0

Ada banyak alasan kemunculan benjolan di belakang kepala. Meski umumnya tidak berbahaya, Anda patut waspada ketika benjolan disertai rasa sakit kepala, muntah, berdarah, atau jika ukurannya terus membesar.

Benjolan di belakang kepala bisa bervariasi mulai dari ukuran, warna, dan bentuknya. Ada yang lembek, keras, membuat gatal, mengganggu penampilan, atau tidak terasa nyeri sama sekali. Benjolan di belakang kepala yang berbahaya yaitu bila disertai nyeri dan sakit kepala berkepanjangan meski sudah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Penyebab Benjolan di Belakang Kepala dan Kapan Harus Waspada - Alodokter

Penyebab Munculnya Benjolan di Belakang Kepala

Beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang kepala yaitu:

Benturan atau kecelakaan

Benjolan dapat muncul ketika kepala berbenturan dengan objek yang keras atau terjadi cedera kepala. Hal ini merupakan reaksi tubuh untuk menyembuhkan diri.
Benjolan di belakang kepala dapat menyebabkan memar atau hematoma pada kulit kepala. Benjol berwarna keunguan adalah tanda bahwa Anda mengalami pendarahan di bawah kulit. Benturan yang kuat memang dapat menyebabkan benjolan besar bahkan pendarahan pada otak, akan tetapi umumnya benjolan akan hilang dalam beberapa hari. Namun jika setelah benturan, Anda sampai kehilangan kesadaran, muntah, atau kejang, segera periksakan diri dokter.

Rambut yang gagal tumbuh

Rambut gagal tumbuh biasanya ditemukan pada orang yang suka bercukur. Kondisi ini terjadi ketika rambut yang mestinya tumbuh menembus kulit, malah masuk ke dalam kulit. Rambut yang terjebak di dalam kulit ini umumnya menyebabkan benjolan kecil kemerahan. Meski tidak berbahaya, kondisi ini juga bisa menjadi infeksi dan bisul.
Folikulitis (infeksi pada folikel rambut)
Folikulitis adalah infeksi atau peradangan pada folikel rambut, umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Benjolan folikulitis berwarna merah atau putih, dan berukuran kecil seperti jerawat. Kondisi ini tidak berbahaya, namun dapat menimbulkan gatal, kerontokan, dan kebotakan.

Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal yaitu tumor yang tumbuh di lapisan terdalam kulit dan bersifat ganas. Kondisi ini merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan. Warnanya bisa merah atau pink dengan bentuk seperti luka, bekas luka, atau benjolan. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang intens.

Lipoma

Lipoma merupakan tumor lemak jinak yang terasa lembek dan lembut ketika dipegang dan bisa bergeser. Lipoma terbilang jarang muncul di kepala, dan lebih sering muncul di bahu dan leher. Lipoma tidak menimbulkan rasa nyeri. Meski demikian, jika ukurannya terus membesar, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi pengangkatan tumor.

Kista epidermoid

Kista epidermoid umumnya tumbuh di bawah kulit wajah dan kulit kepala. Ukurannya bisa besar ataupun kecil, dan seringkali tidak menimbulkan rasa sakit. Penyebab kista epidermoid adalah penumpukan keratin, yang merupakan protein pembentuk kulit. Jika tidak mengganggu, kista ini biasanya tidak perlu diobati karena tidak berbahaya.

Kista pilar

Sama dengan kista epidermoid, kista pilar berbentuk benjolan dan umumnya tumbuh di kulit kepala. Kista ini juga tidak menyebabkan nyeri, namun bisa mengganggu penampilan apabila ukurannya besar.

Keratosis seboroik

Keratosis seboroik merupakan benjolan kecil mirip tahi lalat atau kutil, yang biasanya tumbuh di kepala atau leher orang lanjut usia. Bentuknya agak mirip dengan kanker kulit, namun keratosis seboroik sebenarnya jinak dan tidak berbahaya. Namun, Anda tetap bisa menghilangkannya melalui prosedur cryotherapy (bedah beku) atau bedah listrik, yang dikerjakan oleh dokter.

Pilomatriksoma

Pilomatriksoma adalah tumor di folikel rambut yang bersifat jinak. Tumor ini lebih umum terjadi pada anak-anak dan remaja. Benjolan umumnya tidak menimbulkan sakit dan muncul pada leher, wajah, atau kepala, namun bisa juga muncul di bagian tubuh lain.

Eksostosis

Eksostosis adalah pertumbuhan abnormal di atas tulang. Kondisi ini jarang terjadi pada kepala dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Eskostosis bisa menimbulkan rasa nyeri, namun bisa juga tanpa nyeri sama sekali. Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan jika sudah terjadi komplikasi.

Kapan Benjolan di Belakang Kepala Dikatakan Berbahaya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan benjolan di belakang kepala tidak berbahaya. Namun perlu diingat, benjolan di belakang kepala membutuhkan pemeriksaan dan penanganan segera jika diiringi dengan:

  • Muntah.
  • Penurunan kesadaran atau pingsan.
  • Gangguan keseimbangan atau koordinasi tubuh.
  • Nyeri yang hilang timbul.
  • Sakit kepala yang tidak membaik meski sudah minum obat pereda nyeri.
  • Memiliki riwayat gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia.
  • Pernah menjalani operasi otak atau pembedahan kepala sebelumnya.

Solusi tepat dan efektif untuk mengatasi benjolan di dahi yang ampuh tanpa efek samping yaitu dengan menggunakan obat herbal ace maxs. Ace Max’s adalah sebuah produk kesehatan terbaru berbentuk cairan seperti minuman. Ace Max’s terbuat dari bahan alami yaitu kulit manggis dan daun sirsak yang telah diekstrak. Karena terbuat dari bahn alami, maka Ace Max’s tidak menimbulkan efek samping negatif. Ace Max’s dapat membantu memberikan kesembuhan bagi mereka yang tengah mengidap kanker salah satunya adalah kanker payudara. Salah satu bahan utama Ace Max’s adalah kulit manggis, telah dilakukan penelitian bahwa kulit manggis mengandung zat antioksudan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Dan terdapat juga senyawa xanthone, berfungsi sebagai antikanker yang bersifat antiploriferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan bersifat apoptosis yaitu mendukung penghancuran sel kanker.

Sedangkan pada daun sirsak, terdapat senyawa yang bernama Acetogenins yang bersifat sebagai antitumor yang sangat baik untuk penyembuhan kanker payudara. Kandungan senyawa Acetogenins pada daun sirsak mampu membunuh dan memperlambat sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi.

Khasiat Daun Sirsak : Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya.Di Indonesia sendiri daun sirsak sudah dikenal abahkan sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Khasiat Kulit Manggis : Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sulit diobati salah satunya penyakit kanker.

Perlu diketahui kulit manggis memiliki senyawa xanthone yang saat ini sangat banyak diproduksi sebagai bahan dasar obat obatan herbal untuk menumpas berbagai penyakit berbahaya. Senyawa ini dapat mencegah gondok, diabetes, mencegah kanker, Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis sangat berperan dalam melawan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Peneliti di Indonesia. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi. Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis.

Perhatian :

  1. ACE MAXS hendaknya TIDAK DI KONSUMSI Anak Usia Di Bawah 6 tahun dan Ibu Hamil.
  2. Bagi penderita maag konsumsi ace maxs 1-2 jam sebelum ataupun sesudah makan.
  3. Jika mengkonsumsi obat dokter silakan beri jeda waktu minimal 2 jam setelah konsumsi obat dokter.

Legalitas Ace Maxs

Ace Maxs merupakan obat herbal alami yang memiliki legalitas resmi tedaftar bi BPOM, Depkes RI, dan juga mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Nomor BPOM pada ace maxs yang terbaru adalah POM TR .142 680 331 terbit pada bulan september 2014, dan sekarang Ace Maxs hadir dengan kemasan baru.

Cara Pemesanan Ace MAxs

Ketik : AM-BTN : Jumlah Pesanan : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : No.HP/No.Tlp.
Kirimnya ke 085222693197

Contoh:

AM-BTN : 6 botol : Cencen Nuraini : Jl. Muktamar Singaparna Cilampunghilir, Cipakat, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46417 No HP. 085 223 855 xxx
kirim ke 085222693197

Bisa Pesan Langsung Lewat WhatsApp: KLIK DISINI

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.