini.

  1. Memiliki fasilitas transaksi online dan fitur-fitur trading

Di panduan ini sepertinya sudah banyak perusahaan sekuritas yang mempunyai fasilitas transaksi online untuk masyarakat yang ingin menjual maupun membeli saham saat itu juga.

Biasanya mereka mempunyai 2 software yaitu software yang diinstal di desktop maupun aplikasi di mobile.

Untuk fitur trading juga sebaiknya komplit ada hal-hal berikut :

Simulasi trading saham untuk yang masih pemula
Berita emiten terbaru
Hasil analisa teknikal harian
Grafik bearish dan bulish saham tertentu
Rekomendasi saham prospek harian
Chating langsung dengan adminnya
5. Gak ribet dalam urusan buka rekening

Kemudahan saat kita mendaftar di perusahaan sekuritas ini juga bisa menjadi salah satu kemudahan yang bisa kita pertimbangakan.

Kita tidak ingin kan karena hanya mendaftarnya ribet malah tidak jadi untuk membeli atau investasi saham.

  1. Ada fasilitas margin trading

Margin trading ini sejenis kredit tapi buat investor saham.

Misalnya kamu punya dana Rp 50 juta aja, tapi dengan margin trading nih, kamu bisa beli saham hingga Rp 100 atau Rp 200 jutaan. Besarnya limit trading itu ya ibarat plafon pinjaman kredit bank aja, dan tentunya margin trading itu ada bunganya.

Bicara soal perusahaan sekuritas terbaik, maka ada baiknya kamu pilih yang limitnya besar tapi bunganya lebih rendah. Ingat lho, investasi saham itu risikonya tinggi. Kalau seandainya kamu memanfaatkan fasilitas ini lantas saham yang kamu beli anjlok, maka kerugianmu bisa berlipat ganda. Serem kan!

  1. Data realtime berikan gratis

Poin pertimbangan no 7 ini selaras dengan poin 4. Point 7 ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi kita yang ingin menjadi trader saham alias trading dalam waktu singkat.

Ada beberapa perusahaan sekuritas yang datanya tidak realtime tetapi jeda 15 menit. Jika ingin realtime ada syarat dan ketentuannya.

Kalo seperti ini sebaiknya dihindari atau lebih baik memilih perusahaan sekuritas yang berani memberikan data realtime secara gratis.

  1. Tidak ada catatan buruk

Catatan buruk ini lebih mengarah ke blaklist dari pemerintah ya.

Karena banyak perusahaan sekuritas yang besar namun juga mendapat teguran-teguran dari pengelola bursa efek.

  1. Adanya fitur saham syariah

Sekarang sudah menjadi hal umum jika ada beberapa perusahaan sekuritas menawarkan 2 opsi yaitu bisa jual beli semua saham atau hanya jual beli saham syariah. Untuk detail apa pengertian saham syariah bisa dibaca disini Apakah Saham Syariah Itu?

  1. Customer service

Customer service yang fast respon akan memberikan kenyamanan saat kita menggunakan layanan dari perusahaan sekuritas. Dan layanan ini juga perlu dipertimbangkan saat kita akan memilih perusahaan sekuritas.

  1. Besar dan lamanya perusahaan

Poin ini juga menjadi pertimbangan bagi kita saat akan memilih perusahaan sekuritas.

Untuk besarnya perusahaan bisa dilihat dari banyaknya cabang yang ada baik cabang di dalam negeri maupun luar negeri.

Sedangkan lamanya perusahaan dapat dilihat dari berapa usia perusahaan tersebut.

Itulah 11 cara menentukan sekuritas untuk tempat bertransaksi saham.

Jika kita sudah memilih tempat sekuritas berarti sudah saatnya untuk jual beli saham. Jangan bingung langsung baca artikel berikut Panduan Bagi Pemula Cara Membeli Saham di Sekuritas Phintraco Sekuritas (Profits)

Sumber :

  1. https://www.moneysmart.id/8-cara-memilih-sekuritas-terbaik/

  2. https://analis.co.id/tips-memilih-perusahaan-sekuritas.html

  3. https://itstime.id/lengkap-11-cara-memilih-perusahaan-sekuritas-bagi-pemula/

Ceng! @Chengkibarrr
@glassovart @Nabilaayaa Sekedar info, sekuritas yang paling mudah dan sudah terdaftar di ojk itu INDOPREMIER dimana minimal saldo untuk membuka rekening 100k, daftar dan verifikasinya pun bisa dilakukan secara online
Agasi Gilang Persada @agasigp
@glassovart @Chengkibarrr @Nabilaayaa Beberapa sekuritas juga menyediakan reksa dana seperti @ipot_indonesia @TalkToPhillip Jadi bisa investasi reksa dana & saham dalam satu aplikasi.
ensul @mufidmommy
@kopiguddei @glassovart @caraphernelia Mau coba invest Reksadana lewat Bareksa. Udah daftar n kirim semua berkas tapi sampai sekarang gak ada respon dari @bareksacom
glassovart @glassovart
@mufidmommy @kopiguddei @caraphernelia @bareksacom sip...pokoknya yang penting tetap harus investasi dimanapun rumahnya asal bukan di shopee and the gank

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.