0
Zaky Faris M @zakyfarism

🏥 Medical Doctor // 🎙️"KOHI Podcast" on Spotify

https://t.co/1g3LIP07CG
Kang Jae Ki @zakyfarism
[THREAD PENTING] kemaren jaga IGD ada pasien. Setelah keluarganya gw kasih tau bahwa pasien serangan jantung, trus sama keluarganya di tepok-tepokin kayak video ini dong 😭 Eh skrng viral lagi videonya 😅 Seberapa penting sih tau soal srangan jantung? pic.twitter.com/fAsVLwhgCE
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kita bahas sedikit anatomi jantung ya. Jantung itu organ yang tugasnya paling penting: memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung dapet nutrisi dari kumpulan arteri yang namanya arteri koroner. Arteri koroner inilah yang mastiin jantung bisa mompa sesuai fungsinya. pic.twitter.com/tLDqKAmSID
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Semakin dengan bertambahnya usia, pembuluh darah arteri koroner ini makin menyempit karena deposit plak lemak didalamnya. Proses ini juga dipercepat oleh penyakit2 lain seperti hiperkolesterol, diabetes melitus, obesitas, alkoholik, dll. pic.twitter.com/Oa6TIcdcaC
Expand pic
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Nah kalau menyempit otot jantung artinya kekurangan aliran darah dan nutrisi untuk menjalankan tugasnya memompa darah. Kondisi ini menimbulkan suatu ‘warning sign’ berupa kumpulan keluhan yang dirasakan penderita yang kita sebut Sindroma Koroner Akut (SKA).
Kang Jae Ki @zakyfarism
Apa keluhan SKA? Paling umum adalah NYERI DADA seperti terhimpit atau terbakar, kadang menjalar hingga leher, lengan kiri, atau punggung. Lainnya: nafas cepat dan pendek, berkeringat, berdebar2 dan lainnya. SKA ini biasanya dipicu oleh aktivitas tapi banyak juga yg terjadi tiba2.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Dari bentuk sumbatannya, dibagi lagi: Ada yang membaik dengan istirahat, karena sumbatannya cuman sebagian. Ada yang tidak membaik dengan istirahat, karena sumbatannya total. Nah yang total ini yang bahaya banget. pic.twitter.com/nvgDI32Z9C
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kalau sumbatan total pada arteri koroner terjadi, maka otot jantung kehilangan aliran darah, nutrisi dan oksigen. Alhasil otot jantung jadi tidak berfungsi karena sel-sel jantungnya mati. Disini kondisi pasien sudah pasti nyeri dada hebat. pic.twitter.com/5QWLSKFbmW
Expand pic
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Ketika otot jantung mati artinya fungsi pompa jantung pun menurun. Termasuk aliran darah ke otak, yang akhirnya menyebabkan penurunan kesadaran atau pingsan. Nah, disinilah peran kalian untuk mengenali tanda awal serangan jantung.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kalau kalian nemu orang disekitar kalian ngeluh nyeri dada, tanyakan kepada mereka bagaimana nyerinya, apakah sesuai dgn gejala SKA? Bila ya, segera bawa ke IGD.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kalau orangnya tiba2 pingsan apa yang harus kalian lakukan? CEK RESPON! Tepok pundaknya yang kenceng, cubit lengan atau dadanya, sambil panggil. Kalau gak ada respon PERIKSA NADI KAROTIS! pic.twitter.com/2kM13rrbqw
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Apa itu nadi karotis? Nadi karotis adalah salah satu pembuluh darah arteri yang terbesar dan dekat dgn jantung. Sehingga dengan cek denyut nadi ini artinya kita secara gak langsung cek jantungnya berdetak atau berhenti. sekarang coba cek punya masing2 deh biar tau rasanya. pic.twitter.com/9eCpCUuNc0
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kalau selama 5-10 detik lo gak ngerasain ada denyutan artinya korban sekarang dalam kondisi HENTI JANTUNG atau Cardiac Arrest. Ini momen paling critical. Minta orang lain telfon ambulance/medis. Setelah itu, lo harus ngelakuin yang namanya BANTUAN HIDUP DASAR.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Bantuan hidup dasar yang dilakukan adalah pijat jantung. Tangan bertumpu di tengah dada diantara dua puting. Tekan dengan kedalaman 5cm. Berapa kali? 100-120 kali per menit. MANA GUE TAU KALO GUE PIJAT JANTUNG 100 KALI PERMENIT?! pic.twitter.com/0eoZfq8R1h
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Tenang. Kalo lo gatau cara pijat jantung, lo tau Lagu Baby Shark kan? Ikutin irama dan ketukan lagu ini. Baby shark punya beat 110bpm. You might think it’s a joke, rigth? No. Bahkan Pinkfong buat lagu ini juga utk versi edukasinya. Sila ditonton. youtu.be/zOGAl5CrJw8
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Nah. Udah tau cara pijat jantung. Pijat jantung ini ga boleh putus ga boleh berenti. Terus dilakuinnya sampe kapan? Sampe petugas medis dateng atau sampe lo tiba di IGD. Tim medis yang lebih ahli akan ambil alih. Congratulations, you might just saved someones life!!!
Kang Jae Ki @zakyfarism
Sampe IGD tim medis bakal cek irama jantungnya. Apakah benar serangan jantung? Kalau pasiennya sadar, akan diberikan oksigen dan melakukan rekam jantung. Kalau ga sadar, kompresi jantungnya dilanjutin sambil monitoring dan pemberian obat2 lain.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Ini hasil rekam jantung pasien tadi. Sumbatan total arteri koroner, membuat otot jantungnya pun jadi ga berfungsi diikuti kematian sel jantung. Kabar buruknya, otot jantung yang rusak udah terlampau luas. Pompa jantungnya buruk. Gak sampe 30menit pasien henti jantung di IGD. pic.twitter.com/0fN5JX1cxo
Expand pic
Kang Jae Ki @zakyfarism
Begitu henti jantung, kita semua tim IGD gantian pijat jantung sama kasih nafas buatan dengan alat2. Obat-obatan masuk. Begitu irama jantung keliatan, kita berikan shock jantung dengan defibrillator. Dilakukan berulang kali secara bergantian.
Kang Jae Ki @zakyfarism
Kurang lebih 1 jam lamanya, dengan berat hati, pasien kami nyatakan meninggal dunia karena sudah ada tanda kerusakan otak permanen. Keluarga tentu saja sedih dan histeris. Secepat itu kah serangan jantung merebut nyawa?
Kang Jae Ki @zakyfarism
Sampe sini paham ga maksudnya? Pasien yang langsung dtg ke IGD aja belum tentu tertolong. Apalagi yang di tepok-tepok dulu tangannya dengan harapan jadi sadar lagi seperti yang beredar di video tsb.
Kang Jae Ki @zakyfarism
So, diakhir thread ini marilah kita kenali secara dini tanda gejala Sindroma Koroner Akut atau serangan jantung. Semakin cepat ditangani, semakin baik pula kemungkinan sembuhnya. Dan dengan melakukan bantuan hidup dasar, kalian mungkin baru saja menyelamatkan satu nyawa. ❤️❤️❤️

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.