0
Rudi Valinka @kurawa
Hari ini sibuk urus kirim Kontainer keluar kota, tanpa disengaja gue temukan harga pengiriman barang lewat laut yang kasusnya sama seperti tiket pesawat katanya Mahal Mahal.. ๐Ÿ˜€ seru sih kalo gue buka neh.. enaknya dijadikan Thread aja yah sekalian Kuliah Malam Gratis
Rudi Valinka @kurawa
1. Gue sudah sharing lumayan banyak pengetahuan soal bisnis penerbangan, cuma masih banyak yang ngotot mengapa harga tiket ke luar negeri lebih murah dibanding tiket dalam negeri? Malam ini gue akan jawab dengan bukti2 yg gue dapatin hari ini โ˜บ๏ธ
Rudi Valinka @kurawa
2. Sebelum masuk jauh gue mau kalian paham dulu istilah asas CABOTAGE (bacanya gini KABOTEIJS) bukannya Sabotase yah ๐Ÿ˜€ , asas ini berlaku universal dan tidak bisa dituntut oleh mahkamah Internasional atau WTO sebagai proteksi dagang pic.twitter.com/FpzaKF8hty
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
3. Asas Cabotage berguna selain utk kedaulatan negara juga digunakan utk melindungi potensi ekonomi dalam negeri agar tidak dicaplok/dijajah oleh pemodal besar meliputi bisnis darat, laut dan udara.. jadi pemerintah bisa melarang,membatasi asing masuk ke negaranya
Rudi Valinka @kurawa
4. Indonesia menerapkan asas Cabotage sejak tahun 2005 di jaman presiden SBY khususnya utk pelayaran kapal2 asing dilarang masuk ke rute2 dalam negeri.. karena sebelumnya kapal asing yang besar2 masuk hingga kepelabuhan utama di banyak provinsi, mereka banting harga
Rudi Valinka @kurawa
5. Sebelum asas Cabotage diterapkan di Indonesia jumlah armada kapal nasional hanya 6.041 dan 10 tahun kemudian melesat hingga 24.046 unit (data dari INSA) Kalo skr mungkin bisa lebih banyak lagi .. karena pelabuhan baru marak dibangun dengan alat2 yang canggih
Rudi Valinka @kurawa
6. Tidak hanya pelayaran, bisnis penerbangan juga dibelakukan asas Cabotage namun dengan penerapan yang lebih flexible yaitu asing boleh berusaha di Indonesia lewat Perusahaan Patungan dengan Mitra Lokal lewat komposisi saham mayoritas lokal 51:49
Rudi Valinka @kurawa
7. Perusahaan Pelayaran jauh lebih beruntung dibanding perusahaan penerbangan, selama belasan tahun pemain bisnis pelayaran bisa panjang umur dan terus berkembang beda dengan perush penerbangan yang Hobby Bangkrut dan cepat mati ๐Ÿ˜€
Rudi Valinka @kurawa
8. Apa penyebab perusahaan pelayaran bisa lebih eksis di negeri ini, karena penentuan harga mereka lebih menguntungkan, jikapun ada perang harga sifatnya hanya temporer.. tidak spt bisnis penerbangan yg bertahun2 sampai semuanya kehabisan bensin padahal sesama perush lokal
Rudi Valinka @kurawa
9. Sebagai penguat data gue tampilkan harga (freight) pelayaran rute domestik per tanggal 15 juli 2019.. jangan kaget yah bagi mereka yang bergelut dibisnis ekspedisi laut sudah biasa ๐Ÿ˜€ neh tabel tarifnya kalo kirim kontainer dari Jakarta pic.twitter.com/xb6AXgNFco
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
10. Sebagai pembandingnya gue tampilkan juga berapa tarif pengiriman kontainer dari jakarta ke kota Keelung dan Kaoshiung di Tiongkok.. ini menggunakan Kapal Asing berapa harganya ? Jangan Kaget yah kalo murah banget ๐Ÿ˜‹ pic.twitter.com/srKHovMjA8
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
11. Coba cari kalkulator hitung kirim kontainer 20 feet ke Ambon Rp. 29 juta sementara ke Tiongkok cuma Rp. 4,9 juta ? Padahal jarak ke ambon 1.285 mil laut, sementara ke Kaoshiung 2.200 mil laut hampir 2x lipat lebih jauh kaoshiung..masuk akal gak? Kalo yg gak paham pasti marah
Rudi Valinka @kurawa
12. Kasusnya sama spt yang marah2 mengapa tiket pesawat jakarta-padang lebih mahal dibanding jakarta-singapura ? Penjelasannya lumayan panjang karena banyak faktor (sdh gue tulis sebelumnya dari subsidi silang, load factor dsbnya)
Rudi Valinka @kurawa
13. Mengapa pengguna jasa pengiriman Kontainer tidak marah2 seperti "oknum" netijen dan akun calo menteri itu dengan harga yang kalo dilihat gak masuk akal? Karena sejak awal cabotage diterapkan harga pengiriman sdh terbentuk dengan hitungan ekonomi yg wajar
Rudi Valinka @kurawa
14. Di pelayaran tidak ada tagline : "MakePeopleCanSail" seperti bisnis penerbangan yang banting2an harga selama bertahun2. Sejak asas Cabotage pelayaran diterapkan banyak perusahaan pelayaran Indonesia yg bisa masuk bursa saham dan nilai assetnya membesar karena investor
Rudi Valinka @kurawa
15. Sementara perusahaan2 penerbangan nasional yang bertahun2 perang harga menurut gue sudah gak ada pemenangnya karena yang kalah jadi Bangkrut sementara yang masih bertahan skr pun statusnya UGD berdarah2.. mau diobatin infusnya tersisa air isi ulang aja
Rudi Valinka @kurawa
16. Dengan harga pengiriman kontainer rute domestik semahal itu apa membuat harga barang yang dikirim juga jadi lebih mahal? โ˜บ๏ธ ini pertanyaan relatif tapi silahkan harga chiki di jakarta sama pontianak selisihnya berapa?
Rudi Valinka @kurawa
17. Gue cuma ngeledek contoh harga Chiki yah โ˜บ๏ธ, intinya adalah soal beda harga antara harga domestik dan internasional sdh lama sejak belasan tahun lalu, dan skr tiket pesawat terbang baru memulainya lagi diarah yang benar akhir2 ini
Rudi Valinka @kurawa
18. Sebagai bonus gue akan buka dapur mengapa tarif freight jakarta-Kaoshiung cuma Rp 4.5 juta aja ? Belajar dari supir truk yg cari tumpangan balik .. bahasa mereka katanya untuk nambah2 bayar solar pulang ๐Ÿ˜€, karena kompetitor banyak dan kapalnya gede2 pula
Rudi Valinka @kurawa
19. Gue pernah bilang kalo mau belajar ilmu biaya (Costing) bisnis Transportasi itungan harusnya Pergi-Pulang. Ada keuntungan tersendiri bagi mereka yg menggunakan jasa transportasi saat pulangnya (kecuali mudik lebaran) cenderung lebih murah
Rudi Valinka @kurawa
20. Pertanyaan berikutnya bagaimana dengan statement presiden Jokowi yang akan mengundang perush penerbangan asing? Sah2 aja tapi perlu diingat jangan diulangi lagi cerita menyedihkan penerbangan kita sebelumnya.. pak jokowi harus belajar dari bisnis pelayaran
Rudi Valinka @kurawa
21. Kalo diawal bisnis pelayaran juga diberlakukan sama dengan penerbangan, jangan harap ada kapal2 lokal yang bisa hidup dan berkembang spt skr.. semua kelahi dan ujungnya mati karena bahan bakar harus dibayar Tunai kagak boleh utang sama pertamina ๐Ÿ˜‹
Rudi Valinka @kurawa
22. Dengan flexibilitas penerapan asas Cabotage di penerbangan saja sudah makan korban banyak perush lokal yg bangkrut aplg dibuka full perlu hitungan yg teliti padahal baru air asia yang masuk, siapakah pemilik air asia di Indonesia? Ini dia baca yah pic.twitter.com/1gEblTRU6P
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
23. Cabotage adalah sebuah Kewajiban karena sudah diatur dalam UU, jadi kalo ada yg bilang itu hak mohon dimaklumi karena dia hanya baca dari akun calo menteri yg pengarahannya salah ๐Ÿ˜€.. Kadang gue cukup depresi karena ekspetasi gue harus buat followers gue lebih cerdas
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.